Arsyad, Muhammad Naharuddin (2013) Motivasi siswa berpartisipasi di koperasi sekolah : Studi pada koperasi sekolah wiyata sejahtera di SMA Negeri 1 Mojosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09130026.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Koperasi sekolah adalah koperasi yang beranggotakan siswa-siswi yang ingin berpartisipasi menjadi anggota maupun pengurus. Bentuk partisipasi siswa dalam kegiatan koperasi pada umumnya didasarkan atas motivasi yang ada pada diri mereka masing-masing. Motivasi itu timbul karena kebutuhan, baik kebutuhan ekonomi maupun kebutuhan sosial. Begitu juga dengan siswa, setiap kegiatan yang dilakukan olehnya didorong oleh suatu kekuatan dari dalam dirinya sendiri, kekuatan pendorong inilah yang disebut sebagai motivasi. Koperasi dapat berjalan dengan baik dan dapat berkembang karena partisipasi anggotanya, untuk itulah perlu diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi siswa partisipasi dalam aktivitas usaha koperasi sekolah. Sehingga, koperasi tersebut dapat berjalan sesuai dengan fungsinya dan bisa memberikan manfaat bagi peningkatan pengetahuan siswa dalam berkoperasi.
Penelitian ini dilakukan untuk; (1) Mengetahui bentuk partisipasi siswa di koperasi sekolah Wiyata Sejahtera yang ada di SMA Negeri 1 Mojosari; (2) Mengetahui bentuk faktor – faktor yang mempengaruhi siswa untuk berpartisipasi di koperasi sekolah Wiyata Sejahtera yang ada di SMA Negeri 1 Mojosari; (3) Mengetahui bentuk manfaat yang diperoleh siswa dalam berpartisipasi di koperasi sekolah Wiyata Sejahtera yang ada di SMA Negeri 1 Mojosari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini antara lain Guru Pembina koperasi sekolah, alumni pengurus koperasi sekolah dan siswa serta sumber data yang berupa dokumen-dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan uji kredibilitas dengan metode tringulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Bentuk partisipasi siswa di koperasi sekolah dibagi menjadi 2 peran, yaitu siswa sebagai pengurus dan siswa sebagai anggota/pengguna. Siswa sebagai pengurus koperasi sekolah memiliki 3 bentuk partisipasi, yakni partisipasi di bidang usaha seperti menjual, melayani, dan mempromosikan barang dagangan, partisipasi di bidang modal seperti membayar uang simpanan pokok sebesar Rp. 10.000 dan di bidang organisasi seperti membentuk struktur organisasi kepengurusan koperasi. sedangkan bentuk partisipasi siswa yang hanya menjadi anggota saja dibagi menjadi 2 bentuk, yaitu partisipasi di bidang usaha seperti membeli perlengkapan siswa di koperasi sekolah dan partisipasi di bidang modal seperti menyetorkan uang sebagai simpanan pokok. (2) Faktor – faktor yang mempengaruhi siswa berpartisipasi di koperasi sekolah bervariasi. Berdasarkan hasil temuan penulis, faktor – faktor yang mempengaruhi siswa berpartisipasi di koperasi sekolah sebagai pengurus itu ada 3 faktor, yaitu faktor keyakinan, faktor ketersediaan koperasi sekolah sebagai sarana praktek pembelajaran dan faktor dorongan dari pihak orang tua. Sedangkan faktor – faktor yang mempengaruhi siswa berpartisipasi di koperasi sekolah sebagai anggota itu ada 2 faktor, yaitu faktor ekonomi yang seperti kesesuaian pelayanan pengurus terhadap anggota dan lokasi koperasi sekolah yang strategis dan untuk faktor sosial seperti rasa memiliki dari anggota. (3) Manfaat yang diperoleh siswa dalam berpartisipasi di koperasi sekolah ada banyak. Berdasarkan pembahasan penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa manfaat yang diperoleh siswa selama menjadi pengurus koperasi sekolah adalah siswa dapat belajar berorganisasi, dapat menumbuhkembangkan mental wirausaha sejati memberikan peluang bagi siswa untuk memiliki kompetensi tentang koperasi, baik pemahaman konsep-konsepnya maupun praktiknya untuk bekal hidup apabila sudah terjun di masyarakat. sedangkan manfaat yang diperoleh siswa sebagai anggota koperasi sekolah adalah terpenuhinya kebutuhan / perlengkapan alat - alat tulis siswa secara lengkap di koperasi sekolah dan mempermudah siswa mendapatkan perlengkapan sekolah dan alat tulis siswa.
ABSTRACT
School cooperative is the cooperative with the membership of students who want to participate as the member or to work into the management. The form of student participation with cooperative activity is usually based on their self- motivation. There are various motivations including economic and social. Every activity committed by students is initiated by the driver within themselves and this driver is called motivation. The cooperative works and develops because of the participation of the members. Therefore, factors influencing the students to participate with the activity of school cooperative must be understood. Indeed, the cooperative then may function appropriately and improve the knowledge of cooperative among students.
The objectives of research are: (1) to understand the form of student participation within School Cooperative Wiyata Sejahtera at SMAN 1 Mojosari; (2) to acknowledge the factors influencing students who participate within School Cooperative Wiyata Sejahtera at SMAN 1 Mojosari; and (3) to figure out the form of benefit obtained by students from the participation within School Cooperative Wiyata Sejahtera at SMAN 1 Mojosari.
Research type is descriptive qualitative with qualitative approach. Data sources include the counseling teacher for school cooperative, the alumnus of school cooperative management, and students. Related documents are also considered. Data collection techniques include interview, observation and documentation. Research analysis method is qualitative descriptive analysis. Data validity check employs credibility test and triangulation.
Result of research indicates that (1) the form of student participation within school cooperative is shown through 2 roles, which are: student as the management and student as the member/user. Student as the management of school cooperative involves 3 forms of participation, which are: participation within the work field with activities such as selling, serving and promoting the trade goods; participation within the capital field by paying principal saving of 10,000 rupiahs; and participation within the organization field by establishing the organizational structure of cooperative management. The form of participation of student as the member is divided into 2 forms, which are: participation within work field by buying student utensils from school cooperative and participation within capital field by submitting money as the principal saving. (2) Factors influencing the students to participate with school cooperative are varied. Based on the findings, there are 3 factors influencing students to participate with school cooperative as the management, and these are faith, school cooperative availability as the practical structure for learning, and parental support. There are 2 factors influencing students to participate with school cooperative as the member, and these are economic factor such as the suitability of management service to the member and the strategic location of school cooperative, and the social factor such as sense of belonging among members. (3) Many benefits can be obtained by students from their participation with school cooperative. Based on the discussion, the author concludes that the benefits perceived by students from their participation as the management of school cooperative is the learning of how to organize, the growth of entrepreneurship, and the opportunity to have competence of cooperative, including its concepts and practices, to be used in their life in the community. Benefits accepted by students from their participation as the member of school cooperative are the good supply of school utensils for students who need it and the easy access for students to obtain school utensils.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Kusumadyahdewi, Kusumadyahdewi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Motivasi; Partisipasi; Koperasi Sekolah; Motivation; Participation; Principal | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 17 Mar 2023 10:33 | ||||||
Last Modified: | 06 Apr 2023 13:11 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/48528 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |