Lutfi, Miftakhul (2015) Penerapan Metode Mind Mapping untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial terpadu kelas VIII A MTsN Jambewangi Selopuro Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08130055.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Minat belajar adalah kecenderungan untuk selalu memperhatikan dan mengingat secara terus menerus terhadap sesuatu (orang, benda atau kegiatan) yang disertai dengan keinginan untuk mengetahui dan mempelajarinya serta membuktikannya dalam perubahan tingkah laku atau sikap yang sifatnya menetap. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Perencanaan (2) Bagaimana Pelaksanaan (3) Bagaimana Efektifitas Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Kelas VIII A MTsN Jambewangi Selopuro Blitar.
Metode penelitian yang digunakan penulis menggunakan metode dengan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif yaitu pengaruh minat belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan metode mind mapping. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Jambewangi yang berjumlah 36 siswa, sedangkan materi dalam penelian ini adalah usaha persiapan kemerdekaan Indonesia. Sedangkan data kuantitatif yaitu hasil nilai pada akhir Siklus.
Penelitian tindakan kelas meliputi penerapan metode mind mapping, hasil minat terhadap belajar. Sedangkan sumber data penelitian ini mencakup: (a) Nilai tes siswa dalam mengerjakan soal yang diberikan pada setiap akhir siklus (b) Hasil lembar observasi untuk mengukur pengaruh mind mapping (c) Hasil lembar observasi untuk mengukur peningkatan belajar minat siswa (d) Hasil observasi dan catatan lapangan yang berkaitan dengan aktivitas siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi Usaha Persiapan Kemerdekaan berlangsung.
Dalam penelitian tindakan kelas diharapkan Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Kelas VIII A MTsN Jambewangi Selopuro Blitar dapat meningkatkan minat belajar siswa, terbukti peningkatan siklus I sebesar 72,3 sedangkan pada siklus II menjadi 82,9 sedangkan pada siklus III menjadi 94,7. Sedangkan pengaruh minat terhadap belajar dapat diketahui bahwa nilai rata-rata pada siklus I sebesar 2,1 sedangkan pada siklus II menjadi 2,9 sedangkan pada siklus III 3,8.
ABSTRACT
Learned yen is trend for does ever notice and remembering continually to something (person, object or activity) one that espoused by wish to know and studies it and proves it in changed behavioral or attitude that its character makes a abode.
Problem formula in observational it is (1 ) How plannings (2 ) How Performings (3 ) How Effectiveness Methodic Mind Mapping To Increase Student Studying Yen On coherent Social Science Subject VIII class A. MTsN Jambewangi Selopuro Blitar.
Observational method that utilized by writer utilizes method with kualitatif's approaching, meanwhile research type that is utilized is observational kualitatif and quantitative. kualitatif's data which is yen influence studies student up to learning process happen by use of method mind mapping . Data source in observational it is VIII class student MTsN Jambewangi that total 36 students, meanwhile material in penelian this is independence preparation effort Indonesian. Meanwhile quantitative data which is point result at the early Cycle.
Action research brazes influence mind mapping on cycle 1, appreciative result gives a damn to study on cycle II., and estimation score result usufructs to study active on III. cycle. Meanwhile observational data source this ranges: (a ) Point essays student in work problem that is given on each cycle final (b ) observation sheet Results to measure influences mind mapping (c ) observation sheet Results to measure studying step-up give a damn student (d. ) observation Result and field note that gets bearing with student activity on Social Science learning on preparation Effort material independence happens.
In action research brazes to be expected by Method Implement Mind Mapping To Increase Student Studying Yen On coherent Social Science Subject VIII class A. MTsN Jambewangi Selopuro Blitar can increase student studying yen, evident increasing i. cycle as big as 72,3 meanwhile on cycle II. as 82,9 meanwhile on III. cycle as 94,7. Meanwhile yen influence to study gets to be known that average value on i. cycle as big as 2,1 meanwhile on cycle II. as 2,9 meanwhile on cycle III 3,8.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rahmaniah, Aniek | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Mind Mapping; kemampuan meningkatkan minat belajar; Method Mind Mapping; ability increases to give a damn studying | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2023 11:24 | ||||||
Last Modified: | 09 Mar 2023 11:24 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/48104 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |