Utomo, Agus Budi (2015) Upaya guru Ips dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTS Negeri Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09130033.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Motivasi merupakan suatu pendorong yang mengubah energi dalam diri seseorang ke dalam bentuk suatu aktivitas nyata untuk mencapai tujuan tertentu. Motivasi belajar adalah penggerak tingkah laku kearah suatu tujuan dengan didasari adanya suatu kebutuhan belajar. Motivasi dapat berfungsi sebagai pendorong usaha dalam pencapaian prestasi. Seseorang melakukan usaha karena adanya motivasi. Adanya motivasi yang baik dalam belajar akan menunjukkan hasil yang baik. Motivasi belajar siswa sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk peran seorang guru dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana motivasi belajar siswa kelas VII di MTs Negeri Kota Probolinggo, untuk mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas VII di MTs Negeri Kota Probolinggo, dan untuk mendeskripsikan upaya Guru IPS meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII melalui pembelajaran IPS.
Desain penelitian dalam penulisan ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Pada penelitian kualitatif, teori dibatasi pada pengertian suatu pertanyaan yang sistematis berkaitan dengan seperangkat proposisi yang berasal dari data yang diuji kembali secara empiris. Penelitian kualitatif sendiri yaitu pendekatan penelitian yang bersumber pada pengamatan terhadap suatu obyek penelitian, dengan tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan cara meredusi data yang tidak relevan, pemaparan data, dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang peneliti lakukan, dapat diketahui bahwa (1) motivasi belajar siswa di MTs Negeri Kota Probolinggo masih rendah. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa berawal dari faktor lingkungan keluarga,terutama masalah ekonomi yang berkaitan dengan sarana dan prasana belajar siswa. Faktor lingkungan sekolah juga menjadi faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa, seperti hubungan dengan guru dan pegawai di sekolah setiap harinya. Faktor terakhir adalah faktor lingkungan bermain dalam memilih teman baik di sekolah maupun di lingkungan rumah. (3) Upaya yang dilakukan oleh guru IPS untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui beberapa strategi. Strategi tersebut diantaranya solialisasi sistem penilaian, termasuk metode dan strategi pembelajaran yang akan dilakukan. Selain itu, RPP yang tersusun terintegrasi dengan metode attraktif yang menarik untuk menimbulkan semangat belajar siswa. Adanya reward dan punishment juga menjadi upaya guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
ABSTRACT
Motivation is a driver that converts the energy in a person in the form of a real activity to achieve certain goals. Motivation to learn is the driving behavior towards a goal with based on the existence of a learning needs. Motivation can serve as a driving force in the achievement of business. Someone doing business because of the motivation. Good motivation to learn will show good results. Students motivation is influenced by several factors, including the role of a teacher in an effort to increase students motivation.
The purpose of this study was to describe how students motivation in class VII MTs Probolinggo City, to describe the factors that influence student motivation in class VII MTs Probolinggo City, and to describe the efforts of IPS teacher to increase student motivation through the 7th grade with social studies learning.
The research in this paper using a qualitative approach. In qualitative research, the theory is limited in terms of a question that is systematically associated with a set of propositions derived from data re-tested empirically. Qualitative research itself that the research approach which is based on the observation of an object of research, the data collection techniques used were observation and interviews. Data were analyzed by reducing irrelevant data, exposure data, and draw conclusions.
Based on interviews and observations, show that (1) students motivation in Probolinggo City MTs is still low. (2) the factors that influence students motivation came from a family environmental factors, especially economic issues related to student learning facilities and infrastructures. School environmental factors are also factors that influence student motivation, such as relationships with teachers and staff in the school every day. The last factor is the environmental factors play in choosing good friends at school and in the home environment. (3) Efforts made by social studies teachers to improve students' motivation through several strategies. The strategy including socialization assessment system, including methods and learning strategies that will be done. In addition, structured lesson plans to integrate with attractive interesting method to generate the spirit of student learning. The existence of reward and punishment is also a social studies teacher effort in improving students motivation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Julaihah, Umi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Upaya Guru IPS; motivasi belajar; Teacher Effort IPS; learning motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2023 11:24 | ||||||
Last Modified: | 09 Mar 2023 11:24 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/48109 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |