Arum, Jiwati (2016) Pelaksanaan bisnis online di Kota Malang dalam perspektif maslahah: Studi di toko serba oleh oleh Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12220136.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Internet merupakan sebuah jasa atau media untuk bertransaksi online di kalangan masyarakat dalam berbagai hal pada saat ini, khususnya kebutuhan ekonomi. Seperti halnya di kota Malang, kebutuhan tersebut dikarenakan adanya perkembangan tekonologi, ekonomi serta kebutuhan informasi yang semakin cepat. Hal ini mengakibatkan bisnis online bermunculan. Seiring dengan perkembangan ekonomi melalui bisnis online di Malang, tentunya terdapat berbagai macam permasalahan. Dengan ini, diperlukan pengetahuan tentang pelaksanaan bisnis online yang dikaji dalam perspektif maslahah. Agar kegiatan muamalah tersebut bisa saling memberi manfaat antara penjual dan pembeli, peneliti melakukan studi di Toko Serba Oleh Oleh Malang.
Dalam penelitian ini terdapat rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana pelaksanaan bisnis online di Toko Serba Oleh Oleh di kota Malang?, 2) Bagaimana perspektif maslahah terhadap pelaksanaan bisnis online di Toko Serba Oleh Oleh kota Malang?.
Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian empiris. Dengan menggunakan pendekatan 1) pendekatan konseptual (conceptual approach) dimana dalam penelitian ini metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif, 2) menggunakan pendekatan kasus (case approach) dimana dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah hasil wawancara dari pemegang server Toko Serba Oleh Oleh Malang dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwasanya 1. Pelaksanaan bisnis online di Toko Serba Oleh Oleh Malang sebagai berikut : a). memasukkan informasi oleh penjual maupun dari pihak website. b). Pembeli mencari informasi dan melakukan pemesanan. c). Pihak website meninformasikan ada atau tidaknya barang yang dipesan. d). Pihak website menginformasikan barang-barang yang dipesan. e). Pembeli melakukan pembayaran. f). Penjual melakukan pacgking dan pengiriman. g). pemebeli menginfokan barang sudah diterima. h). Pihak website memberikan uang ke penjual setelah mendapatkan informasi penerimaan barang. 2. Pelaksanaan Bisnis online di Toko Serba Oleh Oleh Malang diperbolehkan menurut perspektif maslahah dan masuk ke dalam maslahah al-Tahsiniyah karena: a). Mempermudah pihak penjual dan pembeli melakukan transaksi bisnis online. b). Keamanan payment terjamin karena adanya pihak yang bertanggung jawab yaitu pihak website tersebut dengan aturan mekanisme yang dimiliki Toko Serba Oleh Oleh Malang itu sendiri. c). adanya pihak ketiga (website) yang mengontrol dan bertanggung jawab berjalannya transaksi bisnis online tersebut. d). Pelaksanaan bisnis online di Toko Serba Oleh Oleh Malang merupakan suatu terobosan baru bisnis online yang memberi kemanfaatan bersama.
ENGLISH:
In this era, internet is a service or media to transact online in society for all aspects, especially financial needs. For example, in Malang city, the needs were caused by the development of technology, economy and information needs which were faster than before. This condition made online businesses appeared. Moreover, the development of economy through online business in Malang made various problems. Therefore, the knowledge of the implementation online business which was studied in maslahah perspective was necessary. The researcher conducted a study in “Toko Serba Oleh Oleh Malang” to make Muamalah activity give advantages between sellers and buyers.
The research questions of the study were : 1 ). How did the implementation of online business in “Toko Serba Oleh Oleh Malang”?. 2 ) How did the Maslahah perspective to the implementation of online in “Toko Serba Oleh Oleh Malang”?.
This study was grouped as empirical research. And the approach used were of 1). conceptual approach in which the data analysis used was qualitative data analysis, 2 ) case approach in which the data collection used was interview’s result of the server of “Toko Serba Oleh Oleh Malang”, and documentation.
There were the results of the study, 1. the implementation of online business in “Toko Serba Oleh Oleh Malang” were as follows a). The seller or the website owner entered information. b). The buyers are looking for information and booking. c). The website owner informs whether or not the ordered item. d). The website owner informs the ordered item. e). The buyers do payment for the item. f). The seller does packaging and delivery. g). The buyer informs that the item has been received. h). The website gives money to the seller after getting the information that the item has been received by the buyer. 2. The implementation of Online Business in “Toko Serba Oleh Oleh Malang” was allowed by Maslahah perspective, and listed in Maslahah al-Tahsiniyah because a) it eased the buyers and sellers to transact online business. b). The safety of payment is guaranteed because there was website owner who was responsible with mechanism rules of “Toko Serba Oleh Oleh Malang” c). There was a third party (the website owner) who controlled and was responsible for the online business transactions, d). it was such a new innovation in online business which gave mutual benefits.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Fakhruddin, Fakhruddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Mekanisme Bisnis Online; Kota Malang; Maslahah; Online Business Mechanism | ||||||
Departement: | Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Bisnis Syariah | ||||||
Depositing User: | Indar Erdiana | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:57 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:57 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4914 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |