Nafisah, Wardatun (2016) Pengaruh permainan tradisional petak umpet dan lompat tali terhadap pembentukan karakter demokratis dan disiplin anak usia sekolah dasar di SDN Pakukerto 1 Sukorejo Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11140036.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Permainan tradisional merupakan salah satu sarana yang efektif dalam membentuk karakter anak. Sayangnya, permainan tradisional lambat laun menjadi punah dan tergantikan oleh permainan modern yang cenderung mengajarkan anak menjadi pribadi individual. Pada masa sekarang ini, hanya ada beberapa permainan tradisional yang masih eksis dimainkan hingga sekarang, diantaranya permainan petak umpet dan lompat tali. Untuk menjaga agar prmainan tradisional tetap eksis, pelestarian permainan tradisional menjadi penting untuk dilakukan. Melalui permainan tradisional anak akan belajar banyak hal secara tidak langsung dalam menumbuhkan karakter yang dibutuhkan untuk bekal hidup bersosialisasi.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui karakter demokratis dan disiplin siswa, (2) Mengetahui peran permainan tradisional petak umpet dan lompat tali dalam membentuk karakter demokratis dan disiplin siswa, dan (3) Mengetahui pengaruh permainan tradisional petak umpet dan lompat tali terhadap pembentukan karakter demokratis dan disiplin siswa.
Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional untuk menentukan hubungan variabel. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa SDN Pakukerto 1 Sukorejo dengan sampel sebanyak 46 siswa. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui observasi, angket wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian dapat diketahui bahwa (1) karakter demokratis dan disiplin siswa SDN Pakukerto 1 Sukorejo Kabupaten Pasuruan berada pada kategori sedang yakni 63% dengan jumlah 30 dari 46 siswa untuk karakter demokratis, dan 76% dengan jumlah 35 dari 46 siswa untuk karakter disiplin. (2) permainan tradisional petak umpet dan lompat tali memberikan kontribusi yang signifikan dalam membentuk karakter demokratis dan disiplin yakni 10,7% untuk karakter demokratis dan 9,6% untuk karakter disiplin. (3) permainan tradisional petak umpet dan lompat tali berpengaruh signifikan terhadap pembentukan karakter demokratis dan disiplin. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien regresi sebesar 2,301 dengan signifikansi p = 0,026 < 0,05 untuk permainan tradisional petak umpet dan lompat tali terhadap karakter demokratis dan 2,161 dengan signifikansi p = 0,036 < 0,05 untuk permainan tradisional petak umpet dan lompat tali terhadap karakter disiplin. Derajat kebebasan dalam penelitian ini sebesar 2,015 dengan taraf signifikansi 0,05 (5%) yang artinya 2,301 > 2,015 dan 2,161 > 2,015 sehingga hasil hipotesis menunjukkan bahwa Ha diterima, karena thitung lebih besar dari ttabel.
ENGLISH:
Traditional game is one of the means that are effective in shaping the character of the child. However, traditional game gradually became extinct and replaced by modern games that tend to teach children become individually. Nowadays, only there are some surviving traditional game and played until now including game hide and seek, and jump rope. For keep the traditional games still exist, the preservation of the game becomes important thing to do. Through traditional games children will learn many things indirectly in fostering the characters become to provision live socializing.
The aims of this research are: (1) to know democratic and discipline characters of the students, (2) to know the role of game hide and seek, and jump rope as the traditional games in building students democratic and discipline characters, and (3) to know the influence of game hide and seek, and jump rope as the traditional games in building students democratic and discipline characters.
This research design uses quantitative correlational as the approach and the type of the research to determine the variable connection. Furthermore, the objective of this research is the students of Pakukerto 1 Primary School in Sukorejo and 46 students are taken as the sample. Moreover, this research uses observation, questionnaire and interview, and documentation in collecting the data.
The results of the research can be shown as follows (1) democratic and discipline characters of the students of Pakukerto 1 Primary School in Sukorejo Pasuruan regency at medium category. Democratic character has 63% with the number 30 of 46 students, and 76% with the number 35 of 46 students for discipline character. (2) game hide and seek, and jump rope are traditional games that give significantly contribution to build both characters, 10,7% for democratic character and 9,6% for discipline character. (3) And these two games also give impacts in building both characters. For game map and seek, and jump rope toward democratic character are shown by 2,301 of regression coefficient and 0,026 < 0,05 of significance p. On the other hand, game map and seek, and jump rope toward discipline character are shown by 2,161 of regression coefficient and 0,036 < 0,05 of significance p. Degree of freedom in this research is 2,015 with significance level 0,05 (5%), it means 20,301 > 2,015 and 2,161 > 2,015. In conclusion, the result of the hypothesis shows that Ha is accepted because thitung bigger than ttabel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhdi, A | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Permainan Tradisional; Karakter; Demokratis; Disiplin; Traditional Games; Character; Democratic; Discipline | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:59 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:59 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4903 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |