Jannah, Miftahul (2014) Pendekatan konstruktivistik dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di MA Almaarif Singosari Malang pada pembelajaran Sosiologi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130124.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami perkembangan yang pesat. Hal ini harus didukung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Dalam meningkatkan SDM yang harus kita lakukan ialah meningkatkan mutu pendidikan. Untuk mencapai layanan kependidikan yang berhasil dan berdaya guna tinggi maka perlu pengelolaan dalam kegiatan belajar mengajar yang mengikut sertakan siswa secara aktif dalam pengembangan pemahaman siswa itu sendiri. Dalam meningkatkan hasil belajar siswa maka guru membutuhkan strategi atau pendekatan agar siswa ikut aktif dalam proses peningkatan hasil belajarnya, maka peneliti menerapkan pendekatan konstruktivistik, karena semakin siswa dilatih untuk memecahakan masalah maka pemahamannya akan semakin kuat atau meningkat. Peneliti memilih pelajaran sosiologi karena lebih erat keterkaitannya dengan pendekatan yang akan diterapkan yaitu menghadapi atau memecahakan permasalahan yang ada disekitar.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses perencanaan, proses pelaksanaan dan proses penilaian penerapan pendekatan konstruktivistik dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di MA Almaarif Singosari Malang pada pembelajaran sosiologi.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), ini dilaksanakan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode pengamatan atau observasi, metode wawancara atau interview, dan metode dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Almaarif Singosari Malang. Analisis data pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif
Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan pendekatan konstruktivistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di MA Almaarif Singosari Malang pada pembelajaran sosiologi, dapat diketahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebelum ada tindakan adalah 73,488, sedangkan KKM yang harus ditempuh adalah 75. Dan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 79,525 terdapat selisih 6,036 dan meningkat 0,082%. Dan nilai rata-rata siswa pada siklus II yaitu 81,439 terdapat selisih 7,95 dan meningkat 0,1%. Dan nilai rata-rata siswa pada siklus III yaitu 86,667 terdapat selisih 13,18 dan meningkat 0,18%. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan konstruktivistik dalam pembelajaran sosiologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
ABSTRACT
The development of science and technology is experiencing rapid growth. This should be supported with human resources. In improving human resources, we have to do is improve the quality of education. To achieve a successful educational services and it needs to be high to power management in the teaching and learning activities requiring students actively in the development of the student's understanding of itself. In improving student learning outcomes and teachers need a strategy or approach that students participate actively in the process of improving the results of his studies, the researchers applied the Constructivists approach, as more students are trained to solve a problem then the understanding will be getting stronger or increases. The researchers chose subjects sociology because of tighter dependencies with which approach will be applied to the face or solved existing problems surrounding.
The aim of this research are to describe the planning process, the process of implementation and application of the konstruktivistik approach to the assessment process in improving learning outcomes students of XI grade in MA Almaarif Singosari Malang to the study of sociology.
This research uses a classroom Action research because the researcher uses descriptive qualitative approach. The researcher collect the data by using observation, interview, and documentation method. Data source of this research is students of XI grade in MA Almaaarif Singosari Malang. Data analysis of this research is the analysis of qualitative data.
The findings of this research shows that application constructivistics approach can increase the learning outcomes / results students of XI grade in MA Almaaarif Singosari Malang in sociology learning, it can be identify from the average of learning outcomes students of XI grade in MA Almaarif Singosari Malang to the study of sociology before any action is 73,488, whereas is should KKM is 75. And the value of the average students in cycle I: 79,525. There is a difference 6,036 and increased 0,082%. And the value of the average students in cycle II: 81,439 there is a difference between 7.95 and increased 0.1%. And the value of the average students in cycle III of 86,667 there is difference in 13.18 and increase of 0.18%. Then it can be inferred that by using the konstruktivistik approach in the study of Sociology can improve student learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Miftahusyai'an, Mohammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendekatan Konstruktivistik; Peningkatan Hasil Belajar; Pembelajaran Sosiologi; Constructivists Approach; Improved Learning Outcomes; Study of Sociology | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 07 Mar 2023 09:56 | ||||||
Last Modified: | 05 Jul 2023 13:32 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47972 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |