Fatimah, Siti (2013) Pengaruh kepribadian guru dan sikap siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi Kelas XI IPS di MAN Kediri II Kota Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09130027.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA :
Di bawah naungan satuan pendidikan, kepribadian guru memiliki andil yang besar untuk menciptakan peserta didik yang berkualitas baik dari segi pengetahuan umum dan kematangan akhlak sehingga dapat diperoleh hasil belajar yang memuaskan.Pemuda Indonesia, kader bangsa ini disinyalir memiliki kepribadian yang menghawatirkan masa depannya juga masa depan bangsa ini. Tradisi hidup hedonis, pemalas, bergantung pada orang lainjauh dari harapan dan tujuan bangsa yang ingin mencerdaskan kehidupan bangsa. Jika realitas karakter para pemuda bangsa Indonesia seperti ini, semua pihak ikut bertanggung jawab baik pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama, orang tua, dan para pendidik (guru, ustad, dosen).Profesi terakhir lebih banyak disorot karena di pundak guru pendidikan ini lebih banyak diamanahkan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh kepribadian guru terhadap sikap siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kediri.menjelaskan pengaruh kepribadian guru dan sikap siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kediri.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei yaitu penelitian yang menganalisa data dengan menggunakan angka-angka, rumus, dan model matematis. Dalam penelitian ini instrument yang digunakan adalah angket untuk mengukur adanya pengaruh kepribadian guru dan sikap siswa terhadap prestasi belajar.
Hasil penelitian didapat adanya pengaruh dari variabel Kepribadian Guru (X1) terhadap variabel Sikap Siswa (X2) dan dari variabel Sikap Siswa (X2) terhadap variabel Prestasi Belajar (Y) menyatakan bahwa terdapat pengaruh tidak langsung secara positif variabel Kepribadian Guru (X1) terhadap variabel Prestasi Belajar (Y) melalui variabel Sikap Siswa (X2) yaitu semakin baik kepribadian yang dilakukan oleh guru maka sikap siswa terhadap guru tersebut akan semakin baik dan juga akan berdampak pada peningkatan prestasi siswa.
Kesimpulan terdapat pengaruh variabel Kepribadian Guru (X1) dan variabel Sikap Siswa (X2) terhadap variabel Prestasi Belajar (Y) adalah sebesar 42,3% dan faktor lain yang mempengaruhi variabel Sikap Siswa (X2) adalah sekitar 57,7%.bisa disebabkan oleh kondisi sosial ekonomi orang tua, pengaruh pendidikan keluarga, pengaruh fasilitas dan sarana-prasarana di sekolah dan sebagainya.
ENGLISH :
Under unit of education, teacher personality have contribution to establish student quality good for aspec knowledge and emotional maturity moral until can be result satisfactory performance. Indonesian Youth has be founded personality can be destroyed in the future to can be future this nation. Tradition hedonis life dependen on some one else, far of future and purpose this nation to intelligent nation life. The last profesion better than to look at because in the teacher this education to trusteeship.
This purpose research is to explained teacher personality influence to attitude economic lesson class XI IPS in MAN Kediri II Kediri Country. To explained Teacher personality influence and student attitude to study achievement to economic lesson class XI IPS in MAN Kediri II Kota Kediri. Kind of reseach was applicable to this reseach is kuantitatif reseach with survey method is reseach was analyze atribut applicable to rate numeral and matematic models. In this of reseach applicable to instrument is questionnaire for measure teacher personality influence and student attitude to study achievement to economic lesson class XI IPS in MAN Kediri II Kediri Country.
This result can be able teacher personality influence to attitude economic lesson class XI IPS in MAN Kediri II Kediri Country. To explained Teacher personality influence and student attitude to study achievement to economic lesson class XI IPS in MAN Kediri II Kota Kediri. To declare the direct influence to positive teacher personality variabel to study achievement pass through student attitude variable.
The conclusion is influence to declare the direct influence to positive teacher personality variabel to study achievement pass through student attitude variable
42,3 and these factor else influce student attitude is 57,7. Can be cause variabel sosial condition of parent, influence of family education, influence fasility and school of medium.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Pusposari, Luthfiya Fathi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengaruh Kepribadian Guru; Sikap Siswa; Prestasi Belajar Teacher Personality Influence; Student Attitude; Study Achievement. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 17 Mar 2023 10:33 | ||||||
Last Modified: | 17 Mar 2023 10:33 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/48556 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |