Responsive Banner

Pengembangan media pembelajaran berbasis permainan Monopoli materi bank dan lembaga keuangan bukan bank kelas X LIS-1 di MA Bilingual Batu

Sa'diah, Datin Ima (2015) Pengembangan media pembelajaran berbasis permainan Monopoli materi bank dan lembaga keuangan bukan bank kelas X LIS-1 di MA Bilingual Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
11130016.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Penelitian Pengembangan ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa pembelajaran Ekonomi pada materi bank dan lembaga keuangan bukan bank berdasrkan wawancara guru kelas X MA Bilingual Batu, mengatakan bahwa untuk materi bank dan lembaga keuangan bukan banksulit dipahami oleh siswa, selain itu siswa hanya menggunakan buku pedoman LKS. Oleh karena itu perlu adanya mdia pembelajaran permainan monopoli yang mampu menyajikan bentuk yang menarik dari materi itu sendiri. Media permainan monopoli ini dapat mebuat siswa lebih mudah memahami materi bank dan lembaga keuangan bukan bank.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media permainan monopoli pembelajaran Ekonomi pada materi bank dan lembaga keuangan bukan bank yang dapat dijadikan sebagai alternativ dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang ditentukan, selain itu untuk mengetahui kelayakan dari pengembangan media permainan monopoli, dan untuk mengetahui perbedaan nilai hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media permainan monopoli. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Metode penelitian ini adalah Research and Development, yang mengacu pada model Dick and Carey.

Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran ini berbasis permainan monopoli pada materi bank dan lembaga keuangan bukan bank. Melalui kriteria valid dengan hasil uji coba ahli desain mencapai tingkat kevalidan 75% termasuk kriteria cukup valid, ahli isi materi mencapai tingkat kevalidan 95% termasuk kriteria valid, ahli pembelajaran 79,1% termasuk kriteria valid. Tingkat kemenarikan 86,57 % termasuk kriteria menarik. Hasil belajar siswa rata-rata nilai Pre-Test 66,6 dan nilai Post-Test 83,52 pada uji-t manual dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh hasil Thitung lebih besar dari Ttabel yaitu 4,74 > 1,711 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan terhadap media permainan monopoli yang dikembangkan.hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualifikasi tingkat kevalidan yang tinggi, sehingga media permainan monopoli layak digunakan dalam pembelajaran

ABSTRACT

This Development research is motivated by the fact that the learning of Economics – bank material and non-bank financial institutions based on interview of teacher MA Bilingual of Batu, X class, said that the bank material and non bank financial institutions is hard to be understood by the students, in other side, the students use the guidebook LKS only. Therefore it is necessary for learning media of monopoly game that is able to present an attractive form of material itself. This media of monopoly game makes students understand easily the bank material and non-bank financial institutions.

The purpose of this research is to produce the result of monopoly game media -Economic learning of bank material and non-bank financial institutions that can be used as the alternative in achieving the specified learning objectives, in addition to determine the feasibility of development of the monopoly game media, and to know the value of learning outcomes before and after using the monopoly game media. The research type used by the researcher was a descriptive analysis of qualitative and quantitative data. This research method is Research and Development, which refers to the model of Dick and Carey.

The research Results of this learning media development based on monopoly games on the bank material and non-bank financial institutions, Through the valid criteria with test results of design experts reached the level of validity of 75% including quite valid criterion, experts of validity material content reached the level of 95% including a valid criterion, learning experts reached 79.1% including valid criteria. The attractiveness level of 86.57%, including interesting criteria. The Student learning outcomes of average value was 66.6 for Pre-Test and Post-Test was 83.52 on the t-test manually with a significance level of 0.05 was obtained Thitung results greater than Ttabel - 4.74 > 1.711 - means that Ho is rejected and Ha received. So there is a significant difference against monopoly media developed. The cases show that the product developed has the qualification level of high validity, so the monopoly game media is fit for use in learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Pusposari, Luthfiya Fathi
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDPusposari, Luthfiya FathiUNSPECIFIED
Keywords: Media Pembelajaran; Permainan Monopoli; Bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank; Learning Media; Monopoly game; Bank and Non-Bank Financial Institutions
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Koko Prasetyo
Date Deposited: 14 Mar 2023 09:07
Last Modified: 14 Mar 2023 09:08
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/48336

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item