Andreastya, Vian Hanes (2014) Pengaruh metode bercerita Islami menggunakan analogi terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V MI Hidayatul Mubtadi’in Jombang: Tadabbur Al Qur’an surat al Isra’: 1 dan An Najm: 18. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12760004.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Hasil belajar matematik siswa merupakan perolehan nilai siswa setelah menerima pembelajaran. Hampir di berbagai jenjang pendidikan, terutama di tingkat dasar SD/MI hasil belajar matematika selalu menjadi permasalahan utama. Di MI khususnya, sudah banyak metode yang dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Namun guru masih jarang menggunakan metode dengan konsep integrasi agama ke dalam pembelajaran matematika. Sudah seharusnya membiasakan sejak tingkat dasar pembelajaran dengan konsep integrasi agama, khususnya pada matematika, sehingga akan terbentuk manusia ahli dzikir dan pikir. Oleh karena itu dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode bercerita islami menggunakan analogi. Sebuah metode sederhana yang dikemas dengan kreatif, bertujuan meningkatkan pemahaman terhadap agama dan matematika.
Penelitian ini memiliki sasaran hasil belajar matematika siswa kelas V pada materi hubungan satuan jarak, waktu, dan kecepatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan tanggapan siswa kelas V MI Hidayatul Mubtadi’in Jombang Tahun 2013-2014 terhadap pembelajaran matematika dengan metode bercerita Islami menggunakan analogi, dan (2) mengetahui pengaruh pembelajaran matematika dengan metode bercerita Islami menggunakan analogi terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Hidayatul Mubtadi’in Jombang Tahun 2013-2014.
Metode penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan di atas adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen kuasi. Teknik pengumpulan data terdiri atas pengamatan, dokumentasi, wawancara, angket, dan tes. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon dengan SPSS 16.0 terhadap hasil angket dan hasil tes siswa baik sebelum dan sesudah penerapan metode bercerita islami menggunakan analogi dalam pembelajaran matematika.
Hasil penelitian menunjukkan tanggapan siswa sangat positif, Uji wilcoxon terhadap angket siswa diperoleh sig. 0,000 yang berarti terdapat peningkatan tanggapan yang sangat signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan metode bercerita islami menggunakan analogi. Metode ini juga memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap hasil belajar siswa. Uji wilcoxon terhadap tes awal dan tes akhir I diperoleh sig. 0,000 yang artinya terdapat pengaruh atau peningkatan yang sangat signifikan terhadap hasil belajar siswa. Dan nilai sig. 0,046 antara tes akhir I dengan tes akhir II menunjukkan metode ini juga mampu memberikan efek stabil pada pemahaman, daya ingat terhadap materi, serta hasil belajar siswa.
ABSTRACT
The results of students' mathematics learning is the learning of the students after receiving. Almost at various levels of education, especially at the elementary level SD / MI math learning outcomes has always been a big problem. In particular MI ,many methods do teachers to improve student learning outcomes. However, teachers are still rarely use the method with the concept of integration of religion in the study of mathematics. You should be familiar from the basic level of learning with the integration of the concept of religion, especially in mathematics, so it will form a human expert and thought dhikr. Therefore, in this study, researchers used a method of using the analogy of the story of Islam. A simple method that is packed with creative, aims to improve the understanding of religion and mathematics.
This study has the purpose of fifth grade students learn math in units relationships matter the distance, time, and speed. The purpose of this study was to: (1) to describe the response of fifth grade students Hidayatul Mubtadi'in MI Jombang Year 2013-2014 to learn math by using the analogy of the story of Islam, and (2) determine the effect of learning mathematics with Islamic tellingstory method uses an analogy to grade five student learning outcomes MI Hidayatul Mubtadi'in Jombang Year 2013-2014.
The method used to achieve the above objective is a quantitative approach to the type of quasi experimental. This technique consists of a collection of data observation, documentation, interviews, questionnaires, and tests. Data analysis using SPSS 16.0 Wilcoxon test with the results of the questionnaire and test results of students before and after the application of Islamic tellingstory methods using analogy in mathematics.
The results showed a very positive response to the student, the student questionnaire obtained sig Wilcoxon test. 0,000 which means there is a very significant increase in responses between before and after the application of Islamic tellingstory methods using analogy. This method also gives significant impact on student learning outcomes. Wilcoxon test with the initial test and final test I get a sig. 0,000 which means there is a significant increase or very significant to student learning outcomes. And sig. 0046 between the end of the first test at the end of the second test shows this method is also capable of providing a stable effect on comprehension, given the material, as well as student learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mubarok, Zulfi and Harini, Sri | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Hasil belajar matematika, tanggapan siswa, metode bercerita islami menggunakan analogi; The results of mathematics learning, student feedback, islamic tellingstory method using analogy; | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 05 Apr 2023 11:14 | |||||||||
Last Modified: | 05 Apr 2023 11:14 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/49194 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |