Wichaksono, Kukuh (2015) Pengaruh motivasi belajar dan interaksi belajar mengajar terhadap prestasi belajar Siswa Kelas VII mata pelajaran Ilmu Penegtahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Jenderal Sudirman Kalipare Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11130022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Prestasi belajar merupakan tujuan bagi sebagian besar siswa, sehingga banyak cara akan dilakukan siswa untuk menggapai prestasi yang dinginkan, hal itu akan berkenaan dengan interaksi dan motivasi, di mana kedua faktor tersebut akan saling mempengaruhi pencapaian prestasi belajar. Interaksi yang baik antara guru dan siswa akan menimbulkan motivasi belajar secara maksimal, oleh karena itu ada baiknya ketika guru sebagai fasilitator mampu menciptakan interaksi belajar yang kondusif sehingga siswa dapat mengembangkan motivasi belajar yang baik. Demi tercapainya cita-cita bersama yakni prestasi belajar yang diinginkan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) menjelaskan apakah ada pengaruh positif signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII di SMP Jenderal Sudirman Kalipare, (2) menjelaskan apakah ada pengaruh positif signifikan antara interaksi belajar mengajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII di SMP Jenderal Sudirman Kalipare, (3) Menjelaskan apaka ada pengaruh positif signifikan antara motivasi belajar dan interaksi belajar mengajar secara bersama terhadap prestasi bealajar siswa mata pelajaran IPS di SMP Jenderal Sudirman Kalipare.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ekplanasi. Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket untuk mengukur seberapa besar motivasi dan interaksi belajar sedangkan hasil UAS semester ganjil Tahun Ajaran 2014/2015 digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa. Pengujian instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase, regresi berganda, uji hipotesis dan uji asumsi klasik. Dengan jumlah responden 70 siswa.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa: (1) ada pengaruh positif signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasai belajar sebesar 0.417 atau 41,7% (2) ada pengaruh positif signifikan antara Interaksi belajar mengajar terhadap prestasai belajar sebesar 0.414 atau 41,4% (3) hasil uji secara simultan antara variabel bebas terhadap variabel terikat menggunakan uji F menghasilkan nilai F hitung = 13.160 > F table = 3,13 dengan taraf sig F 0,000 < 0,05. Adapun nilai R square 0,282 (28,2 %), dan sisanya 72,8 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian. Dilihat dari hasil penelitian, dapat dikatakan dengan adanya motivasi belajar dan interaksi belajar mengajar yang baik akan mempengaruhi prestasi belajar yang baik pula.
ABSTRACT
Learning achievement is the goal for most students, so many ways will be student achievement to reach the chill, it will be with regard to the interaction and motivation, in which both these factors will affect each learning achievement. Good interaction between teacher and student learning motivation will lead to the maximum, therefore it is better when the teacher as a facilitator able to create a conducive learning interaction so that students can develop good learning motivation. In order to attain the goal with the achievement of the desired learning.
The purpose of this study was to: (1) clarify whether there is a significant positive influence between motivation toward learning achievement social studies in junior high school students of class VII Jenderal Sudirman Kalipare, (2) clarify whether there is a significant positive effect between teaching and learning interactions on learning achievement social studies in junior high school students of class VII Jenderal Sudirman Kalipare, (3) Explain apaka no significant positive effect of interaction between learning motivation and learning together against bealajar student achievement in junior high school social studies Sudirman Kalipare.
To achieve the above objective, quantitative research approach was used with this type of research explanation. The instrument used in the form of a questionnaire to measure how much motivation and learning interaction while the results UAS semester Academic Year 2014/2015 are used to measure student achievement. Tests using the instrument validity and reliability. While the method of data analysis using descriptive analysis percentage, regression, hypothesis testing and classical assumption. The number of respondents 70 students.
Results of the research that has been done stating that: (1) there is a significant positive influence between motivation toward learning prestasai of 0417 or 41.7% (2) there is a significant positive effect between teaching and learning interactions to learn prestasai of 0414, or 41.4% (3) test results simultaneously between the independent variables on the dependent variable using the F test resulted in the value of F count = 13,160> F table = 3.13 with the standard of F sig 0.000 <0.05. The value of R square 0,282 (28.2%), and the remaining 72.8% is influenced by other variables that are not mentioned in the study. Judging from the results, it can be said with the motivation to learn and a good teaching and learning interactions will affect the learning achievement are good also.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Julaihah, Umi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Motivasi; Interaksi Belajar Mengajar dan Prestasi Belajar; Motivation; Learning Interactions Teaching and Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 14 Mar 2023 09:10 | ||||||
Last Modified: | 14 Mar 2023 09:10 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/48358 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |