Handayani, Nur Vitri (2014) Penerapan metode observasi pada mata pelajaran Ekonomi dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI IPS 4 di MAN Kota Kediri 3. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130126.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Proses pembelajaran pada siswa akan berjalan dengan optimal dengan adanya keaktifan siswa dalam belajar di kelas dan pelajaran Ekonomi adalah pelajaran yang tepat untuk menumbuhkan pemikiran siswa guna membentuk sumberdaya manusia kreatif dalam bidang ekonomi karena di dalamnya mereka akan mengamati secara langsung akan ekonomi dalam kahidupan nyata. Namun kenyataan yang ada, keaktifan anak pada usia remaja dalam mengikuti pelajaran ekonomi cenderung masih kurang. Pemilihan metode adalah salah satu solusi dalam menghadapi persoalan yang ada di kelas. Metode observasi adalah metode yang sesuai untuk mengatasi persoalan ini, karena metode ini akan membantu menumbuhkan keingin tahuan siswa dalam pelajaran ekonomi serta kegiatan ekonomi yang ada sekitar lingkungan mereka.
Adapun tujuan dari penelitian ini antara lain; (1) Mendeskripsikan proses perencanaan metode observasi pada mata pelajaran ekonomi dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI IPS4 di MAN Kota Kediri 3. (2)Mendeskripsikan proses pelaksanaan metode observasi pada mata pelajaran ekonomi dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI IPS 4 di MAN Kota Kediri 3. (3)Mendeskripsikan proses evaluasi metode observasi pada mata pelajaran ekonomi dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI IPS 4 di MAN Kota Kediri 3.
Untuk terjapainya tujuan diatas maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Metode pengumpulan datanya menggunakan (1) observasi (pengamatan); (2) wawancara; dan (3) dokumentasi.Adapun yang menjadi responden adalah kepala madrasah, guru kelas dan siswa kelas XI-IPS4 di MAN kota Kediri3. Sedang untuk menganalisis penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Dari penelitian yang telah dilaksanakan ini, dapat disimpulkan sebagai berikut; (1) Perencanaan pembelajaran pada penelitian ini dilakukan peneliti mulai dari izin yang dibuat dari fakultas dan diserahkan kepada kepala sekolah dan meminta izin kepada guru mata pelajaran; (2) Pelaksanaan pembelajaran pada penelitian ini terdiri dari dua siklus; (3) dengan adanya penelitian ini membuktikan bahwa metode observasi dapat meningkatkan keaktifan siswadalam mengikuti mata pelajaran ekonomi, khususnya dalam materi sejarah perkembangan akuntansi sampai sistem informasi akuntansi, dan fungsi dan kegunaan sistem informasi akuntansi siswa kelas XI-IPS4 di MAN Kota Kediri3.
ABSTRACT
The learning processof studentcan be optimalwith theinvolvement of the students’activenessin theclassroomandEconomics is asuitable subject tostimulatestudents' thoughtin order toform acreativehuman resourcesin thefield ofeconomics.In this field,theywillobserveeconomy directly in the real life. In fact, however, the live liness of the students to follow economics is stillvery low. Method selectionis one of solutions to deal with the existing problems in the classroom. Observation method is the appropriate method to solve this problem, because this method will help to generate student curiosity in learning economic sand economic activities that existaroundthem.
The purposeofthis study, includes; (1) Describe theplanning process ofobservation methodson economics in improvingstudent learningactivenessatclass XIIPS4MAN Kediri3. (2) Describe the implementation process ofthe observationon economics to improvestudent learningactiveness at class XI IPS4inMANKediri3. (3) Describe theevaluation process of observation methodson economics in improvingstudent learningactiveness at class XI IPS4inMANKediri3.
To achieve the objectives above,the researchers useda qualitative approachwith class action type ofresearch. The methodsused in data collection are(1) observation; (2) interview; and(3) documentation. As for therespondentsare thehead master,teachersandstudentsatclass XI-IPS4 in MAN Kediri 3. Toanalyze,the writer usesdescriptivequalitativeanalysis.
From theresearch conducted, it can be concluded asfollows;(1) Planning oflearninginthis studyconducted by the researcherbegun by askingtheconsentof thefacultyandsubmit it tothe head master andask forpermissiontosubject teachers; (2) The implementationof learninginthis study consistoftwocycles; (3) this researchprovesthatthe observationmethodcanenhance theactiveness of studentsoneconomics, particularlyin the history of the accounting development to accounting information systems, as well asthe function and useof accounting information systems of student satclass XI-IPS4 in MAN Kediri3.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Miftahusyai'an, Mohammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Keaktifan Belajar; dan Metode Observasi; Learning activeness; Observation Method | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 08 Mar 2023 10:48 | ||||||
Last Modified: | 05 Jul 2023 13:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47976 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |