Santri, Dewi (2015) Pengembangan minat baca siswa pada mata pelajaran IPS terpadu: Studi kasus strategi guru di SMP Negeri 4 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11130093.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Strategi adalah seperangkat alat yang berguna serta aktif, yang melibatkan individu secara langsung untuk mengembangkan bahasa kedua atau bahasa asing. guru adalah menunjuk pada seorang yang harus digugu dan ditiru oleh semua murid dan bahkan masyarakatnya. SMP Negeri 4 Malang yaitu salah satu sekolah Menengah Pertama dalam hal minat baca cukup tinggi. karena peneliti melihat dari kunjungan perpustakaan di SMP Negeri 4 Malang lumayan banyak siswa yang sering berada di Perpustkaan. Oleh sebab itu, peneliti tertarik untuk mengetahui lebih bagaimana strategi guru di sana dalam mengembangkan minat baca siswa terutama pada mata pelajaran IPS Terpadu.
Penelitian ini difokuskan pada: 1.) Bagaimana strategi guru dalam mengembangkan minat baca siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 4 Malang? 2.) Apa faktor penghambat dan pendukung dalam mengembangkan minat baca siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 4 Malang?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan menggunakan Reduksi Data, Penyajian Data, dan Verifikasi atau Penarikan Kesimpulan.
Dari hasil penelitian, peneliti menyimpulkan 1.) Strategi yang digunakan oleh guru di SMP Negeri 4 Malang untuk mengembangkan minat baca siswa adalah dengan memberikan informasi yang seluas-luasnya. Guru juga menggunakan strategi diskusi kelas supaya siswa membaca buku yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan pada pertemuan berikutnya. Selain itu dengan cara memberikan penugasan kepada mereka misalnya penugasan kliping. Strategi dari pihak sekolah juga mengadakan program yaitu dengan diadakannya lomba madding antar kelas, kunjungan wajib ke perpustakaan dan program terakhir yaitu program Sinopsis buku, pihak sekolah memperbolehkan membaca semua buku kecuali komik dan bacaan yang tidak berkaitan dengan pendidikan. 2.) faktor pendukung adalah internet, perpustakaan, dan program yang sudah berjalan dengan baik. Program tersebut adalah dengan diadakannya lomba madding antar kelas, kunjungan wajib ke perpustakaan dan program terakhir yaitu program Sinopsis Buku, pihak sekolah memperbolehkan semua membaca buku kecuali komik dan bacaan yang tidak berkaitan dengan pendidikan. Hambatan yang dialami oleh SMP Negeri 4 Malang adalah karena adanya internet, karena internet membuat siswa nantinya akan lebih senang pada hal-hal yang instan. Lemahnya pengawasan guru pada siswa jika ada yang melihat situs lain selain materi.
ABSTRACT
The strategy is active useful way which involves individuals directly to develop a second language or a foreign language. Teacher is pointing to a need to give examples and imitated by all the students and the community. SMPN 4 Malang is one of junior high school of reading interest is quite high. Researcher looked at from a visit of SMPN 4 Malang libraries that were quite a lot of students who often were in the Library. Therefore, researcher interested in knowing more how teachers strategies in developing students' reading interest, especially in the Integrated Social Science subjects.
This study focused on: 1) how does the strategy of teachers in developing students' reading interest in Integrated Social Science subjects in SMPN 4 Malang? 2.) What is the limiting and supporting factors in developing students' reading interest of Integrated Social Science subjects in SMPN 4 Malang?
This study used a qualitative method. The technique of collecting data used interviews, observation, and documentation. The analysis of data used data reduction, data presentation and withdrawal verification or conclusion. From the results of the study, researcher concluded 1.) The strategy used by teachers in SMPN 4 Malang to develop students' reading interest was to provide the broadest possible information. Teacher also used the strategy of classroom discussion so that students read books related to the material that will be presented at the next meeting. Moreover by giving assignments to them was clipping assignment. The strategy of the school also held a program of holding competitions between madding classes, mandatory visits to the library and the last program was a synopsis books program, school authorities allowed reading all the books except the comic and readings that were not related to education. 2.) The supporting factor was the Internet, libraries, and programs that were already well. The programs were the holding of program of holding competitions between madding classes, mandatory visits to the library and the last program was a synopsis books program, school authorities allowed reading all the books except the comic and readings that were not related to education. Barriers experienced by SMP N 4 Malang students was the Internet, because the Internet made the students will be more happy the instant things. Weak supervision of teachers on students in seeing any site that outside the material.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Esha, Muhammad In’am | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Guru; Minat Baca; Teacher Strategies; Reading Interest | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 17 Mar 2023 10:39 | ||||||
Last Modified: | 17 Mar 2023 10:39 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/48522 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |