Pemberdayaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Sekolah (MGMPS) dalam meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Batu

Azhari, Syihab (2008) Pemberdayaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Sekolah (MGMPS) dalam meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Batu. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
04110135.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (924kB) | Preview

Abstract

Profesi seorang guru tidak hanya dituntut menguasai ilmu pengetahuan yang diajarkan daloam segi kognitif saja, melainkan guru harus mampu menampilkan keteladanan sebagai pengajar dan pendidik melalui pemanfaatan afektif dan psikomotorik selain itu peningkatan mutu dan hasil pendidikan yang dihadapkan pada tuntutan kualitas layanan guru PAI dalam proses pembelajaran, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan, pelayanan, serta kemampuan yang dimiliki oleh guru bervariasi, berdasarkan kondisi tersebut berbagai upaya perbaikan, pengembangan dan peningkatan kemampuan profesinal guru terus dilakukan maka, didirikan suatu forum atau wadah penampung kesulitan-kesulitan guru dalam kegiatan belajar mengajar di kelas masing-masing, yaitu dengan membentuk program Musyawarah Guru Mata Pelajaran Sekolah (MGMPS),.SMP Negeri 2 Batu merupakan salah satu lembaga pendidikan Negeri yang berada dalam naungan Diknas, yang memiliki latar belakang tenaga kependidikan di bawah standart profesionalisme, khususnya pada guru Pendidikan Agama Islam (GPAI). Oleh karena itu penulis ingin membahas masalah tersebut dalam skripsi dan mengambil judul ”Pemberdayaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Sekolah (MGMPS) dalam upaya meningkatkan profesional Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Batu”. Dengan rumusan masalah, bagaimana pemberdayaan musyawarah guru mata pelajaran sekolah (MGMPS) dalam meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Batu, daan bagaimana kendala pemberdayaan musyawarah guru mata pelajaran sekolah (MGMPS) dalam meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Batu dan upaya dalam mengatasi kendala tersebut.

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemberdayaan musyawarah guru mata pelajaran sekolah (MGMPS) dalam meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Batu, dan untuk mengetahui kendala pemberdayaan musyawarah guru mata pelajaran sekolah (MGMPS) dalam meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Batu serta untuk mengetahui upaya mengatasi kendala tersebut. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif dengan mempergunakan teknik-teknik penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu teknk observasi yang dilakukan untuk memperoleh data dalam pelaksanaan kegiatan MGMPS dan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru-guru PAI. Wawancara digunakan untuk memperoleh data dari sumber-sumber data baik guru PAI sebagai pengurus maupun sebagai peserta, juga studi dokumentasi penulis lakukan untuk memperoleh data dari dokumen yang diperlukan dalam penelitian. Teknik pengumpulan data ini masing-masing tidak berdiri sendiri melainkan satu sama lain saling melengkapi dalam memperoleh data dan informasi yang diperlukan dalam penelitian.

Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pembelajaran PAI dan hasil belajar siswa melalui penggunaan metode-metode pembelajaran yang lebih memperhatikan siswa terutama dengan melakukan penelitian tindakan kelas. Kegiatan tersebut dilakukan oleh guru secara berkelompok dengan persiapan dan pelaksanaan yang lebih matang. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pembinaan yang dilakukan melalui kegiatan MGMPS berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran PAI dan hasil belajar siswa tergantung pada motivasi guru dalam mengimplementasikan hasil kegiatan MGMPS dalam kegiatan belajar mengajar serta dukungan perhatian dari seluruh pihak terkait, sebagai hasil penelitian ini direkomendasikan pada para guru PAI, kepala sekolah, untuk dapat mengimplementasikan hasil kegiatan MGMPS PAI didalam kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sahlan, Asmaun
Keywords: MGMPS; Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 08 Sep 2016 09:06
Last Modified: 08 Sep 2016 09:06
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4829

Actions (login required)

View Item View Item