Ukhrowi, Wahyu Kharisma (2015) Strategi Mind Mapping untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman belajar siswa mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS 3 di MAN Tlogo Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09130057.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
IPS merupakan mata pelajaran yang sangat penting karena berhubungan dengan kehidupan sehari-hari manusia. Integrasi mata pelajaran IPS sangatlah kompleks salah taunya adalah Sosiologi. Pembelajaran sosiologi seringkali dilaksanakan menggunakan metode ceramah hal ini membuat siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar karena siswa cenderung sebagai pendengar dan pencatat sehingga penanaman pembelajaran sangat kurang. Dengan realita yang seperti itu maka diperlukan metode yang mampu meningkatkan motivasi dan pemahaman belajar agar mendapatkan prestasi yang baik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan proses perencanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi mind mapping untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman belajar siswa kelas XI IPS 3 MAN Tlogo Blitar. (2) Mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan mind mapping untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman belajar siswa kelas XI IPS 3 MAN Tlogo Blitar. (3) Mendeskripsikan proses penilaian pembelajaran dengan menggunakan mind mapping untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman belajar siswa kelas XI IPS 3 MAN Tlogo Blitar.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi, evaluasi hasil belajar dan tes tulis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) proses perencanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi mind mapping untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman belajar siswa kelas XI IPS 3 MAN Tlogo Blitar dilakukan secara optimal dan dilakukan perbaikan di siklus ke dua. (2) proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan mind mapping untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman belajar siswa berjalan dengan baik dan siswa senang dalam proses belajar. (3) proses penilaian pembelajaran dengan menggunakan mind mapping untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman belajar siswa mampu meningkatkan motivasi dan pemahaman belajar.
ABSTRACT
IPS is a subject that is very important because it deals with the everyday life of man. Integration of social studies is very complex one taunya Sociology. Learning sociology lectures are often implemented using this method makes students less active in teaching and learning activities for students tended as a listener and a recorder so that the planting of learning is very less. With reality as it is needed a method that is able to increase the motivation and understanding of learning in order to get good performance.
The purpose of this study was to: (1) describe the planning process of learning by using mind mapping strategies to improve students' learning motivation and understanding of class XI IPS 3 MAN Tlogo Blitar. (2) Describe the implementation process of learning by using mind mapping to enhance the students' learning motivation and understanding of class XI IPS 3 MAN Tlogo Blitar. (3) Describe the process of assessment of learning by using mind mapping to enhance the students' learning motivation and understanding of class XI IPS 3 MAN Tlogo Blitar.
To achieve the above objectives, used a qualitative approach to classroom action research carried out by two research cycles. Data collection techniques used were observation, evaluation of learning outcomes and written tests.
The results showed that, (1) the planning process of learning by using mind mapping strategies to improve students' learning motivation and understanding of class XI IPS 3 MAN Tlogo Blitar performed optimally and made improvements in cycle two. (2) the process of implementation of learning by using mind mapping to enhance the students' learning motivation and understanding goes well and happy students in the learning process. (3) the assessment of learning by using mind mapping to improve motivation and understanding of student learning can improve learning motivation and understanding.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Julaihah, Umi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Mind Mapping; Motivasi dan Pemahaman Belajar; Sosiologi; Mind Mapping, Understanding Motivation and Learning; Sociology | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2023 11:24 | ||||||
Last Modified: | 09 Mar 2023 11:24 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/48112 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |