Pemikiran dan aksi Imam Suprayogo dalam membangun kerjasama kelembagaan

Fatkurrohman, Dafit (2008) Pemikiran dan aksi Imam Suprayogo dalam membangun kerjasama kelembagaan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
04110203.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian ini adalah kemampuan kerjasama Imam Suprayogo dalam perjalanannya sebagai rektor UIN Malang guna pengembangan perguruan tinggi yang ia pimpin. Penelitian ini merumuskan permasalahan sebagai berikut : (1) bagaimana pemikiran Imam Suprayogo dalam memimpin serta mengembangkan UIN Malang ? (2) mengapa pemikiran Imam dalam pengembangan UIN seperti itu, dan (3) apakah tindakan dalam kerjasama dipandang kondusif bagi pengembangan UIN Malang.

Studi ini dilakukan di UIN Malang dengan menggunakan pendekata kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : (1) wawancara, (2) observasi berperan serta (3) dokumentasi. Penelitian ini meletakkan informan dengan teknik purposive sampling yang dipadukan dengan snowball sampling. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui cross-cheek dengan teknik trianggulasi dan diskusi sejawat. Analisa data dilakukan dengan (1) reduksi data, (2) penyajian data (3) kesimpulan (conclusion).

Dari hasil analisa data, ditemukan bahwa: menurut Imam Suprayogo, hidup adalah perjuangan, sedangkan berjuang itu harus berkelanjutan dan itu dibentuk lewat kader. adapun kader bisa dibentuk lewat lembaga pendidikan sedangkan keberhasilan lembaga pendidikan untuk berkembang cepat harus didasari oleh kemampuan lembaga dalam membangun sebuah jaringan.

Bagi Imam Suprayogo keseluruhan proses tersebut selain berorentasi pada tugas juga berorentasi pada hubungan serta orentasi pada tuhan / orentasi ibadah. Usaha dalam rangka pengembangan UIN dapat dipengaruhi oleh pandangan atau pemahaman terhadap ajaran agama. Al qur'an dan Hadist harus difahami secara komprehensi dan itu bisa terlaksana lewat perjuangan melalui pengembangan lembaga yang ia pimpin. Penalaran tersebut selanjutnya diaktualisasika dalam bentuk riil berupa kerjasama antar lembaga guna percepatan pengembangan lembaga yang dipimpinnya.

Berdasarkan diskusi, temuan hasil penelitian ada beberapa yang bisa penulis sampaikan, yaitu : pemikiran tentang konsep pendidikan yang dimungkinkan bisa menjadi alternatif dalam pengembangan perguruan tinggi islam karena konsep pendikan Ulû al-Albâb yang ia cetuskan memungkinkan untuk dijadikan aternatif konsep pendidikan bagi perguruan tinggi islam yang lainnya. Dimana konsep ini telah mengalami aplikasi yang efektif di UIN Malang. Selain itu kemampuan public relations harus dimiliki oleh praktisi pendidikan guna mendukung perubahan tersebut. Kemampuan public relations akan melahirkan kerjasama kelembagaan yang sangat potensial dan penting untuk bisa berkembang sesuai dengan harapan. Selain itu kerjasama juga mampu memberikan percepatan untuk mendukung perguruan tinggi islam seperti yang diharapkan diawal. Berorentasi pada kualitas serta ridho Allah SWT harus menjadi aspek utama dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam, Al-Qur'an dan Hadist telah banyak memberikan tuntunan dalam menentukan pijakan ataupun arah perubahan dan pengembangan yang dilakukan. Pemahaman mendalam akan ajaran islam yang universal akan memotivasi pengelola lembaga pendidikan untuk merealisasikan ajaran islam yang universal tersebut dalam bentuk riil pengembangan.

Agar perubahan dan pengembangan tersebut kondusif seorang praktisi pendidikan islam diharapkan menyadari peran dari tugasnya dan menguasai teknik kerjasama untuk bisa berkembang luas dan cepat sehingga hasil yang diharapkan bisa semaksimal mungkin. Selain itu arah dan tujuan kerjasama harus jelas karena itu akan menentukan corak dan bentuk kerjasama kedepan. Kerjasama dipandang kondusif apabila hal tersebut melahirkan perubahan atau pengembangan kearah yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hady, Samsul
Keywords: Pemikiran Pendidikan Islam; Kerjasama
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indar Erdiana
Date Deposited: 08 Sep 2016 09:15
Last Modified: 08 Sep 2016 09:15
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4820

Actions (login required)

View Item View Item