تطوير الوسيلة التعليمية باستخدام برنامج أندرويدلتعليم النحولقسم تعليم اللغة العربية (Android)

Asrori, M. Khairil (2016) تطوير الوسيلة التعليمية باستخدام برنامج أندرويدلتعليم النحولقسم تعليم اللغة العربية (Android). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10150090.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran mobile learning berbasis android untuk wahasiswa jurusan pendidikan bahasa arab, serta mengetahui kualitas produk media pembelajaran m-learning yang telah dihasilkan sehingga layak digunakan dalam pembelajaran nahwu. untuk mengetahui Desain dari Media pembelajaran Nahwu Menggunakan Program Intel XDK untuk pembelajaran Mandiri, karakteristik, kelayakan, efektifitas dari Media pembelajaran Nahwu Menggunakan Program Intel Xdk untuk pembelajaran Mandiri. Permasalahan saat ini ialah sulitnya memahami materi pelajaran Nahwu, dikarenakan banyak diantara murid yang malas dalam membawa buku dan juga kurangnya media pembelajaran untuk pelajaran Nahwu. Oleh karena itu penelti mengambil judul Pengembangan Media pembelajaran Nahwu Menggunakan Program Intel XDK untuk pembelajaran Mandiri.

Peneliti dalam penelitian ini menggunakan RnD dengan pendekatan kuantitatif-kualitatif serta menggunakan rumus Borg dan Gall. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa jurusan bahasa arab yang berjumlah 30 jamaah Mahasiswa pada kelompok A. dan peneliti membagi kelas A menjadi dua kelas, yang pertama kelas (A1) dengan jumlah 15 Mahasiswa sebagai kelas eksperimen dan yang kelas (A2) dengan jumlah 15 Mahasiswa sebagai kelas control. Dan alat untuk mrngumpulkan data adalah (1) observasi (2) wawancara(3) tes (4) angket.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1)Langkah-Langkah dalam mendesain: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk, produksi masal. 2) Karakteristik Media pembelajaran Nahwu Menggunakan Program Intel XDK untuk pembelajaran Mandiri yaitu: Media ini digunakan untuk belajar mandiri bukan untuk pembelajaran di kelas. Dapat digunakan oleh umum yaitu siswa, mahasiswa, dan guru. Mudah menggunakan media ini. Dapat digunakan kapanpun dan di manapun. Media ini mudah untuk dibawa kemana-mana. Di media ini terdapat materi yang mudah dipahami. 3) Dengan melihat hasil angket dari dosen ahli materi dengan nilai 41 atau dengan derajat “Baik”, dari dosen ahli desain media dengan nilai 50 atau dengan derajat “Baik Sekali”, maka Media pembelajaran Nahwu Menggunakan Program Intel XDK untuk pembelajaran Mandiri ini layak untuk digunakan. 4) Sedangkan efektifitas yang diperlihatkan dari hasil test yang kemudian dianalisis dengan hasil efektif karena nilai dari T nilai lebih besar dari T table, maka Media pembelajaran Nahwu Menggunakan Program Intel XDK untuk pembelajaran Mandiri efektif untuk belajar secara mandiri.

ENGLISH:

This Researchers is purpose to Design Method of Nahwu with Self-Learning by using Intel XDK Program for Students of Arabic language, and to know quality of product design Media learning Nahwu that have been made, so can be used in learning Nahwu as good as possible. And the current problem is the students difficult to Understand the lesson Nahwu (Grammar)because many of the pupils who are lazy in bringing books and also the lack of media Nahwu for lesson learning. Therefore researcher taking the title of Media design learning Nahwu Using Intel XDK Program for Independent learning.

Researchers in this study using RnD with qualitative and quantitative approach-using formulas Borg and Gall. The study population was the Students of Arabic language amounting to 30 Students of Arabic language in group A. Class A and investigators divided into two classes, the first class (A1) with the amount of 15 pilgrims as experimental class and the class (A2 ) with a total of 15 pilgrims as grade control. And tools for gather the data is (1) Observation (2) interviews (3) test (4) questionnaire

The results obtained from this study are as follows: 1) steps in designing: potential and problems, data collection, product design, design validation, product test design, revision, revision, product usage, product revision tests, mass production. 2) Characteristics of the learning Nahwu Media Using Intel XDK Program for Independent learning, namely: this Media is used for independent study not for learning in the classroom. Can be used by the public, namely students, teachers, and students. Easy to use this media. Can be used anytime and anywhere. This media is easy to carry everywhere. In the media there are votes to help make it easier to memorize. 3) by looking at the results of the question form of expert lecturers material with a value of 41 or with the degree of "Good", from the media design expert Professor with a value of 50 or by the degree of "good", then the Media learning Shorof Using Intel XDK Program for Independent Learning is worth to use. 4) Whereas effectiveness shown from the results of the test is effective results because the value of the T value is greater than T table, then the Media learning Nahwu Using Intel XDK Program for Independent Learning for effective learning independently.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Chamidah, Dewi
Keywords: Nahwu; Media Pembelajaran; Pembelajaran Mandiri; Intel XDK; Nahwu (Grammar); Self-Learning; Arabic Language Learning
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 06 Dec 2016 10:54
Last Modified: 06 Dec 2016 10:54
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4924

Actions (login required)

View Item View Item