Hidayah, Siti Nurul (2013) Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi Kelas VII-D di MTsN Kediri 2. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09130107.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA :
Sebagaimana diketahui realita yang terjadi di MTsN Kediri 2 pada kelas VII Reguler bahwa guru mata pelajaran Ekonomi masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran, karena itu membuat siswa kurang merespon pelajaran Ekonomi yang diberikan oleh guru, metode yang diberikan guru kurang aktif dan bervariasi, saat pembelajaran siswa mengabaikan pelajaran Ekonomi sehingga akibatnya hasil belajar siswa tidak baik. Atas fakta yang terjadi, peneliti menerapkan metode Numbered Heads Together untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-D di MTsN Kediri 2. Peneliti memilih lokasi tersebut karena ingin mengaplikasikan suatu bentuk metode, di MTsN Kediri 2 sekolah yang berprestasi terbaik tingkat Nasional, dengan metode Numbered Heads Together ini dapat menumbuhkan semangat belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-D.
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Numbered Heads Together untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi pokok bahasan perusahan dan badan usaha kelas VII-D di MTsN Kediri 2, (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Numbered Heads Together untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi pokok bahsan perusahan dan badan usaha kelas VII-D di MTsN Kediri 2, (3) untuk mendeskripsikan penilaian pembelajaran dengan menggunakan metode Numbered Heads Together untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi pokok perusahan dan badan usaha kelas VII-D di MTsN Kediri 2.
Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan jenis penelitian tindakan kelas secara kolaboratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu: (1) observasi (2) dokumentasi (3) wawacara (4) tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode belajar yang peneliti terapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan badan usaha dan perusahaan di kelas VII-D. Peningkatan hasil belajar dengan metode Numbered Heads Together pada siklus I rata-rata 81,94% (Cukup baik). Pada siklus II juga mengalami peningkatan rata-rata 96,41% (Baik). Pada siklus III juga mengalami peningkatan rata-rata 99,00% (Baik sekali).
ENGLISH :
As known reality that happened in Kediri MTsN 2 in class VII Regular Economic subjects that teachers still use the lecture method in teaching, because it makes students less responsive Economics lessons given by the teacher, the teacher's methods are less active and varied, while teaching students Economic lessons so consequently ignore student learning outcomes are not good. On facts that occurred, researchers applied the method Numbered Heads Together to improve student learning outcomes in class VII-D MTsN Kediri 2. Researchers chose these locations because they want to apply a form of the method, in Kediri MTsN 2 best performing schools national level, with this method of Numbered Heads Together to foster the spirit of learning so as to improve the learning outcomes of students of class VII-D .
The purpose of this study was: (1) to describe the learning plan using the Numbered Heads Together to improve student learning outcomes in the subjects of Economics subject company and business entity class VII-D in Kediri MTsN 2, (2) to describe the implementation of learning using Numbered Heads Together to improve student learning outcomes in basic subjects Economics meeting arrangement companies and business entities in classes VII-D MTsN Kediri 2, (3) to describe the assessment of learning by using Numbered Heads Together to improve student learning outcomes in eyes Economic lessons principal corporate and enterprise class VII-D in Kediri MTsN 2.
This study uses the approach of classroom action research collaboratively. Data collection techniques used by researchers, namely: (1) observation (2) documentation (3) wawacara (4) test.
The results showed that the method of learning that researchers can apply to improve student learning outcomes on the subject of business entities and companies in class VII-D. Improved learning outcomes by methods Numbered Heads Together in the first cycle an average of 81.94% (good enough). In the second cycle also increased an average of 96.41% (Good). The third cycle also increased an average of 99.00% (Good one).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Julaihah, Umi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Numbered Heads Together; Hasil belajar; Mata Pelajaran Ekonomi Numbered Heads Together; learning outcomes; Economic Lesson | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 17 Mar 2023 10:33 | ||||||
Last Modified: | 17 Mar 2023 10:33 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/48598 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |