Pengembangan pembelajaran PAI dalam membina sikap religius siswa di SMPN 1 Prambon Sidoarjo

Azizah, Niswatul (2008) Pengembangan pembelajaran PAI dalam membina sikap religius siswa di SMPN 1 Prambon Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
04110133.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam menghadapi berbagai kendala dalam pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam yang sangat komprehensip, yakni membentuk perilaku dan kepribadian individu sesuai dengan prinsip-prinsip dan konsep Islam dalam mewujudkan nilai-nilai moral dan agama sebagai landasan pencapaian tujuan pendidikan nasional (tujuan dunia akhirat). Dan untuk pencapaian tujuan tersebut kurang didukung dengan program dan fasilitas yang seharusnya ada. Seperti yang terjadi di sekolah umum seperti SMP dan SMA, yang mempunyai alokasi waktu pelajaran hanya 2 jam pelajaran dalam setiap minggunya. Hal itu sebagai salah satu contoh yang merupakan kendala dalam PAI dan masih banyak lagi lainnya. Dari situlah, muncul pertanyaan apakah mungkin kegiatan pembelajaran PAI yang ada disekolah umum dapat mencapai tujuan pendidikan agama Islam secara maksimal? dan khususnya mampu menanamkan sikap religius pada diri siswa.

Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul pengembangan pembelajaran PAI dalam upaya membina sikap religius siswa di SMPN 1 Prambon Sidoarjo. Dengan mengungkap tentang bagaimana proses pengembangan pembelajaran PAI dalam upaya membina sikap religius siswa, apa saja yang menjadi kendala dalam pengembangan pembelajaran PAI dalam membina sikap religius siswa, dan upaya apa saja yang dilakukan dalam mengatasi kendala-kendala dalam pengembangan pembelajaran PAI dalam membina sikap religius siswa. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam kategori penelitian deskriptif kualitatif, yakni dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan untuk analisisnya penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa suatu teknik yang menggambarkan, menguraikan, dan menginterpretasikan arti data-data yang terkumpul dengan memberi perhatian dan merekam sebanyak mungkin aspek situasi yang diobservasi, sehingga memperolah gambaran secara umum dan menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.

Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwasannya dalam pengembangan pembelajaran PAI dalam membina sikap religius siswa di SMPN 1 Prambon Sidoarjo memiliki dua jalur pengembangan, yakni pembelajaran yang bersifat formal yang berlangsung dikelas dan pembelajaran yang non formal yang berlangsung diluar kelas dan diwujudkan dalam kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan rutianan sekolah. Kegiatan-kegiatan yang ada dalam usaha pengembangan pembelajaran PAI itu salah satu alasannya adalah untuk mensiasati adanya kendala-kendala dalam pengembangan pembelajaran PAI dalam membina sikap religius siswa dan merupakan upaya konkrit yang dilakukan oleh sekolah dalam tujuan terciptanya generasi yang mempunyai sikap religius. Demikian abstrak skripsi ini, yang kurang lebih dapat memberikan gambaran umum tentang isi dari skripsi ini secara keseluruhan. Dan penulis membutuhkan masukan atau saran agar skripsi ini tidak akan berhenti sampai disini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sahlan, Asmaun
Keywords: Pengembangan Pembelajaran; Sikap Religius
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 08 Sep 2016 09:07
Last Modified: 08 Sep 2016 09:07
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4822

Actions (login required)

View Item View Item