فعالية طريقة التمييز في تعليم مهارة القراءة بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية تومفانج مالانق

Darojat, Hanifah (2016) فعالية طريقة التمييز في تعليم مهارة القراءة بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية تومفانج مالانق. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12150029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pembelajaran bahasa Arab di Indonesia masih banyak yang menggunakan metode qowa’id dan terjemah. Banyak yang menganggap bahwa bahasa Arab itu merupakan momok bagi siswa karena sulitnya daam memahami suatu teks bacaab Arab. Jadi, pertanyaannya saat ini adalah, bagaimana memperbaiki keterampilan atau kemampuan siswa dalam pembelajaran maharoh qiro’ah yang mana mereka merasa kesulitan sehingga menganggap bahasa arab itu merupakan momok bagi siswa. Kaena pada saat ini dan pada masa sebelumnya, pembelajaran maharoh qiro’ah masih menggunakan metode yang membosankan bagi siswa. Serta tidak banyak menggunakan metode-metode yang terbaru misalnya, seperti metode Tamyiz. Pada penelitian ini peneliti mengggunakan metode tamyiz dalam pembelajaran maharoh qiro’ah di MTs Negeri Tumpang-Malang.

Adapun rumusan masalah dalam peneitian ini yaitu:1) Bagaimana proses pembelajaran maharoh qira’ah menggunakan metode tamyiz di kelas VII MTs Negeri Tumpang-malang. 2) Bagaimanakah efektifitas pembelajaran maharoh qiro’ah menggunakan metode tamyiz di kelas VII MTs Negeri Tumpang-malang.

Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan bentuk nonequivalent control group, dengan pendekatan kuantitatif. Menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun instrument peneitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara dan tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran maharoh qiro’ah efektif, hal ini diketahui dari hasil uji-t lebih besar dari t-tabel (4,444 > 2,75639). Hal ini menunjukkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak. Kesimpulannya adalah penggunaan metode tamyiz efektif dalam pembelajaran maharoh qiro’ah di MTs Negeri Tumpang Malang.

ENGLISH:

In Indonesia, there are a lot of people use qowa’id and translation method in Learning Arabic. Many people argue that Arabic is one of the difficult thing in learning language because it is not easy to understand the Arabic text. Then, the question is that how to improve the skill or the student’s ability in learning maharoh qira’ah or reading skill which make them feel difficult and they assume that Arabic become their fear. Thus, at the present and previous time, in learning maharah qiro’ah, the teacher still use the method that make student feel bored and seldom to use the new method such as Tamyi method. In this study, the researcher use TamyiZ method in learning maharoh qiraah in Islamic Junior High School of Tumpang Malang.

The research question of this study is (1) how is the process of learning maharah qiraah using tamyiz method in VII class in Islamic Junior High School of Tumpang Malang (2) How is the effectiveness of learning maharoh qiraah using tamyiz method in Islamic Junior High School of Tumpang Malang. This research used quasi experiment design in form of nonequivalent control group by using quantitave approach which use experiment class and control class. The research instrument of this research is observation, interview, and test.

The result of this study showed that the learning process using tamyiz method was well done. It can be seen from result of t-test more big from t-table (4,444>2,75639). It’s showed that H0 acccepted and H1 reffused. And the conclution from this research is use of tamyiz Method in reading skill learning effective.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Aziz, Abdul
Keywords: طريقة التمييز، مهارة القراءة; Metode Tamyiz; Maharoh Qiro’ah; Tamyiz Method; Reading Skill Learning
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Laili Izzah Syahriati
Date Deposited: 09 Sep 2016 09:05
Last Modified: 09 Sep 2016 09:05
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4856

Actions (login required)

View Item View Item