Pengembangan bahan ajar IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi sifat-sifat cahaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Islam As-Salam Malang

Ngainin, Nurul (2016) Pengembangan bahan ajar IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi sifat-sifat cahaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Islam As-Salam Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12140012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pengembangan bahan ajar IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi sifat-sifat cahaya merupakan salah satu sarana guna membantu siswa untuk meningkatkan hasil belajar dalam proses pembelajaran. Melalui bahan ajar ini, siswa memperoleh pengalaman nyata dan bermakna sehingga materi pelajaran yang disampaikan oleh guru dapat di ingat dan dipahami dengan baik oleh siswa. Bahan ajar ini terdapat pada tema 5 pahlawanku subtema perjuangan para pahlawan materi sifat-sifat cahaya. Materi ini menjelaskan tentang 5 sifat-sifat cahaya melalui pengamatan dan mendeskripsikan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menghasilkan bahan ajar IPA berbasis Inkuiri Terbimbing, 2) Menjelaskan respon siswa terhadap kemenarikan bahan ajar, dan 3) Menjelaskan pengaruh bahan ajar IPA Inkuiri Terbimbing terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Bentuk penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Reserch and Development, yang mengacu pada model Borg, W.R and Gall, M.D.

Hasil dari penelitian pengembangan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 97,5%, ahli desain mencapai 95%, ahli isi pembelajaran mencapai 90%, dan hasil uji coba lapangan mencapai 93,6%, nilai rata-rata post-test kelas eksperimen mencapai 80,8% sedangkan nilai rata-rata post-test kelas kontrol berada pada 61,4%. Pada uji t manual diperoleh t hitung = 4,36 dengan tingkat kemaknaan 0,05(5%) dengan derajat kebebasan (db=19) adalah 2,09, jadi t hitung(4,36) > t tabel(2,09).

Hasil hipotesis menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel maka, dapat dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV A SD Islam As-salam yang menggunakan bahan ajar IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi sifat-sifat cahaya dari produk pengembangan.

Bahan ajar IPA berbasis inkuiri terbimbing ini sudah dilakukan tahap validasi dari para validator. Namun, untuk lebih meningkatkan kualitas bahan ajar ini hendaknya direvisi lebih lanjut.

ENGLISH:

The development of learning materials and SCIENCE-based guided inquiry material properties of light is one of the means to help students to improve learning outcomes in the learning process. Through these materials, students gain experience of real and meaningful so the subject matter presented by teachers can be remembered and well understood by students. This instructional materials contained in the theme five subthemes struggle hero of the heroes of material properties of light. This material describes five characteristics of light through observation and describe its application in everyday life.

The purpose of this study was: 1) Produce learning materials SCIENCE-basedguided inquiry, 2) Explain the student response against to the attractiveness of learning materials, and 3) Explain how the materials SCIENCE guided inquiry towards improved student learning outcomes. Form of research used by researchers is a descriptive analysis of qualitative and quantitative data. This type of research is a Reserch and Development, referring to the models of the Borg, W. R. and Gall, M.D.

The results of the research-based learning materials development guided inquiry of valid criteria with test results of expert material reaches the level of 97.5% kevalidan, design experts reached 95%, expert learning content reaches 90%, and the results of field trials reach 93,6%, average value of post-test class experiments reach 80.8% while the average value of post-test control classes are on 61,4,%. On a test manual count obtained t count = 4,36 with level of significance of 0.05 4.36 (5%) with the degrees of freedom (db = 19) is 2.09, so t count (4,36) > t table (2.09).

The results of the hypothesis suggests that t count is higher than t table, then, Ha could be declared admissible and Ho is rejected, so that it can be drawn the conclusion that the existence of significant difference towards learning outcomes fourth grade A As-salam Islamic Primary School that uses materials SCIENCE-based guided inquiry material properties of light of product development.

Materials SCIENCE-based guided inquiry has been carried out the validation phase of the validator. However, to further improve the quality of these materials should be revised further.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Wibowo, Agus Mukti
Keywords: Pengembangan; Bahan Ajar; Inkuiri Terbimbing; Sifat-sifat Cahaya; Kelas IV SD/MI; Development; Learning Materials; Guided Inquiry; Properties of Light; 4th Grade A Primary School/Madrasah Ibtidaiyah
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 06 Dec 2016 10:59
Last Modified: 06 Dec 2016 10:59
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4904

Actions (login required)

View Item View Item