Pamungkas, Muh. Tri Bintang (2016) Pengaruh inrakurikuler dan ekstrakurkuler terhadap soft skill mahasiswa semester VII Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10130101.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan adalah kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh suatu pengetahuan. Dalam dunia pendidikan sangat dibutuhkan untuk kebutuhan pada era global seperti sekarang dan itu menjadi sesuatu yang penting untuk menghadapi kehidupan untuk masa mendatang. Dalam pendidikan terdapat banyak macamnnya, Pendidikan yang bersifat terikat dengan instansi atau kurikulum dan pendidikan yang tidak terikat dalam kurikulum. Terdapat juga beberapa macam yang bisa diperoleh dalam pendidikan, yaitu ilmu secara teori, praktek dan sebuah keahlian diri yang dimiliki. Dalam pendidikan intrakurikuler dan Ekstrakurikuler, Keduanya memiliki muatan yang bersifat mengembangkan keilmuan yang harus dilatih untuk mengembangkan potensi dalam bidang pendidikan tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) Menjelaskan pengearuh intrakurikuler terhadap soft skill mahasiswa (2) Menjelaskan pengaruh ekstrakurikuler terhadap soft skill mahasiswa (3) Menjelaskan pengaruh intrakurikuler dan ekstrakurikuler terhadap soft skill mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner berupa instrumen selanjutnya diolah dengan menggunakan teknik analisis linear berganda. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket yang digunakan untuk mengetahui pengaruh Soft Skill Mahasiswa.
Dari hasil yang telah di dapatkan menunjukkan bahwa (1) Intrakurikuler berpengaruh pada soft skill mahasiswa sebesar 0,359, dapat dipahami bahwa adanya hubungan yang baik antara intrakurikuler dan soft skill mahasiswa (2) tingkat ekstrakurikuler berpengaruh terhadapa sft skill mahasiswa sebesar 0,92 hubungan antara ekstrakurikuler dengan soft skill mahasiswa (3) Adanya pengaruh secara signifikan menunjukan nilai sebesar 0.736 atau 73.6% artinnya secara bersama-sama variabel bebas yang terdiri dari variabel intrakurikuler dan ekstrakurikuler berpengaruh signifikan terhadap variable soft skill mahasiswa.
ENGLISH:
Education is the activities undertaken to acquire knowledge. In education is necessary for the needs of the global era and becomes something important for future life. In education there are many kinds, which are tied to education or curriculum, and educational institutions that are not tied into the curriculum. There is something that can be obtained in education, the sciences in theory, practice and a self-possessed. In intra and extracurricular education, both have cargo that develops the science that must be trained to develop the potential in the field of education.
The purpose of this study was to: (1) Describe the influence of intra-curricular against the soft skills of the students (2) Describe the influence of extra-curricular against the soft skills of the students (3) Describe the influence of intra-curricular and extracurricular against the soft skills of students of Semester VII of Social Science Education Department of the Faculty of Tarbiyah and Teaching Science of State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang.
The approach used in this study was quantitative approach with the correlation type. Data were collected using questionnaires in the form of the instrument further processed by using multiple linear analysis techniques. Instruments in this study were questionnaire that was used to determine the influence of Soft Skills Students.
From the results showed that (1) Intra-curricular affected the student soft skills of 0.359, it was understood that the existence of a good relationship between intra and soft skills of the students (2) the level of extracurricular affected on student soft skill of 0.92 the relationship between extracurricular with students soft skills (3) the influence significantly showed a value of 0736 or 73.6% of meant jointly independent variable consisted of intra-curricular variable and extracurricular affected significant on the soft skills variable of the students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Intrakurikuler; Ekstrakurikuler; Soft Skill; Intra-curricular; Extra-curricular; Soft Skills | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:57 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:57 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4894 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |