Maslichah, Ainiatul (2016) Pengembangan media pembelajaran komik sains untuk meningkatkan pemahaman konsep materi gaya dan perubahannya kelas V MI Darul Muwahhidin Mojokerto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12140029.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pengembangan media pembelajaran komik sains berbasis inkuiri terbimbing materi gaya dan perubahannya merupakan salah satu sarana guna membantu meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran IPA, karena siswa memperoleh pengalaman nyata dan bermakna sehingga materi pelajaran yang disampaikan oleh guru dapat dipahami dan diingat baik oleh siswa. Media pembelajaran yang dapat mendukung proses pembelajaran IPA adalah media pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing berupa komik sains kelas V SD/MI. Materi pokok yang dibahas adalah gaya dan perubahannya. Materi ini menjelaskan tentang macam-macam gaya dan manfaat penggunaannya.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan media pembelajaran komik sains berbasis inkuiri terbimbing, (2) Mengetahui tingkat validitas dan kemenarikan media pembelajaran komik sains berbasis inkuri terbimbing, (3) Mengetahui pengaruh media pembelajaran komik sains berbasis inkuiri terbimbing terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa.
Bentuk penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development, yang mengacu pada desain pengembangan Borg and Gall.
Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran komik sains berbasis inkuiri terbimbing memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 88%, ahli desain mencapai 80%, ahli bahasa mencapai 80%, ahli pembelajaran IPA mencapai 80%, dan hasil uji coba lapangan mencapai 75%, nilai rata-rata post-test kelas kontrol mencapai 64,27 dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen mencapai 87,67. Pada uji-t manual diperoleh thitung sebesar 4,38 dengan tingkat kemaknaan 0,05(5%) dengan derajat kebebasan (db=14) adalah 2,14, jadi thitung (4,38) > ttabel (2,14). Hasil hipotesis menunjukkan bahwa Ha diterima, karena thitung lebih besar dari ttabel, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya perbedaan yang signifikan terhadap pemahaman konsep siswa kelas V MI Darul Muwahhidin Mojokerto yang menggunakan media pembelajaran komik sains berbasis inkuiri terbimbing dari produk pengembangan. Disarankan untuk melakukan pengembangan media pembelajaran komik sains lebih lanjut pada materi-materi lanjut.
ENGLISH:
Development, learning media with science comic base for guided incuiry, to discribe force and the changes that, its choice to help understanding of student in IPA learning, because student get true experience and meaning full, so subject that have teached by teacher so student can remember and understand that learning media that can support in IPA learning process is learning media from guided incuiry as science comics in fifth grade. The primer basic is force and the changes, this subject discribe about kind of force, and purpose it.
The purpose of reaserch is (1) to result learning media by science comic with guided incuiry. (2) to know validity level and interisting learning media with guided incuiry. To know media influence by science comic with guided incuiry to increase student understanding in learning.
The type of reaserch will use by researcher is descriptive with data in accout with qualitative and quantitative. The type of the reaserch is Research and Development, that refeus by Borg, W.R and Gall, M.D.
The result from research with development, with guided incuiry is fulfill with result of the the test get as validity level more than 88 %, design expert as 80% and result as real as 75%, average post-test control up to 64,27 and average post-test , experiment class up to 87,67. at T-examination get t-count as 4,38 with meaning level 0,05 (5%) with free degree as 2,14, so t-cont (4,38) > t-table (2,14), the hipotesis result show that Ha accepted, because , t-account (Ha) more than t-table, so we may conclude have a significant diffirent as understanding in fifth grade, MI Darul Muwwahidin, Mojokerto that use learning media with scientif comic with incuiry basic from developmnet product. In order to development lea rning media with science comic as next object.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Octaberlina, Like Raskova | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Pembelajaran Komik Sains; Inkuiri Terbimbing; Gaya dan Perubahannya; Kelas V SD/MI; Learning Media with Comic Science; Guided Incuiry; Grade Five Students | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:58 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:58 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4905 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |