Falakh, Mukhammad Shobakhul (2016) Pengaruh kedisiplinan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10130049.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan adalah proses yang mana seseorang diajar bersikap setia dan taa dan juga pikirannya dibina dan dikembangkan. Pendidikan mahasiswa menjadi ukuran bagi keberhasilan belajar yang telah ditempuh oleh mahasiswa. Tingkat keberhasilan mahasiswa ditinjau dari seberapa tinggi mahasiswa tersebut meraih prestasi dalam belajarnya. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi dan dapat menimbulkan kesulitan belajar bagi mahasiswa. Jika tidak mencukupi pemenuhannya dan pada akhirnya menghambat dan mempengaruhi pencapaian prestasi belajar. Bila ditinjau dari luar maupun dalam mahasiswa terdapat dua faktor yang secara garis besar dapat mempengaruhi prestasi belajar. Dua faktor tersebut adalah Kedisiplinan dan Motivasi yang menjadi variabel pada penelitian ini.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan (1) pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan P.IPS, (2) pengaruh Motivasi belajar terhadap Prestasi belajar, dan (3) pengaruh kedisiplinan dan motivasi belajar terhadap mahasiswa jurusan P.IPS fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang disebarkan pada Mahasiswa P.IPS sebagai responden peneliti. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan (1) tidak terdapat pengaruh signifikan dari variabel kedisiplinan terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan thitung 0,542 < ttabel 1,66660, (2) Tidak terdapat pengaruh signifikan dari variabel dari variabel motivasi belajar terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan thitung 1,120 < ttabel 1,66660, (3) Terdapat pengaruh signifikan variabel kedisiplinan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan Fhitung 31,875 > Ftabel 3,13. Kesimpulannya bahwa tidak ada pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar, tidak ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar, ada pengaruh positif signifikan dari kedisiplinan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar.
ENGLISH:
Education is process of ones being educated tobe in faith and obedient inside of developing and managing his thingking. Students education becomes the standard for their advanced in learning. Stage of the learning results depend on students’ achievement in learning. There are many factors that effect students difficulties in learning. It could disrupted their learning achievements too. If we viewed from both inside and outside, generally there are at least two factors that affect their learning. These factors are dicipline and motivation. Both these factor will be the main variable in this research.
Purposes of this research are: 1) explain the dicipline effect towards learning achievement of Social Education students, 2) explain the motivation effect towards learning achievement, 3) explain the dicipline and motivation effect toward students learning achievement in Social Education of Tarbiyah and Teachership Faculty in the State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang.
This research uses quantitative approach with correlational specification. This research uses inquiry instruments to collect the data of students in Social Education. While the analysis in this research will use doubled liniar analysis.
Results of the research show: 1) there is no significant effect from diciplinary variables toward learning achievement. It showed in thitung 0,542 < ttabel 1,66660, 2) there is no significant effect from motivation variables toward learning achievement which is showed by thitung 1,120 < ttabel 1,66660, 3) there is significant effect from diciplinary and motivation effect toward learning achievement which is showed by Fhitung 31,875 > Ftabel 3,13. In conclusion, there is no significant effect on dicipline variables itself, no significant effect of motivation variables itself, while in another side there is significant and positive effect when both dicipline and motivation variables were joined.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kedisiplinan; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar; Dicipline, Learning Motivation; Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:57 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:57 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4892 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |