Winarti, Siti Sri (2008) Pengaruh customer relationship management terhadap ketahanan nasabah di BPRS Bumi Rinjani Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04610006.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Industri perbankan dan jasa keuangan, saat ini dihadapkan pada persaingan yang sangat tajam, kompleks dan perubahan lingkungan bisnis yang cepat. Perusahaan perbankan dan para pemasar juga berlomba untuk memodifikasi strategi pemasaran. Mereka semakin mengerti bahwa pelanggan adalah penting bagi kehidupan perusahaannya. Pelanggan harus tetap dijaga dan dipertahankan agar tidak berpaling ke perusahaan lain karena untuk mendapatkan pelanggan baru bisa menghabiskan biaya lima kali lebih besar daripada biaya yang tercakup dalam memuaskan dan mempertahankan pelanggan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial variabel Customer Relationship Management terhadap ketahanan nasabah di BPRS Bumi Rinjani Batu dan variabel manakah yang paling dominan dalam mempengaruhi ketahanan nasabah di BPRS Bumi Rinjani Batu.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi penelitian ini adalah nasabah perorangan di BPRS Bumi Rinjani Batu dengan sample 99 orang responden. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling technique. Tehnis analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji F, serta uji t.
Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda yang telah dilakukan menunjukkan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah cukup besar, hal tersebut dapat dinilai dari nilai R square (R) yaitu sebesar 0,538 dengan demikian berarti bahwa pengaruh customer relationship management terhadap pertahanan nasabah di BPRS Bumi Rinjani Batu, dapat dijelaaskan sebesar 53,8 % variabel ekuitas nilai (X1), ekuitas merek (X2), dan ekuitas relation (X3) sedangkan sisanya 46% dijelaskan variabel lain yang tidak termasuk pada penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis secara simultan variabel customer relationship management berpengaruh signifikan terhadap pertahanan nasabah (Y) di BPRS Bumi Rinjani Batu (Y). Hal ini dapat dilihat dari F hitung sebesar 33,335 dengan tingkat signifikansi 0,000. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda kolom coefficients, menunjukkan bahwa variabel customer relationship management yang meliputi variabel ekuitas nilai tidak mempengaruhi terhadap pertahanan nasabah, sedangkan ekuitas merek dan ekuitas relation berpengaruh terhadap pertahanan nasabah. Ekuitas relasional merupakan variable yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap pertahanan nasabah pada PT. BPRS Bumi Rinjani Batu
ENGLISH:
At this time the banking industry and financial faced in streng and complex competation and fast change of business environment. Banking industry and the sellers also compete for modify marketing strategy. They are compety understand that customers are important for life of their firm. The customer must be kept and defended in order to not turn away to other firm. Because, for getting new customers can exhausted five time cost higger than served up in satissying and defending previous customers. This research aimed to know simultaneously influence and partially variable of customer relationship management to ward customers defending in BPRS Bumi Rinjani Batu.
Kind of research used by researcher is quantitative design with survey approach. Population af this research is individual customers in BPRS Bumi Rinjani Batu with 100 people sample of respondence. Whereas, technique of sample getting use accidental sampling technique. Tecnique of data analysis use double linier regretion, F test and t test.
Based on the result of double linier regretion analysis above sho that influence of free variable toward bound variable is quite significance, it can be gotten from Adjusted R Square value 0,522, finally it means that influence of customer relationship management to ward customer retention in BPRS Bumi Rinjani Batu, can be explained that variable of value equity (X1), label equity, relational equity about 52,2%, while 47.8% rest of such variable explained in other variable which is not included in this research. In addition from the result of analysis simultaneously variable of customer relationship management significantly affected toward customer retention (Y) in BPRS Bumi Rinjani Batu. It can been from F count ebout 33,335 with significance level 0,000. Moreover, based on analysis double linier regret on colum coefficients result, show that variable of customer relationship management which included variable value equity is not influence toward customer retention, while label equity and relational equity influence toward customer retention.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasan, Irmayanti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pertahanan Nasabah; Customer Relationship Management; Customer Retention, Customer Relationship Management | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Users 731 not found. | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 14:51 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 14:51 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4890 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |