Mutmainah, Siti (2013) Pengaruh Kreativitas Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X MA AN-NUR Bululawang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09130124_fulltext.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Prestasi belajar merupakan hasil dari apa yang telah dicapai oleh siswa setelah melakukan serangkaian aktivitas belajar yang berupa perubahan tingkah laku baik berupa kognitif, psikomotorik maupun efktif. Prestasi juga akan mempengaruhi langkah selanjutnya dari apa yang akan dilakukan olehn siswa. Karena itulah berbagai mcam cara siswa berusaha semaksiml mungkin untuk memeperoleh prestasi yang baik. Akan tetapi pada kenyataannya sering tidak sesuai dengan apa yang yang diharapkan, dimana hasil belajar siswa belum tentu dapat dicapai dengan baik. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik dari dalam diri siswa sendiri (Internal) seperti Kreativitas belajar dan Motivasi belajar siswa yang merupakan variabel dari penelitian ini, maupun yang datang dari luar diri siswa.
Berpijak dari latar belakang di atas, maka penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X MA An-nur Bululawang Malang. (2) Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X MA. An-nur Bululawang Malang. (3) Pengaruh kreativitas belajar dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi pada kelas X MA An-nur Bululawang Malang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, yaitu penelitian yang ditutut menggunakan angka mulai pengambilan data hingga penampilan dari hasilnya dan bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan antar variabel yang diteliti. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang digunakan untuk mengetahui kreativitas dan motivasi belajar siswa, sedangkan dokumen, yaitu untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linier berganda.
Hasil regresi linier berganda menunjukan besarnya pengaruh sebagai berikut: (1) Pengaruh variabel kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa menunjukan tidak ada pengaruh positif dan signifikan yang ditunjukan oleh besarnya t hitung < t tabel =0,068 > 2,001. (2) Pengaruh variabel motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa menunjukan tidak adanya pengaruh positif dan signifikan yang ditunjukan oleh besarnya t hitung < t tabel = -2,383 < 2,001. (3) Pengaruh variabel kreativitas blajar dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa sebagai variabel terikat secara serentak menunjukan ada pengaruh signifikan yang ditunjukan oleh besarnya nilai F hitung =5,748 > F tabel = 3,155
ABSTRACT
Learning achievement is the result of what has been achieved by the students after conducting a series of learning activities in the form of behavioral changes in the form of cognitive, psychomotor and affective. Achievement will effect the next step of what will be done by students. That's why many students trying maximum way possible to obtain good performance. But in reality often does not match what is expected, which is not necessarily the student learning outcomes can be achieved with either. It is influenced by several factors, both from within the students themselves (Internal) Creativity as student learning and motivation which is a variable of this study, as well as those coming from outside the student.
Based on the background above, this thesis aims to determine (1) Effect of student creativity on student achievement on economic subjects of class X MA An-nur Bululawang Malang. (2) The effect of student motivation on student achievement on economic subjects of class X MA. An-nur Bululawang Malang. (3) Effect of creativity in learning and student motivation on student achievement on economic subjects in class X MA An-nur Bululawang Malang.
The approach used in this study is a quantitative approach to the type of correlational research, it research that using numbers begin collecting data until the appearance of the results and aims to find the relationship between variables studied. The instrument used in this research is a questionnaire that is used to determine the students' creativity and motivation, while the document, which is to determine student achievement. Analysis used in this study is the analysis of linear regression.
Multiple linear regression results showed the influence of the following: (1) The effect of student creativity variables on student achievement showed no positive and significant influence is shown by the large t <t table = 0.068> 2.001. (2) The effect of student motivation variables on student achievement showed no positive and significant influence is shown by the large t <t table = -2.383 <2.001. (3) Effect of variable blajar creativity and motivation to study on student achievement as the dependent variable simultaneously showed no significant effect shown by the magnitude of the calculated F value = 5.748> F table = 3.155.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Kusumadyahdewi, Kusumadyahdewi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kreativitas Belajar; Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar; Creativity Learning, Learning Motivation and Learning Achievement. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2023 11:23 | ||||||
Last Modified: | 06 Apr 2023 13:57 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/48138 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |