Choirunnisa, Choirunnisa (2015) Penerapan pembelajaran Jeopardy Game dengan menggunakan kombinasi Metode Small Group Discussion dan Team Game Tournament dalam meningkatkan aktivitas belajar IPS Siswa Kelas VIII-A SMPN 3 Trenggalek. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11130028.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan ditentukan oleh proses belajar mengajar yang dialami peserta didik. Kegiatan pembelajaran di kelas memerlukan adanya keaktifan belajar siswa, partisipasi siswa dalam pembelajaran dan komunikasi interaktif antara siswa dengan guru. Pemilihan dan penerapan metode pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Salah satu metode pembelajaran yang bisa diterapkan untuk melibatkan partisipasi aktif siswa dalam kegiatan belajar adalah pembelajaran jeopardy game dengan kombinasi metode small group discussion dan team game tournament. Dengan menerapkan metode pembelajaran ini, diharapkan kualitas pembelajaran meningkat, sebab pada pembelajaran ini keaktifan siswa lebih diutamakan.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menerapkan pembelajaran jeopardy game dengan menggunakan kombinasi metode small group discussion dan team game tournament, (2) untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa kelas VIII A dengan menggunakan pembelajaran jeopardy game dengan kombinasi metode small group discussion dan team game tournament. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain: observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Urutan kegiatan penelitian mencakup 4 tahap yang meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pembelajaran jeopardy game dengan menggunakan kombinasi metode small group discussion dan team game tournament, ada beberapa tahap yaitu: pembagian kelompok, penyajian materi, diskusi kelompok, game dan tournament, serta penghargaan kelompok. Penerapnnya sudah bagus dan efisien meskipun terdapat hambatan dalam pelaksanaannya, akan tetapi pada hal ini mendapatkan respon yang baik dari siswa, (2) penerapan pembelajaran jeopardy game dengan menggunakan kombinasi metode small group discussion dan team game tournament, sangat efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa karena siswa dapat terlibat aktif secara langsung, dan memiliki rasa kompetisi yang tinggi. Peningkatan aktivitas belajar siswa, terlihat dari persentase hasil peningkatan yang diperoleh pada lembar obsevasi yaitu mulai dari: 42, 55 dan 80. Peningkatan aktivitas ini juga didukung dengan meningkatnya pemahaman siswa yang dapat dilihat dari peningkatan nilai evaluasi siswa pada pra tindakan, siklus I dan siklus II yang prosentasenya mulai dari 54,84%, 70,97% dan 90,32%.
ABSTRACT
Success in achieving the purpose of education is determined by teaching- learning process experienced by learners. Learning activity in the classroom requires the students are participate actively, student’s participation in the learning and interactive communication between students and teachers.. Selection and application of appropriate learning methods can increase student learning activities. One methods that can be applied to involve student’s participation is Jeopardy Game using combination of Small Group Discussion and Team Game Tournament methods. By applying this methods of learning, hopefully the learning quality will be increased because this methods of learning priorities student’s active participation.
The purpose of this research is: (1) to apply Jeopardy Game using combination of Small Group Discussion and Team Game Tournament methods, (2) to increase social science learning activity for VIII A grade by using combination of Jeopardy Game with Small Group Discussion and Team Game Tournament methods. The researcher uses qualitative approach type classroom action research. The technique used in collecting data is: observation, interview, test, and documentation. The sequence of research includes 4 stages, that include : (1) planning, (2) implementation, (3) observation, and (4) reflection.
The research resulted: (1) applying Jeopardy Game using combination of Small Group Discussion and Team Game Tournament methods, there are some phases: including dividing groups, presenting material, group discussion, game and tournament, and also giving reward. The application is very good and efficient although there are many obstacles in implementing the methods learning, however it evokes good responses from the students, (2) applying Jeopardy Game using combination of Small Group Discussion and Team Game Tournament method is very effective in increasing student learning activity because by this method, the students are directly participate actively, and having feel high competition. The improvement of students' learning activities can be reviewed from percentage of improvement in the observation sheet, with the percentage: 42, 55 and 80. This increase in activity was also supported by understanding of the students which can be seen from the increase in the value of students evaluation of pre-test, cycle I, cycle II, and cycle III with the percentage: 54,84%, 70,97% and 90,32%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Jeopardy Game; SGD; TGT; Aktivitas Belajar IPS; Jeopardy Game; SGD; TGT; Social Science Learning Activities | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 14 Mar 2023 09:11 | ||||||
Last Modified: | 14 Mar 2023 09:11 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/48368 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |