Rohmasari, Yuvita (2015) Pengaruh pemahaman Economy Literacy dan tingkat rasionalitas terhadap kecenderungan berkonsumsi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11130045.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Perilaku konsumerisme siswa dalam hal rasioanalitas ekonomi sebagai tindakan yang mencerminkan kecenderungan untuk bertindak sesuai dengan prinsip ekonomi telah dikenal oleh siswa sejak mereka berada di lingkungan keluarga maupun masyarakat. Pemahaman berikutnya melalui pendidikan di sekolah formal. Dalam kecenderungan berkonsumsi siswa membeli barang hanya untuk memenuhi kepuasan dan keinginannya bukan kebutuhan. Dengan demikian dalam melakukan aktivitas ekonomi siswa diharapkan memiliki pemahaman economy literacy dan tingkat pemikiran rasional dalam berkonsumsi. Kecenderungan berkonsumsi pada remaja dapat dipengaruhi oleh pemahaman economy literacy di dalam sekolah dan pemikiran rasional.
Tujuan penelitian ini adalah:(1) Menjelaskan pengaruh pemahaman economy literacy terhadap kecenderungan berkonsumsi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Malang. (2) Menjelaskan pengaruh tingkat rasionalitas terhadap kecenderungan berkonsumsi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Malang. (3) Menjelaskan pengaruh pemahaman economy literacy dan tingkat rasionalitas secara simultan terhadap kecenderungan berkonsusmsi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Malang.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket dan tes yang merupakan penilaian untuk mengukur pemahaman economy literacy. Pengujian instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan metode analisis data menggunakan regresi linier berganda, dengan jumlah responden 79 siswa.
Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) pemahaman economy literacy berpengaruh negatif signifikan terhadap kecenderungan berkonsumsi secara parsial sebesar -0,478 (2) tingkat rasionalitas berpengaruh positif signifikan terhadap kecenderungan berkonsumsi secara parsial sebesar 0,363 (3) secara simultan kedua variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat dengan menggunakan uji F menghasilkan nilai F hitung = 4,955 > F table = 3,12. Adapun nilai R square 0,115 (11,5%), dan sisanya 88,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar seluruh siswa untuk meningkatkan pemahaman pengetahuan ekonomi dan tingkat rasionalitas dengan melakukan managemen pengelolaan uang saku dan menabung agar dapat berhemat dalam berkonsumsi.
ABSTRACT
Consumption preference of students about economy rasionality as the habit is an action that appropriate with economy principle have known since they live in their family and society. The understanding is continued through education the formal school. For the consumption preference students buy the good only for their satisfication and desire not because it is a necessary. So in the economy activity students can be consider to have understanding about Economy Literacy and rasionality level to consumption. The consumption preference for teenager can be influenced through the understanding of economy literacy in the school and rasionality thinking.
This research is aimed to: (1) Explain the influence between understanding economy literacy and consumption level of students in XI IPS class at SMA Negeri 8 Malang. (2) Explain the influence of rasionality level to consumption preference of students in XI IPS class at SMA Negeri 8 Malang. (3) Explain the influence of understanding economy literacy and rasionality level in simultaneous to consumption preference of students in XI IPS class at SMA Negeri 8 Malang.
To get the goal above, this research used quantitative method. The instruments are questionnaire and test which it is an assessment to measure the understanding about economy literacy. To testing the instruments used test of validity and reliability. Whereas for analysis data method used bifilar linear regression, with the total of responden 79 students.
Through this research it can take the conclusion, that is: (1) understanding about economy literacy can be influenced negative significance for consumption preference in partial amount -0,478 (2) the rasionality level give positive significance for consumption preference in partial amount 0,363 (3) in simultaneous the two independent variabels have significance influence to dependent variabels with using test F give score of F hitung = 4,955 > F tabel = 3,12. The score of R square 0,115 (11,5 %), and the residue is 88,5% be influenced by others variabels that did not mention in this research. Based on the result of this research can be suggestion to all students for improving the understanding about economy knowledge and rasionality level by doing manage the money pocket and saving to be economical in consumption.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Julaihah, Umi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Economy Literacy; Tingkat Rasionalitas; Kecenderungan Berkonsumsi; Economy Literacy; Rasionality Level | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 15 Mar 2023 10:54 | ||||||
Last Modified: | 15 Mar 2023 10:54 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/48396 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |