Pengaruh komunikasi instruksional guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia terhadap mindset positif pada siswa SDN Pakukerto 1 Sukorejo Kabupaten Pasuruan

Khoiroh, Malihatul (2016) Pengaruh komunikasi instruksional guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia terhadap mindset positif pada siswa SDN Pakukerto 1 Sukorejo Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11140034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Komunikasi dalam pendidikan merupakan unsur yang sangat penting kedudukannya. Bahkan ia sangat besar peranannya dalam menentukan keberhasilan pendidikan yang bersangkutan. Jika seorang guru tidak mampu berkomunikasi dengan baik, hasil pembelajarannya tidak akan maksimal. Banyak guru yang memiliki pengetahuan luas, menggunakan media canggih, dan menerapkan metode yang baik, tetapi kurang mampu membawa hasil maksimal karena komunikasi yang dibangun tidak efektif. Sebaliknya, ada juga guru yang penguasaan materinya biasa saja, media yang digunakan juga sederhana, namun ketika disampaikan secara komunikatif justru mampu membangkitkan minat belajar siswa sehingga hasil pembelajarannya sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui komunikasi instruksional guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap mindset positif pada siswa SDN Pakukerto Sukorejo; 2) Untuk mengetahui mindset positif siswa SDN Pakukerto Sukorejo dalam pembelajaran Bahasa Indonesia; 3) Untuk mengetahui pengaruh komunikasi instruksional guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk membentuk mindset positif pada siswa SDN Pakukerto 1 Sukorejo Kabupaten Pasuruan.

Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian di SDN Pakukerto 1 Sukorejo dengan sampel penelitian 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel komunnikasi instruksional guru dalam pelajaran bahasa Indonesia kelas memiliki rata-rata 4,31, sedaangkan untuk variabel mindset positif siswa pada pelajaran bahasa Indonesia kelas III, IV, V dan VI rata-rata 4,46 kedua variabel tersebut masuk dalam kategori sangat baik. Pengaruh positif dan signifikan komunikasi instruksional guru terhadap mindset siswa sebesar 51,4%.

ENGLISH:

Communication in education is a very important element position. It is the very large role in determining the success of education is concerned. If a teacher is unable to communicate properly, the results will not be maximized learning. Many teachers who have extensive knowledge, using sophisticated media, and apply a good method, but less able to bring maximum results due to ineffective communication built. Conversely, there is also a teacher mastery of the material is mediocre, the media used are also simple, but when delivered communicatively actually able to arouse interest in student learning so that lessons were as expected. The purpose of this study is; 1) To determine the instructional communication teacher in the Indonesian to the positive mindset in students of Pakukerto Sukorejo Elementary School; 2) To determine a positive mindset Pakukerto Sukorejo school student in learning Indonesian; 3) To determine the effect of instructional communication in learning Indonesian teachers to form a positive mindset in students of Pakukerto 1 Sukorejo Pasuruan Elementary School.

The research method used descriptive method with quantitative approach. The location of this research was in Pakukerto 1 Sukorejo Elementary School with a sample of 32 students. The results showed that the variables instructional communication lesson Indonesian teachers in class has an average of 4.31, whereas for variable positive mindset of students in the Indonesian language teaching class III, IV, V and VI an average of 4.46 the two variables are included in very good category. Positive and significant impact on the mindset of teachers instructional communication students of 51.4%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Soleh, Ahmad
Keywords: Komunikasi Instruksional; Mindset Positif; Pelajaran Bahasa Indonesia; Instructional Communications; Positive Mindset; Lesson Indonesian Subject
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 06 Dec 2016 10:59
Last Modified: 06 Dec 2016 10:59
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4900

Actions (login required)

View Item View Item