Qilaliyah, Saidatul (2015) Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa kelas X di SMK Negeri 2 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11130042.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Minat merupakan sifat yang relative menetap pada diri seseorang dimana keberadaanya akan sangat mempengaruhi kinerja. Pengaruh minat sangatlah besar terhadap kegiatan yang dilakukan oleh seseorang. Sebab apabila seseorang memiliki minat yang kuat akan sesuatu pekerjaan maka sesulit apapun pekerjaan tersebut akan ia coba selesaikan dengan baik. sebaliknya apabila seseorang tidak memiliki minat terhadap sesuatu pekerjaan maka pekerjaan tersebut tidak akan dapat diselesaikan dengan baik
Tujuan penelitian ini adalah (1) menjelaskan pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Siswa kelas X SMK Negeri 2 Malang, (2) Menjelaskan pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha siswa kelas X SMK Negeri 2 Malang, (3) Menjelaskan pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha siswa kelas X SMK Negeri 2 Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, instrument yang digunakan berupa angket dan dokumentasi. populasi dalam penelitian ini adalah siswi kelas X SMK Negeri 2 Malang jumlah 640 siswi dengan mengambil sampel 160 dari polulasi siswa, Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana, determinasi, Uji t dan Uji F.
Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa: (1) Koefisien korelasi antara variabel Pendidikan Kewirausahaan (X1) dengan Lingkungan Keluarga (Y) menunjukkan hasil yang berpengaruh secara signifikan, yaitu dapat dilihat dari hasil penelitian yang ada dimana hasil thitung lebih besar dari ttabel yaitu 7,929 > 1,564 dengan signifikansi 0,000. (2) Koefisien korelasi antara variabel Lingkungan Keluarga (X2) dengan Minat Berwirausaha (Y) menunjukkan hasil yang berpengaruh secara signifikan, yaitu dapat dilihat dari hasil penelitian yang ada dimana hasil thitung lebih besar dari ttabel yaitu 5,460 > 1,654 dengan signifikansi 0,000. (3) Koefisien korelasi antara Pendidikan Kewirausahaan (X1) dan Lingkungan Keluarag (X2) terhadap Minat Berwirausaha (Y) menunjukkan hasil yang signifikan, yaitu yang dilakukan dengan uji F (uji serentak). Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 65,774 > 3,06 dan probabilitas < α yaitu 0,000 < 0,05, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara bersamasama terdapat pengaruh positif signifikan antara Pendidikan Kewirausahaan (X1) dan Lingkungan Keluarga (X2) terhadap Minat Berwirausaha (Y).
ABSTRACT
Interest is relatively in a person naturally where its presence will greatly affect performance. Interest Influence is enormous to the activities carried out by someone. when a person has a strong interest about job, as difficult as the job will try to finish it well. conversely, if a person does not have an job interest will not be completed well
The purposes of this study were (1) describing the influence of entrepreneurship education on entrepreneurship Interests of Students of class X SMKN 2 Malang, (2) Describing the influence of family field on the entrepreneurship interest of class X SMKN 2 Malang, (3) Describing the effects of Entrepreneurship Education and family field on the entrepreneurship interest of class X SMKN 2 Malang
This research was quantitative, instrument used in the form of questionnaires and documentation. population in this study were students of class X SMKN 2 Malang r of 640 students by taking 160 samples of students population, analysis of the data used in this study was simple regression analysis, determination, t Test and F Test.
The results of the research that has been done stating that: (1) The coefficient of correlation between the variables of Entrepreneurship Education (X1) with the Family field (Y) showed a significant influence, which can be seen from the results of existing research where the results tcount was greater than t table namely 7.929> 1.564 with 0.000 significance. (2) The correlation coefficient between Family field variables (X2) with entrepreneurship interest (Y) showed a significant influence, which can be seen from the results of existing research where the results of tcount is greater than t table was 5.460> 1.654 with 0.000 significance. (3) The coefficient of correlation between Entrepreneurship Education (X1) and Family field (X2) against the Entrepreneurship interest (Y) showed significant results, which were conducted by Ftest (simultaneous test). Based on the calculation result was known that Fcount was greater than Ftable, namely 65.774> 3,06 and the probability <α ie 0.000 <0.05, meaning that Ho was rejected and Ha accepted. Thus it can be concluded that there was a significant positive effect between Entrepreneurship Education (X1) and Family field (X2) against the Entrepreneurship interest (Y).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Kewirausahaan; Lingkungan Keluarga; Minat Berwirausaha; Entrepreneurship Education; Family field; Entrepreneurship Interests | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 15 Mar 2023 10:55 | ||||||
Last Modified: | 10 Jul 2023 14:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/48389 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |