Maryana, Maryana (2015) Pengembangan Media Autoplay untuk meningkatkan konsentrasi belajar dan prestasi belajar siswa mata pelajaran geografi kelas X MA Zainul Ulum Ganjaran Gondanglegi Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11130055.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Satu diantara faktor internal yang berpengaruh dalam meningkatkan konsentrasi belajar dan prestasi belajar yang ada di lingkungan sekolah ialah media pembelajaran yang digunakan oleh guru ketika berada di dalam kelas. Penggunaan media autoplay dapat menjadi salah satu alternatif dalam menghadapi permasalahan kejenuhan selama proses pembelajaran Geografi materi tenaga endogen kelas X. Penelitian pengembangan media autoplay bertujuan untuk menghasilkan produk berbasis multimedia untuk Kelas X Geografi di MA Zainul Ulum Ganjaran Gondanglegi Malang yang valid, efektif, dapat meningkatkan konsentrasi belajar dalam pembelajaran geografi. Selain itu tujuan dari penelitian pengembangan media autoplay adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi tenaga endogen yang dipelajari selama kegiatan pembelajaran.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Desain yang digunakan dalam pengembangan autoplay ini adalah mengunakan model desain Dick and Carey. Adapun langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut: mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran, melaksanakan analisis pembelajaran, mengenal tingkah laku masukan dan karakteristik siswa, merumuskan tujuan khusus pembelajaran, mengembangkan butir tes acuan, mengembangkan strategi pembelajaran, menyeleksi dan mengembangkan bahan pembelajaran, merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran, merevisi bahan pembelajaran dan merancang evaluasi sumatif.
Berdasarkan hasil kevalidan, menunjukkan bahwa pengembangan media autoplay Geografi kelas X pada materi tenaga endogen menunjukkan kevalidan. Hal ini terbukti prosentase rata-rata perolehan dari hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan 96% menyatakan valid, hasil validasi oleh guru mata pembelajaran Geografi menunjukkan 95% manyatakan valid, dan hasil validasi oleh ahli desain media menunjukkan 80% valid serta hasil uji coba lapangan menunjukkan 87% valid.
Hasil analisis data menunjukkan, bahwa pengembangan media autoplay kelas X pada materi tenaga endogen ini mampu meningkatkan konsentrasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas X MA Zainul Ulum Ganjaran Gondanglegi Malang. Hal ini berdasarkarkan prosentase rata-rata perolehan hasil belajar pada tes terakhir mencapai 79,7% dibanding tes awal yang hanya berada pada 42,9% yang menunjukkan bahwa terdapat peningkatan 36,8% dari hasil belajar siswa setelah belajar menggunakan media autoplay.
ABSTRACT
One of the internal factors influenced the improvement of concentration in study and the study achievement in the school environment is teaching media used by the teacher in the class. The using of autoplay media can be an alternative for resolving the problems of bored in learning process which in this thesis is about endogen energy of geography in class X. The research about the improvement of autoplay media has goal to make the product based on multimedia for the 10th class of Geography in MA Zainul Ulum Ganjaran Gondanglegi Malang in valid, effective, it can improve the consent of study in Geography lesson. Beside that, the goal of the research of improving autoplay media is to develop study performance for students especially in the material of endogen energy in Geography lesson studied during the learning activity.
The method used in this research is research method and development which is use to make a product and examine the effectiveness of that product. The design used in this lesson material is Dick and Carey design. While the steps to develop are identify the general goal of learning, analyzing of learning, introducing the behavior and characteristic of student, arrange the special goal in learning , improve test standard, improving the lesson strategy, select and develop the lesson material, arrange and evaluate formatively such as the revision of lesson material.
Depend on validity checking, it shows the development of autoplay media in Geography lesson of 10th class especially in endogen energy material shown valid. This is proven which shown the presentation by the material expert in 96% proven valid, the result of validity by the Geography teacher shows 95 %valid, and result validity of design media expert shown 80% valid and the result of testing field shown 87% valid too.
The data analysis shows that the development of autoplay media in 10th class especially about endogen energy material can improve the consent and study performance of student especially in Geography material for 10th class of MA Zainul Ulum Ganjaran Gondanglegi Malang. This result taken depend on the presentation rate in the last test which is reach 79,7%, while the first test arrived 42,9% which is show that there is improvement 36,8% from the result of study lesson after using autoplay media.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rasmianto, Rasmianto | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Autoplay; Geografi; Autoplay Media; Geography | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 15 Mar 2023 10:56 | ||||||
Last Modified: | 15 Mar 2023 10:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/48407 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |