Ainiyah, Siti Hurril (2015) Pengembangan media majalah dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) terpadu untuk meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 3 Babat Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
11130050.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
IPS adalah salah satu mata pelajaran di sekolah, akan seharusnya IPS disajikan melalui suatu proses belajar yang berkualitas agar terjadi kebermaknaan dalam diri siswa. Proses belajar yang berkualitas yaitu baik dari segi sarana prasarana maupun cara belajarnya. Keterbatasan media maupun bahan ajar yang berkualitas merupakan salah satu problematika pendidikan yang dapat menghambat keberhasilan proses pendidikan. Selain itu proses pembelajaran IPS tidak hanya memberikan pengetahuan aspek kognifif saja akan tetapi lebih pada aspek afektif dan psikomotorik. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan pengembangan bahan ajar yang tepat, dan dalam penelitian ini peneliti mengembangkan bahan ajar yang berupa media majalah IPS, di dalam media majalah IPS ini terdapat materi yang mampu mengajak siswa untuk mendapatkan tambahan informasi tentang permasalahan yang dihadapi di kehidupan nyata atau lingkungan sekitar, Sehingga dengan media majalah mampu mengarahkan siswa untuk belajar secara mandiri.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Babat Lamongan, dengan obyek penelitian siswa kelas VIII/E. Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai secara umum adalah untuk menghasilkan produk bahan ajar yang berupa media majalah IPS kelas VIII SMP/MTs yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (penelitian dan pengembangan). Model yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar berupa media majalah IPS ini adalah model Borg & Gall. Subyek penilaian produk untuk kelayakan bahan ajar berupa media majalah IPS terbatas pada tiga ahli, yakni ahli isi/materi, ahli desain media majalah, dan ahli pembelajaran serta sasaran uji coba produk yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Babat Lamongan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media majalah IPS yang dikembangkan ini memiliki tingkat kevalidan, keefektifan, memotivasi dan meningkatkan hasil belajar siswa yang sudah sesuai dengan kebutuhan kondisi pengguna. Sedangkan hasil penyajian nilai pre-test dan post-test dilakukan dengan menggunakan analisis mean (rerata). Diperoleh mean pre-test menunjukkan hasil 52 sedangkan hasil post-test sebesar 79,66 hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 27,66 %.
ABSTRACT
IPS is one of the subjects at schools, IPS should be presented through a quality learning process that occurs significance in students. The learning process is a good quality in terms of infrastructure and ways of learning. Limitations of media and instructional materials quality education is one of the problems that can hamper the success of the educational process. In addition, the IPS learning process does not only provides kognifif aspect knowledge but also more on affective and psychomotor aspects. To overcome this requires the development of appropriate teaching materials, and in this research researchers developed teaching materials in the form of IPS media magazine, in this IPS media magazine there are materials capable invites students to get additional information about the problems faced in real life or the environment, So the media magazine capable of directing students to learn independently.
This research was conducted in SMP Negeri 3 Babat Lamongan, with the object of class VIII student research E. The research aimed to be achieved generally is to produce product teaching materials in the form of IPS media magazine class VIII SMP/MTs that can improve student result.
The method used in this research is the Research and Development method (R&D). The model used in the development of teaching materials in the form of IPS media magazine is a model Borg & Gall. The product assessment subjects to expendiency the teaching materials in the form of IPS media magazine is limited to three experts, namely the content expert / materials, magazines media design expert, and learning experts and target product trials are all students of class VIII SMP Negeri 3 Babat Lamongan.
The results showed that the IPS media magazine developed has level of validity, effectiveness, motivate and improve the result of student learning that are in accordance with the needs of the user conditions. While the presenting results the pre-test and post-test of the value carried out by using the mean (average) analysis. The mean pre-test showed results of 52 smaller than the results of the post-test of 79.66 the results of the analysis indicate that there is an increase in the result learning of 27.66%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rasmianto, Rasmianto | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan; Media Majalah; IPS; Development; Media Magazine; IPS | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 15 Mar 2023 10:56 | ||||||
Last Modified: | 15 Mar 2023 10:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/48400 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |