Responsive Banner

Penerapan nilai krakter kedisiplinan dan kejujuran pada pembelajaran Kewirausahaan kelas XII di SMK Karya Dharma 2 Trenggalek

Ainina, Nur (2015) Penerapan nilai krakter kedisiplinan dan kejujuran pada pembelajaran Kewirausahaan kelas XII di SMK Karya Dharma 2 Trenggalek. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
11130058.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan karakter bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu dan seimbang, sesuai standar kompetensi lulusan. Melalui pendidikan karakter diharapkan peserta didik mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya, mengkaji dan menginternalisasi nilai nilai karakter dan akhlak mulia sehingga terwujud dalam perilaku sehari-hari.

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui bentuk penerapan nilai karakter kedisiplinan dan kejujuran pada pembelajaran kewirausahaan kelas XII di SMK Karya Dharma 2 Trenggalek, (2) Mengetahui hasil dari penerapan nilai karakter kedisiplinan dan kejujuran pada pembelajaran kewirausahaan kelas XII di SMK Karya Dharma 2 Trenggalek

Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Instrumen kunci adalah guru mata pelajaran kewirausahaan kelas XII, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data, proses reduksi data, menarik kesimpulan, dan penyajian data

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) penerapan nilai karakter kedisiplinan dan kejujuran pada pembelajaran kewirausahaan kelas XII di SMK Karya Dharma 2 Trenggalek dikembangkan melalui siswa praktik kewirausahaan mengelola koperasi siswa yang difasilitasi oleh sekolah dengan membuat laporan sesuai hasil transaksi yang terjadi, apabila siswa yang tidak tertib dengan peraturan yang telah disepakati bersama maka akan terkena pelanggaran dan tercatat didalam buku pengendalian siswa (2) hasil setelah menerapkan nilai karakter kedisiplinan dan kejujuran pada pembelajaran kewirausahaan kelas XII di SMK Karya Dharma 2 Trenggalek siswa kewirausahaan dapat dilihat dari peningkatan perilaku dalam suatu kegiatan belajar siswa dengan cara praktik mengelola suatu usaha terdapat peningkatan terhadap nilai karakter kejujuran yang mana siswa sudah mulai memunculkan jiwa wirausaha dengan prinsip jujur dalam suatu perkataan, pekerjaanya sehingga menjadikan dirinya menjadi lulusan siap kerja. Untuk hasil penerapan nilai kedisiplinan yaitu siswa menjadi lebih tertib dan disiplin dalam pengumpulan dari laporan praktik berwirausaha.

ABSTRACT

A character education aims to improve the quality of implementation and the results of education in schools leads to the achievement of the formation of character and morals noble learners in their entirety, integrated and balanced, according to standard of competency graduates. Through a character education is expected to learners capable of independently increase and use their knowledge, reviews and menginternalisasi the value of the value of the character and morals noble so manifest in everyday behavior.

The purpose of this study was to: (1) determine the form of the application of the character values of discipline and honesty on entrepreneurial learning in class XII SMK Karya Dharma 2 Trenggalek (2) Knowing the result of applying the character values of discipline and honesty on entrepreneurial learning in class XII SMK Karya Dharma 2 Trenggalek

To accomplish a purpose above, used the approach of the qualitative study. While methods used in this research is descriptive. A lock is an instrument subject teachers entrepreneurship class XII, and techniques of data collection that is used is observation, the interview, and documentation. Data analyzed by means of data collection, a reduction process data, draw any conclusions, and the presentation of data.

The research results show that, (1) the application of the value of a character discipline and rectitude in learning entrepreneurship class XII in SMK Karya Dharma 2 Trenggalek developed through entrepreneurship students practices manage cooperatives students who facilitated by the school by make a report according to the results of the transaction which happened, if the students who did not orderly with regulations that had been mutually agreed upon they incur an offense and was recorded in the book control students (2) results after implementing the value of a character discipline and rectitude in learning entrepreneurship class XII SMK Karya Dharma 2 Trenggalek entrepreneurship students can be seen from the increase in behavior in a student learning activities by means of management practices an undertaking there has been increasing against the value of a character honesty that which students have already started to eliciting entrepreneurs to the principle of the truth in a thing, the work so make it self ready being a graduate work. To the results of the application of the value of discipline namely students become more orderly and disciplined in the collection of the report entrepreneurship practices.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Miftahusyai'an, Mohammad
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMiftahusyaian, MohammadUNSPECIFIED
Keywords: Nilai Karakter; Kedisiplinan; Kejujuran; dan Kewirausahaan; Value Character; Discipline; Honesty; and Entrepreneurship
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Koko Prasetyo
Date Deposited: 15 Mar 2023 10:56
Last Modified: 05 Jul 2023 13:53
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/48410

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item