Responsive Banner

Internalisasi nilai-nilai kewirausahaan melalui pendidikan kewirausahaan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Aniqoh, Siti (2015) Internalisasi nilai-nilai kewirausahaan melalui pendidikan kewirausahaan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
11130091.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan kewirausahaan dapat mendorong seseorang untuk mempunyai nilai kewirausahaan. Pendidikan kewirausahaan ini dapat dipengaruhi oleh keluarga, lingkungan kampus, atau lingkungan bermain. Dengan adanya pendidikan kewirausahaan, maka diharapkan tertanamlah nilai-nilai kewirausahaan pada diri seseorang.

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai kewirausahaan melalui pendidikan kewirausahaan pada mahasiswa Prodi P. IPS Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam internalisasi nilai-nilai kewirausahaan pada mahasiswa Prodi P. IPS Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Kehadiran peneliti merupakan instrument sekaligus pengumpul data, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) internalisasi nilai-nilai kewirausahaan melalui pendidikan kewirausahaan pada mahasiswa Prodi P. IPS yaitu pemberian mata kuliah kewirausahaan dan pelatihan, seminar, ataupun kuliah tamu tentang kewirausahaan. Sehingga mahasiswa terinternalisasi nilai-nilai kewirausahaan berupa sikap percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, mandiri, keorisinilan, berorientasi ke masa depan, disiplin, tanggung jawab, dan tidak mudah menyerah, (2) faktor-faktor yang menjadi pendukung dalam internalisasi nilai-nilai kewirausahaan pada mahasiswa Prodi P. IPS yaitu tersedianya sarana dan prasarana, memiliki manajemen pengelolaan kegiatan yang bagus, adanya semangat pada diri peserta didik, adanya komitmen dari ketua jurusan, dosen, dan mahasiswa, adanya tanggung jawab, serta adanya motivasi dari jurusan dan dosen. Sedangkan faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam internalisasi nilai-nilai kewirausahaan pada mahasiswa Prodi P. IPS yaitu mahasiswa kurang kreatif, kurangnya motivasi dan minat pada mahasiswa, sarana prasarana kurang memadai, dalam pengelolaan kurang terkoordinir, mahasiswa kurang responsif dalam mengikuti kegiatan, mahasiswa belum bisa memanage waktu, serta tidak ada kerjasama yang baik dari jurusan, dosen, maupun mahasiswa.

ABSTRACT

Enterpreneurship Education can support someone to have nterpreneurship values. This enterpreneurship education influenced by family, campus environmrnt, and playing environment. With the existence of its enterpreneurship education expected planted the enterpreneurship values in a person.

Purpose of this research are: (1). To describe the internalization of enterpreneurship values through nterpreneurship education on social education department students in the State Islamic University Maulana Malik Ibrahim of Malang, (2). To describe the preventif factors and support factors in internalization process of enterpreneurship values on social education department students in the State Islamic University Maulana Malik Ibrahim of Malang

To achieve the purpose above, used qualitative descriptive approach in this research. Presence of researcher is instrument and also as data collector. Data collecting method used in this researchis are observation, interview, and documentation. Data analyzed by redrawing data which is not relevant, explaining data and get the conclussuion.

Result of research show that, (1) internalization of enterpreneurship values though enterpreneurship education on social education department student is done by giving enterpreneurship subject and training, seminar, and also guest lecture about enterpreneurship. So that, students can have enterpreneurship values in themself. Forms of enterpreneurship values shown by confident attitude, self task and result oriented, originality, future oriented, responsibility, and never give up. (2) Factors that supporting internalization of enterpreneurship values on social education department is the available of tools and means, have good management activities, the spirit of students, the comitment of head of department, lecturers, and students, responsibility and motivation from department and lecturers. While, factors that prevent the process of internalization of enterpreneurship value on social education department students are less creativity, less motivation and interest of students, less tools and means, uncoordinate management, less responsive students in follow program, students can not manage their time, and there is no good cooperation from department, lecturers and students.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Rahmaniah, Aniek
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDRahmaniah, AniekUNSPECIFIED
Keywords: Nilai-nilai Kewirausahaan; Pendidikan Kewirausahaan; Mahasiswa Prodi P. IPS; Enterpreneurship Values; Enterpreneurship Education; Social Education Department Students
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Koko Prasetyo
Date Deposited: 17 Mar 2023 10:39
Last Modified: 17 Mar 2023 10:39
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/48518

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item