Supardi, Mifa Yuli (2015) Pembentukan karakter melalui pembelajaran sosiologi di MAN 1 Situboondo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11130060.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pemahaman tentang pendidikan karakter tetap menjadi fenomena yang sulit untuk didefinisikan, karena mencakup pendekatan yang sangat luas dengan target tujuan. Mengindetifikasi perbedaan pendidikan moral dan pendidikan pendidikan karakter. Pendidikan moral fokus pengajarannya pada pengembangan penalaran rasa keadilan dan moralitas terhadap kepedulian antar individu. Pendidikan karakter fokus pengajarannya pada pengembangan karakter dari dalam rohani dan pengembangan karakter dari luar jasmani atau individu.
Tujuan penelitian ini: (1) mendeskripsikan proses pembentukan karakter melalui pembelajaran sosiologi dengan menggunakan metode pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman pembelajaran sosiologi di MAN 1 Situbond, (2) mendeskripsikan hasil pembentukan karakter melalui pembelajaran sosiologi untuk meningkatkan pemahaman siswa MAN 1 Situbondo, (3) mendeskripsikan proses evaluasi pendidikan dan pembentukan karakter dengan menggunakan pembelajaran sosiologi untuk meningkatkan pemahanan pembentukan karakter pada siswa kelas XI S3 MAN 1 Situbondo.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fakta di lokasi penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis menggunakan tehnik analisis deskriptif yang dilakukan dengan menggambarkan data yang diperoleh untuk mendapatkan kesimpulan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) proses pembentukan karakter dengan menggunakan pembinaan yang diselenggarakan oleh MAN 1 Situbondo untuk meningkatkan ppendidikan spiritual pada pembinanaan karakter siswa, (2) proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode yang digunakan dalam konsep pembentukan karakter melalui pembelajaran sosiologi, (3) proses evaluasi pembelajaran dengan menggunakan pembentukan karakter untuk meningkatkan siswa dalam pembentukan watak atau karakter yang baik, secara kualitatif mampu meningkatkan antusias dan motivasi siswa dalam belajar.
ABSTRACT
An understanding of the character education remains a phenomenon that is difficult to define, because it covers a very broad approach to the target destination. To identify differences in moral education and character education. Moral education teaching focus on the development of a sense of justice and morality toward individuals. Teaching character education focus on the development of the character of the spiritual and development of character outside physical or individuals.
The purpose of this study: (1) describe the process of the formation of character through the study of sociology by using learning methods in improving learning comprehension of sociology at MAN 1 Situbondo, (2) describe the results of sociological character formation through learning to enhance students' understanding of MAN 1 Situbondo, (3) describe educational evaluation process and the formation of character by using sociological study to improve the understanding of the formation of character in the students of class XI S3 MAN 1 mSitubondo.
To achieve the objectives above, qualitative research approach was used with the aim to describe or depict a fact at the location. Data collected used observation, interviews, and documentation. As for the analysis used descriptive analysis techniques performed by describing the data obtained to obtain a conclusion.
The results showed that, (1) the process of the formation of character by using coaching organized by MAN 1 Situbondo to improve the spiritual education on character development of students, (2) execution of the learning process by using the method used in the concept formation of character through the study of sociology, (3 ) learning evaluation process used the formation of character to enhance the students in the formation of character or good character, qualitatively was able to increase the enthusiasm and motivation of students in learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zainuddin, M | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembentukan Karakter; Pembelajaran Sosiologi; Character development; Sociology Learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 15 Mar 2023 10:57 | ||||||
Last Modified: | 15 Mar 2023 10:57 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/48412 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |