Penerapan metode mind map untuk meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas VII-H SMP Negeri 4 Kertosono Nganjuk

Andhini, Ratih Setya (2014) Penerapan metode mind map untuk meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas VII-H SMP Negeri 4 Kertosono Nganjuk. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10130070.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pembelajaran dengan menggunakan metode Mind Map suatu metode pembelajaran yang sangat baik digunakan oleh guru untuk meningkatkan daya hafal siswa dan pemahaman konsep siswa yang kuat, siswa juga dapat meningkatkan daya kreatifitas melalui kebebasan berimajinasi. Karena dalam pembelajaran IPS ini khususnya sejarah, guru harus bisa dengan mudah untuk menghafalkan materi.

Tujuan umum dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui proses Penerapan metode Mind Map untuk meningkatkan Prestasi Belajar IPS pada siswa Kelas VII-H SMP Negeri 4 Kertosono Nganjuk. Sedangkan tujuan secara khusus yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan penerapan metode Mind Map untuk meningkatkan Prestasi Belajar IPS pada siswa Kelas VII-H SMP Negeri 4 Kertosono Nganjuk 2) Mendiskripsikan hasil Penerapan metode Mind Map untuk meningkatkan Prestasi Belajar IPS pada siswa Kelas VII-H SMP Negeri 4 Kertosono Nganjuk. Adapun penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Nganjuk, tepatnya di SMP Negeri 4 Kertosono.

Desain penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan kualitatif. Yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus penelitian, yang berawal dari kegiatan perencanaan, pelaksanakan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: wawancara, observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Sedangkan data yang kuantitaif dianalisis secara kualitatif, sedangkan data yang kuantitaif dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa data empirik dari hasil observasi, Penerapan metode Mind Map untuk meningkatkan Prestasi Belajar IPS pada siswa Kelas VII-H SMP Negeri 4 Kertosono Nganjuk. Melalui instrumen observasi menunjukkan bahwa peningkatan prestasi belajar siswa dari pre test nilai rata-rata 1,46 pada siklus I meningkat menjadi 80,37 atau sekitar 12,2%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80,38 atau sekitar 0,01%, lalu pada siklus III meningkat menjadi 82,06 atau sekitar 1,68%.

Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti memberikan beberapa saran, bahwa metode Mind Map perlu diterapkan dalam proses pembelajaran dan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut lagi untuk membuktikan tentang pengaruh metode Mind Map terhadap prestasi belajar IPS dengan desain yang berbeda.

ENGLISH:

Learning by using Mind Map a learning method which is very well used by teachers to improve student memorized and strong understanding of the concept of the student, the student can also increase the power of creativity through the freedom of imagination. Because in this particular historical social studies learning, teachers must be able to easily memorize the material.

The general objective of this study was to determine the Implementation the method to enhance the Learning Achievement Mind Map IPS on Class Class VII-H students of SMP Negeri Kertosono Nganjuk. While specific goals to be achieved in this study are:1) Mind Map describe the application of the method to improve IPS Learning Achievement in Class VII-H students of SMP Negeri Kertosono Nganjuk 2) describe the results of Implementation the method to enhance the Learning Achievement Mind Map IPS on Class VII students of SMP Negeri 4-H Kertosono Nganjuk Class VII-H students of SMP Negeri Kertosono Nganjuk . The study was conducted in Nganjuk, precisely in SMP Negeri 4 Kertosono.

The design of this study is action research (Classroom Action Research) with a qualitative approach. Conducted a total of three cycles of research, which begins with the planning, implementing action, observation and reflection. Data collection techniques used were: interviews, observation, written tests and documentation. While the quantitative data were analyzed qualitatively, while the quantitative data were analyzed using quantitative descriptive analysis. Based on the results of the study showed that the empirical data from the observation, Implementation the method to enhance the Learning Achievement Mind Map IPS on Class VII-H students of SMP Negeri Kertosono Nganjuk. Through observation instrument shows that an increase in student achievement from pre-test mean score of 1.46 in the first cycle increased to 1.72 or about 17%, while in the second cycle increased to 2.37 or about 62%, and the third cycle increased to 2.82 or about 93%.

Based on these results the researchers gave some suggestions, that Mind Map method needs to be applied in the learning process and the need to do further research to prove the effect of the method on learning achievement Mind Map IPS with a different design.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mansur, Muhammad
Keywords: Mind Map; Prestasi Belajar; IPS Terpadu; Learning Achievement; IPS
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 06 Dec 2016 10:57
Last Modified: 06 Dec 2016 10:57
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4893

Actions (login required)

View Item View Item