Responsive Banner

Analisis perbedaan prestasi belajar siswa MTs. PP. Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo antara yang tinggal di dalam dan di luar pondok pesantren

Abas, Rida Pangesti Amalia (2008) Analisis perbedaan prestasi belajar siswa MTs. PP. Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo antara yang tinggal di dalam dan di luar pondok pesantren. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
04110200.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pondok pesantren merupakan salah satu bentuk lingkungan yang dapat mempengaruhi prestasi siswa. Adapun yang dimaksud dengan pondok pesantren adalah lembaga pendidikan keagamaan yang mempunyai kekhasan tersendiri dan berbeda dengan lembaga pendidikan lainnya. Pendidikan di pesantren meliputi pendidikan Islam, dakwah, pengembangan kemasyarakatan dan pendidikan lainnya yang sejenis.

Penyelenggaraan pendidikan dalam lingkungan pondok pesantren juga ada pendidikan formal terutama dalam hal pembinaan dan perkembangannya. Dikatakan demikian karena pondok pesantren tidak hanya berfungsi sebagai lembaga pendidikan saja akan tetapi juga mengemban tugas sebagai lembaga sosial, untuk itu diharapkan pondok pesantren menjadi pelopor pembangunan masyarakat sesuai dengan potensi dan pengetahuan yang dimilikinya.

Dengan kedudukan siswa sebagai santri, berarti mereka mempunyai tugas ganda yang harus dilaksanakan, mereka dituntut untuk berhasil dan sukses baik sebagai pelajar maupun santri. Berbeda halnya dengan siswa yang hanya mempunyai tanggung jawab terhadap pelajaran di sekolah saja

Bahwa lingkungan tempat tinggal di dalam dan di luar pondok pesantren mempunyai suasana lingkungan yang berbeda yang dapat menunjang dan menghambat prestasi belajar siswa. Dalam lingkungan pondok pesantren mempunyai suasana pendidikan yang lebih kondusif serta aktifitas sosial kemasyarakat dan ekonomi dalam pondok pesantren lebih terjaga dan ada sanksi apabila hal tersebut di langgar.

Berpijak pada latar belakang di atas maka rumusan yang timbul yaitu: 1). Bagaimana prestasi belajar siswa MTs. PP. Al-Mawaddah yang tinggal di dalam pondok pesantren?, 2). Bagaimana prestasi belajar siswa MTs. PP. Al-Mawaddah yang tinggal di luar pondok pesantren?, 3). Apa faktor-faktor kesamaan atau perbedaan prestasi belajar siswa MTs. PP. Al-Mawaddah antara yang tinggal di dalam dan di luar pondok pesantren?.

Adapun tujuan yang ingin diketahui adalah untuk mendeskripsikan : 1). Prestasi belajar siswa MTs. PP. Al-Mawaddah yang tinggal di dalam pondok pesantren, 2). Prestasi belajar siswa MTs. PP. Al-Mawaddah yang tinggal di luar pondok pesantren, 3). Faktor-faktor kesamaan atau perbedaan prestasi belajar siswa MTs. PP. Al-Mawaddah antara yang tinggal di dalam dan di luar pondok pesantren.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan atau mengambarkan fenomena- fenomena yang apa adanya di lokasi penelitian. Data yang dihimpun penelitian adalah melalui pengamatan yang seksama, wawancara dan dokumentasi, agar hasil penelitian tersusun sistimatis maka langkah-langkah peneliti dalam menganalisa data adalah pertama, dengan memilih hal-hal yang pokok dalam dan memfokuskan kepada hal-hal yang penting, kedua menyajikan data yang dilakukan dalam bentuk uraian singkat, tabel dan sejenisnya, ketiga menarik kesimpulan guna menjawab rumusan masalah yang dirumuskan sejak awal.

Hasil dan analisis data dapat disimpulkan adalah bahwa Prestasi belajar siswa MTs. PP.Al-Mawaddah yang tinggal di dalam pondok pesantren sangat memuaskan karena upaya-upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu dengan memberikan dorongan atau semangat belajar, memberikan pengajaran atau ketuntasan materi, fasilitas penunjang pelajaran dan memberikan perhatian atau pendekatan yang baik bagi siswa yang kurang berprestasi agar prestasinya lebih baik lagi, karena perhatian mempunyai peran yang sangat penting dalam kegiatan belajar. Begitu juga dengan presatsi belajar siswa MTs. PP. Al-Mawaddah yang tinggal di luar pondok pesantren tidak ada bedanya dengan prestasi siswa yang tinggal di dalam pondok pesantren karena dalam pembelajaran tidak ada penanganan yang khusus bagi siswa yang di dalam maupun yang tinggal di luar pondok pesantren.

Faktor-faktor kesamaan dalam prestasi belajar siswa MTs. PP. Al- Mawaddah antara yang tinggal di dalam dan di luar pondok pesantren yaitu anatara lain: a. Faktor perhatian dalam proses belajar mengajar b. Faktor motivasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa c. Faktor guru dan cara mengajarnya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Syahid, M.
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDSyahid, M.UNSPECIFIED
Keywords: Prestasi Belajar; Pondok Pesantren
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indar Erdiana
Date Deposited: 08 Sep 2016 16:13
Last Modified: 08 Sep 2016 16:13
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4811

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item