Nensy, Herlina (2015) Internalisasi sikap sosial dalam proses pembelajaran IPS di MTS Al-Maarif 01 Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11130043.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Sikap sosial yang baik harus dimiliki oleh bangsa Indonesia. Namun kenyataanya saat ini terjadi degradasi dalam hal sikap sosial. Dalam hal ini dapat dilihat banyaknya peserta didik yang membolos sekolah, mencontek, berbohong, melanggar peraturan sekolah, dan berkelahi dengan teman sebayanya. Sikap sosial yang kurang baik tersebut dapat dibenahi melalui dunia pendidikan. Pemerintah mempunyai program yang diwujudkan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Permendikbud No. 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah yang menyatakan bahwa pendidikan tidak hanya mencakup pengetahuan saja namun juga mengembangkan keterampilan dan sikap. Penyadaran ini juga dapat dilakukan melalui proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS agar siswa dapat menyadari sikap yang baik kemudian merealisasikannya dalam bentuk perilaku.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan internalisasi sikap sosial dalam proses pembelajaran IPS di MTs Al-Maarif 01 Singosari Malang, (2) mendeskripsikan kendala dan solusi yang ditempuh dalam internalisasi sikap sosial dalam proses pembelajaran IPS di MTs Al-Maarif 01 Singosari Malang.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis berperan sebagai pemeran serta pengamat dalam observasi. Sedangkan untuk analisis data, penulis menggunakan berbagai teknik pengumpulan data, yaitu dari banyak data yang terkumpul dari catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dikelompokkan dan diorganisasikan sehingga dapat menjawab rumusan masalah yang telah dirumuskan oleh peneliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) internalisasi sikap sosial dalam proses pembelajaran IPS menggunakan berbagai macam cara yakni dengan memberi motivasi, nasihat, membiasakan siswa berperilaku baik, memantau sikap siswa, menegur dan memberikan hukuman ketika siswa melakukan kesalahan, dengan cara-cara yang telah digunakan siswa terlihat baik pada aspek percaya diri, disiplin serta kepedulian siswa terhadap lingkungan dan sesama, namun siswa masih terlihat kurang baik dalam tanggung jawab dan kejujuran, (2) kendala yang ditemui dalam internalisasi sikap sosial yang terjadi berasal dari dalam diri siswa dan lingkungan pergaulan, dari kendala yang ditemukan guru menggunakan beberapa solusi yakni bimbingan melalui kelompok maupun individu, pemberian contoh, serta hukuman fisik kedapa siswa.
ABSTRACT
Good social attitudes must be owned by the Indonesian people. However the reality is currently degradation of social attitudes. In this case it can be seen the number of students who skipped school, cheating, lying, breaking the school rules, and fight with their peers. Poor social attitudes can be addressed through education. The Government has a program that is embodied in Curriculum Education Unit and Permendikbud of No. 64 2013 on the Standards for Primary and Secondary Education which states that education is not only includes knowledge but also develop the skills and attitudes. This awareness can also be done through the social studies subjects so that students can realize a good attitude then realized in the form of behavior.
The purpose of this study was to: (1) describe the internalization of social attitudes in IPS Subjects in MTs Al-Maarif 01 Singosari Malang , (2) describe the constraints and the solutions adopted in the internalization of in IPS Subjects in MTs Al-Maarif 01 Singosari Malang.
To achieve the objective above, the study used a qualitative approach to the type of case study research. Collecting data used the method of observation, interviews and documentation. Writer was as actor and observer in the observation. As for the data analysis, the author used a variety of data collection techniques, ie from the many data collected from field notes, interviews and documentation. Then grouped and organized so as to answer the formulation of the problem that has been formulated by the researcher.
The results showed that, (1) internalization of social attitudes in social studies that using a variety of ways by giving motivation, advice, familiarize students well behavior, watching the attitude of the students, reprimanded and
imposed penalties when students making mistakes, in ways that have used student looks good on aspects of self-confidence, discipline and concern for the environment and students, but students still llooked less good in responsibility and honesty, (2) constraints encountered in the internalization of social attitudes that occurred came from within the students and milieu , from the constraints found that teachers used multiple solutions through group and individual guidance, giving examples, as well as corporal punishment to students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Sikap Sosial; Proses Pembelajaran IPS; Social Attitudes; IPS Subjects | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 15 Mar 2023 10:54 | ||||||
Last Modified: | 10 Jul 2023 14:17 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/48392 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |