Haqiqi, Robith (2016) Penerapan strategi poster comment untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Fikih kelas X Bahasa di MAN Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12110050.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA:
Mata pelajaran Fikih adalah salah satu dari rumpun Pendidikan Agama Islam yang diajarkan di madrasah maupun sekolah. Mata pelajaran ini di dalamnya mempelajari tentang hukum-hukum Islam, dianataranya urusan ibadah seperti sholat, zakat, mu’amalah, jinayah, dan lain sebagainya. Permasalah yang terjadi, saat ini masih ada madrasah atau sekolah yang pembelajarannya cenderung hanya didominasi dengan metode ceramah, sehingga hasil belajar yang didapatkan tidak maksimal. Rasulullah S.A.W sebagai suri tauladan utama bagi manusia telah mempraktikkan berbagai macam metode atau strategi dakwah/ pengajaran yang bervariasi. Salah satu diantara metode yang digunakan beliau yaitu menggunakan gambar dalam berdakwah.
Penerapan strategi poster comment pada awalnya mempunyai tujuan untuk mengetetahui proses pembelajaran dan hasil belajar sebelum di terapkannya strategi ini. Selanjutnya, penerapan strategi poster comment adalah dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Pendekatan penelitian ini adalah deskripsif kualitatif, dan jenis penelitainnya yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini, peneliti menjadi guru dan sebagai pengamat. Pelaksanaan penelitian selama 2 siklus dengan menggunakan model PTK Kemmis & McTaggart. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, pengukuran tes hasil belajar dan dokumentasi.
Proses pembelajaran Fikih di kelas X Bahasa cenderung menggunakan metode yang lama, yaitu lebih didominasi dengan metode ceramah, dan hanya sedikit menggunakan variasi metode yang lain. Disini terjadi beberapa kelemahan proses pembelajaran, beberapa kelemahan itu antara lain: siswa bosan dan mengantuk. Hasil belajar sebelum diterapkannya PTK ini juga masih belum memuaskan, aritnya masih banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah nilai kreteria ketuntasan minimal. Penerapan strategi poster comment dilakukan dengan cara siswa berkomentar secara bergiliran terhadap gambar yang berkaitan dengan materi Fikih.
Implikasi Penerapan PTK dari siklus pertama ke siklus kedua yaitu siswa terlihat lebih antusias dan aktif di dalam pembelajaran, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Selain meningkatnya hasil belajar, stretegi ini menjadikan siswa untuk aktif di dalam pembelajaran.
ENGLISH:
Fiqh is one of Islamic subjects which is taught in Islamic school. It learns about Islamic laws, such as sholat, zakat, muammalah, jinayah, and others. A problem which emerges recently is the learning process in class which is dominated by speech method, consequently the result is not optimum, whereas Prophet Muhammad S.A.W as a main model of human beings has employed various methods of teaching, one of them is by picture.
Employing poster comment strategy initially was aimed to know the learning process and result. Afterwards, it designed to increase the learning result of students.
This research employed qualitative research design and it is a kind of class activity research. The researcher becomes a teacher as well as observer. It employed two cycles in which it utilized Kemmis & Mc Taggart model. It employed data collecting method of observation, interview, measurement of learning result and documentation.
The Fiqh learning process in language X Class tended to utilize classical method that was more dominated by speech but employing less other methods. In this case, there are several weaknesses, those are, the students were getting bored and sleepy. Before this strategy implemented, the learning results of the students are lower than standard. Afterwards, this poster comment strategy was implemented by students by which they commented to the pictures which are related to the material.
The implication of this class activity research implementation from the first to the second cycle showed that the students more enthusiastic and active in joining the learning activity. Moreover, the learning result is increased and this strategy made the students becomes more active in learning process.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Penerapan; Strategi Poster Comment; Hasil Belajar; Implementation; Poster Comment Strategy; Learning Result | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:58 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:58 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4912 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |