Widianto, Suheri (2013) Halaman persetujuan pengaruh keikutsertaan pengurus osis terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MAN Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09130112.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA :
Sekolah tidak hanya merupakan tempat peserta didik untuk menimba ilmu pengetahuan tetapi juga sebagai tempat berinteraksi dengan sesama, karena manusia pada dasarnya merupakan mahkluk sosial yang membutuhkan manusia lain untuk hidup. Organisasi sekolah merupakan salah satu tempat untuk berinteraksi dengan sesama diluar jam sekolah bagi siswa. Dengan mengikuti organisasi sekolah siswa dapat menyalurkan minat dan bakatnya yang nantinya diharapkan dapat menunjang prestasi akademik maupun non akademik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Aktivitas kegiatan OSIS MAN Jombang, prestasi belajar pengurus OSIS MAN Jombang dan pengaruh keikutsertaan pengurus OSIS terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. Prestasi belajar yang dimaksud adalah nilai Semester pengurus OSIS. Hal ini berdasarkan pertimbangan bahwa pengurus OSIS telah fokus pada jurusan IPS dan telah menerima pelajaran ekonomi secara intensif serta aktif dalam kegiatan organisasi sekolah.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, yaitu penelitian yang dilakukan untuk antara dua variabel atau lebih yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan dan apabila ada, berapa eratnya hubungan serta berarti atau tidak hubungan itu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket yang digunakan untuk mengetahui aktivitas kegiatan OSIS MAN Jombang. Intrumen yang juga digunakan adalah dokumen yang digunakan untk mengetahui prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel keikutsertaan pengurus OSIS berpengaruh 34,5% terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. Pada tingkat tertentu keikutsertaan pengurus OSIS berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi walaupun dalam penelitian ini nilai pengaruhnya kecil.
ENGLISH :
The school is not only a place for the educated participants to obtain the knowledge, but also a place for having the interaction with others. Human is basically a social creature with the need for other human for living. School organization is a place for the students to interact with others out of lesson hour. The attendance into school organization allows students to exploit their interest and talent to support their academic and non-academic achievements.
The objective of research is to understand the activity of OSIS at MAN Jombang, the learning achievement of OSIS management at MAN Jombang, and the effect of the participation of OSIS management on learning achievement of economic lesson. Learning achievement is referred to the semester score of OSIS management. This reference is used because OSIS management has focused on social science department and has been accepting economic lesson intensively and actively within school organization activity.
The approach used in this research is quantitative approach. Research type is correlational research, meaning that this research is conducted between two variables or more which are aimed at ensuring whether there is a relationship or not, and if there is, how close or how significance is the relationship. The instrument of research is questionnaire that is used to understand the activity of OSIS at MAN Jombang. This instrument is a document used to acknowledge the learning achievement of economic lesson. The analysis in this research is multiple regression analysis.
Based on the result of research, it is concluded that the variable of the participation of OSIS management influences learning achievement of economic lesson by 34.5 %. At certain degree, the participation of OSIS management has significant influence on learning achievement of economic lesson although this is still considered as small degree of influence.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Julaihah, Umi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Keikutsertaan Pengurus OSIS; Prestasi Belajar Ekonomi The Participation of OSIS Management; Economic Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 20 Mar 2023 09:10 | ||||||
Last Modified: | 20 Mar 2023 09:10 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/48612 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |