Muflihin, Farihul (2014) Nilai-nilai multikultural dalam buku teks mata pelajaran Sosiologi kelas XI Penerbit Erlangga. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130122.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Keanekaragaman agama, budaya, suku, ras, dan etnis yang dimiliki oleh bangsa indonesia seharusnya menjadi kekayaan bangsa untuk memperindah mozaik kehidupan yang penuh dengan warna-warni ini. Namun, realitas itu seakan telah sirna dengan banyaknya jamuan konflik yang telah dihidangkan dengan berbagai latar belakang yang disebabkan adanya perbedaan agama, ras dan budaya. Salah satu yang bisa dijadikan eksemplar yaitu adanya konflik yang terjadi di poso dan ambon yang disebabkan perbedaan agama yang menjadi akar permasalahan tersebut. sehingga kejadian ini pun telah mewabah kepada peserta didik yang notabenenya adalah sebagai generasi penerus bangsa yang banyak melakukan perkelahian yang tidak lain karena adanya perbedaan suku, etnis, bahkan agama sekalipun. Dengan banyaknya konflik yang terjadi di dalam lingkungan pelajar itulah Maka, perlu adanya penanaman nilai-nilai multikultural seperti tolerasi, kesetaraan gender dan keadilan di dalam kehidupan ini untuk mewujudkan kehidupan yang damai dan sejahtera dengan melalui pendidikan, yakni melalui buku teks mata pelajaran. Karena buku teks mata pelajaran adalah awal sebagai transfer of knowledge and transfer of value. Maka, Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul: Nilai-Nilai Multikultural Dalam Buku Teks Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI Penerbit Erlangga.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam buku teks mata pelajaran sosiologi kelas XI penerbit erlangga serta ingin mengetahui respon guru mata pelajaran sosiologi kelas XI terhadap nilai-nilai multikultural dalam buku teks mata pelajaran sosiologi kelas XI penerbit erlangga. penelitian yang penulis lakukan ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian studi kepustakaan (library reseach). sedangkan metode pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, dan wawancara serta analisis datanya menggunakan analisis isi (content analysis) melalui metode deduksi.
Hasil penelitian ini adalah: nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam buku teks mata pelajaran sosiologi kelas XI penerbit erlangga adalah: toleransi, demokrasi, hak asasi manusia, keadilan, kesetaraan gender, sikap kritis, dan empati. Sedangkan Respon guru sosiologi kelas XI terhadap nilai-nilai multikultural dalam buku teks mata pelajaran sosiologi kelas XI ini sangat baik sekali. Karena nilai-nilai multikultural ini sangat penting untuk diterapkan dalam dunia pendidikan.
ABSTRACT
Indonesia has diversity of religion, culture, ethnicity, and race. It should be the nation's wealth to embellish a mosaic life filled with these colors. However, it seemed to have vanished reality with the many conflicts that have banquet was served with a variety of backgrounds due to differences in religion, race and culture. One that can be used as exemplars that is the conflict in Poso and Ambon, the root of the problems are due to the differences in religion. So that, this incident has also been endemic to students, they are generation of the nation but they are doing a lot of fights because of differences in race, ethnicity, and also religion. Those, by lot of conflict in students’ domain, thus, we need for cultivation of multicultural values such as tolerance, gender equality and justice in this life to realize a peaceful and prosperous life through education, especially through textbooks subjects because textbooks are the first tool for transferring of knowledge and the transferring of value. Hence, from that statement of problems authors want to discuss the thesis entitled: Multicultural Values in Textbook of Sociology Subjects Class XI Erlangga publisher.
The objectives of this study are to determine how the emergence and what multicultural values contained in the textbook sociologysubjects class XI Erlangga publishers. Then the researcher wants to know Sociology teacher’s response in class XI about multicultural values in the textbook sociologysubjects class XI Erlangga publishers. This research is descriptive qualitative research by using librarystudy research. Whereas the method of data collection uses the methods of documentation, interview and analysis of the data use content analysis through deduction method.
The results of this study are : multicultural values contained in the text books of class XI sociology subjects Erlangga publishers are : tolerance , democracy , human rights , justice , gender equality , critical attitude , and empathy . Whereas Sociology teacher’s response in class XI about multicultural values in the textbook sociologysubjects class XI Erlangga publishers is very good response, because the multicultural values is very important applicable in education system.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zainuddin, M | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Nilai-Nilai Multikultural; Buku Teks Mata Pelajaran Sosiologi; Multicultural Values; Textbooks of Sociology Subject | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 07 Mar 2023 09:57 | ||||||
Last Modified: | 16 Jun 2023 13:42 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47968 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |