Wardhana, Aliimuddin Yon (2013) Penerapan metode pembelajaran Index Card Match untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi bentuk-bentuk hubungan sosial di kelas VIII-C MTsN Plandi Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09130025.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA :
Proses kegiatan pembelajaran pada umumnya masih sering ditemui kurang adanya keterlibatan siswa. Kecenderungan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas sampai saat ini masih didominasi oleh metode ceramah. Dimana metode ini tidak begitu banyak mengembangkan kemampuan berfikir siswa terutama dalam memecahkan suatu permasalahan. Di MTsN Plandi Jombang khususnya siswa kelas VIII-C hingga saat ini dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar mata pelajaran IPS khususnya materi bentuk-bentuk hubungan sosial mengalami prestasi belajar yang kurang baik. Dalam pelaksanaan pembelajaranya siswa hanya mendengarkan materi yang dijelaskan oleh guru dan siswa mencatat hal-hal yang dianggapnya penting saja. Salah satu alternative metode pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan adalah Index Card Match.
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran dengan metode pembelajaran Index Card Match untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi bentuk-bentuk hubungan sosial di kelas VIII-C MTsN Plandi Jombang; (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan metode pembelajaran Index Card Match untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi bentuk-bentuk hubungan sosial di kelas VIII-C MTsN Plandi Jombang; (3) Untuk mendeskripsikan penilaian pembelajaran dengan metode pembelajaran Index Card Match untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi bentuk-bentuk hubungan sosial di kelas VIII-C MTsN Plandi Jombang.
Penelitian yang penulis lakukan ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan beberapa metode yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data kualitatif dan data kuantitatif yang penulis peroleh selama melakukan pengamatan langsung di lapangan.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Index Card Match dapat meningkatkan pretasi belajar siswa khususnya pada materi bentuk-bentuk hubungan sosial yang dilihat dari nilai hasil akhir belajar siswa. Ini terbukti bahwa nilai rata-rata siswa pada saat pre tes 56,86 meningkat menjadi 80,00 pada siklus I dan pada siklus II menjadi 89,43. Prosentase peningkatan masing-masing siklus juga terbukti mengalami peningkatan, dari pre tes ke siklus I meningkat 40,69 % dan dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 11,79 %.
ENGLISH :
The process of learning activities in general are often encountered a lack of involvement of students. The tendency of teaching and learning activities in the classroom is still dominated by the lecture method. Where this method is not so much to develop students' thinking skills, especially in solving a problem. In MTsN Plandi Jombang specifically class VIII-C to date in the implementation learning activities IPS lesson specifically material various social relations experiencing achievement that are less good. In the implementation of learning the students just listen to the material described by teachers and students record things it deems important. One of alternative learning method active, innovative, creative, effective and fun is Index Card Match.
The purpose of this research are (1) to describe the learning plan with learning method Index Card Match to increase student achievement material various social relations class VIII-C MTsN Plandi Jombang, (2) To describe the implementation of learning with the learning method Index Card Match to increase student achievement material various social relations class VIII-C MTsN Plandi Jombang, (3) to describe the learning assessment with the learning method Index Card Match to increase student achievement material various social relations class VIII-C MTsN Plandi Jombang.
Research is done by the author are included in classroom action research (CAR). The data collection in this research was implemented using several methods of observation, interviews, tests, and documentation. As for analysis, the authors use qualitative descriptive analysis techniques, namely in the form of qualitative data and quantitative data that the authors obtained during direct observation.
From the results showed that the Index Card Match method can increase learning achievement students especially material various social relations seen from the value of student learning outcomes. This proves that the average value of students in the pre test 56,86 increased to 80,00 in the cycle I and the cycle II to be 89,43. The percentage increase in each cycle is also proven has increased from pre test to cycle I increased 40.69% and from cycle I to cycle II also increased by
11.79%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asmaningtias, Yeni Tri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Index Card Match; Prestasi Belajar; Methods Index Card Match, Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 14 Mar 2023 09:06 | ||||||
Last Modified: | 14 Mar 2023 09:06 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/48350 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |