Pengaruh persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran guru PAI terhadap kedisiplinan siswa mengikuti pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Jepon Blora

Amin, Nurul Agus Ramdhona (2008) Pengaruh persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran guru PAI terhadap kedisiplinan siswa mengikuti pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Jepon Blora. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
04110199.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Guru adalah salah satu komponen dalam proses belajar-mengajar yang potensial dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru berperan serta secara aktif dan menempatkan kedudukannya di bidang pendidikan sebagai tenaga profesional.

Pembuktian itu semua harus melalui penelitian yang masalahnya dirumuskan : 1). Bagaimana persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran guru dalam materi PAI, 2). Bagaimana kedisiplinan siswa mengikuti pelajaran PAI, 3). Adakah pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa pada pelaksanaan pembelajaran guru dalam materi PAI (X) terhadap kedisiplinan siswa mengikuti pelajaran PAI (Y).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1). Persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran guru dalam materi PAI, 2). Kedisiplinan siswa dalam mengikuti pelajaran PAI, 3). Adakah pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa pada pelaksanaan pembelajaran guru dalam materi PAI terhadap kedisiplinan siswa mengikuti pelajaran PAI.

Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik analisis regresi, dengan 120 responden, menggunakan teknik proporsional stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner.

Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi satu predictor dan korelasi. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa 1) Persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran guru dalam materi PAI mempunyai nilai mean 66,9 yang dikategorikan cukup berada pada interval 61-67. 2) tingkat kedisiplinan siswa mengikuti pelajaran PAI nilai mean 65,5917 yang dikategorikan baik berada pada interval 61-70. 3) Adakah pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa pada pelaksanaan pembelajaran guru dalam materi PAI terhadap kedisiplinan siswa mengikuti pelajaran PAI, ditunjukkan oleh koefisien korelasi rxy = 0,742 pada taraf signifikan 0,05 (0,176) dan 0,01 (0,230). Dan koefisien determinasi adalah 55,002 %. Hal ini menunjukkan bahwa 55,002% kedisiplinan siswa mengikuti pelajaran PAI dan 44,999 % berhubungan dengan faktor lain. Melalui fungsi taksiran Y = 0,858831407 X + 8,1501594 didapat nilai Freg = 144,237 pada taraf signifikan 0,01 (6,84) dan 0,05 (3,92). Kemudian dilanjutkan dengan pengujian nilai t diperoleh 12,010 pada taraf signifikan 0,01 (2,616) dan 0,05 (1,970).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ghony, M. Djunaidi
Keywords: Persepsi; Pelaksanaan Pembelajaran; Kedisiplinan
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indar Erdiana
Date Deposited: 08 Sep 2016 09:13
Last Modified: 08 Sep 2016 09:13
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4808

Actions (login required)

View Item View Item