A'yun, Hanifah Nur (2014) Penerapan Metode Resitasi dan Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran ekonomi dalam meningkatkan keaktifan belajar Siswa Kelas X-3 di Madrasah Aliyah Negeri Kota Kediri 3. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130119.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Masalah pendidikan terutama dalam proses kegiatan belajar mengajar merupakan permasalahan yang cukup komplek dimana terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya. Beberapa faktor yang mempengaruhi proses penerimaan siswa terhadap materi yaitu terdiri atas faktor internal dan eksternal. Faktor internal itu muncul dari dalam diri siswa yang disebabkan oleh berbagai hal, sedangkan untuk faktor eksternal berasal dari luar siswa baik guru, kondisi, waktu, maupun metode atau sistem pembelajaran. Dalam penelitian ini, faktor yang lebih mempengaruhi siswa adalah faktor eksternal, dimana siswa menerima materi pada jam terakhir 7-8 sehingga kurang kondusif dan tampak kurang aktif, maka dari itu guru harus lebih kreatif dalam mempersiapkan berbagai strategi maupun metode belajar agar kegitan belajar mengajar lebih efektif dan efisien.
Metode Pembelajaran merupakan suatu cara atau pendekatan dalam proses belajar mengajar yang dipergunakan oleh guru saat menyajikan atau menyampaikan materi pelajaran. Semakin baik metode mengajar, makin efektif pula pencapaian tujuan. Dalam penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran Ekonomi karena mata pelajaran Ekonomi terdapat banyak materi yang didalamnya berkaitan dengan kegiatan sehari-hari individu dan masyarakat terutama dalam memanfaatkan sumberdaya terbatas.
Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1)Bagaimana proses perencanaan pembelajaran dengan penerapan metode resitasi dan problem based learning pada mata pelajaran ekonomi dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa, (2) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan metode resitasi dan problem based learning pada mata pelajaran ekonomi dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa, (3) Bagaimana proses evaluasi pembelajaran dengan dengan penerapan metode resitasi dan problem based learning pada mata pelajaran ekonomi dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah resitasi dan Problem Based Learning karena merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat melatih siswa dalam menyelesaikan permasalahan serta menemukan solusi yang sesuai, sebab ilmu ekonomi penting dalam masyarakat, pemerintah, serta dalam hubungan internasional sehingga siswa diharapkan untuk lebih aktif dalam kegiatan belajar.
Penelitian ini dilakukan di MAN Kota Kediri 3. Dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian yang penulis lakukan adalah termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi.
Hasil pada penelitian ini berupa: pertama, perencanaan diskenariokan pada II siklus dan dilakukan dengan merancang materi dan metode resitasi dan problem based learning. Kedua, dalam proses pelaksanaannya penelitian dilakukan bersama dengan guru dan peneliti sehingga terlihat adanya peningkatan nilai akademik yang disertai dengan antusiasme belajar siswa dalam mata pelajaran tersebut serta siswa menjadi lebih aktif yang terlihat dari hasil perbandingan pre test sampai siklus I dan II terjadi peningkatan. Pada saat pretest aktivitas rendah 71% sedangkan pada siklus I turun menjadi 18.18%. Kemudian pada siklus II aktivitas cukup 20%, aktivitas baik 53.33% dan sangat baik 26.67%. Sehingga dengan dua siklus ini menunjukkan bahwa metode resitasi dan problem based learning efektif untuk diterapkan dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa.
ABSTRACT
The Educational problems, especially in the learning process is quite complex problems where there are several factors that influence it. Several factors influence the admissions process to the material that is made up of internal and external factors. Internal factors that emerged from within the students caused by many things, while external factors outside the student comes from a good teacher, condition, time, and method or system of learning. In this study, the factors that affect students are more external factors, where students receive materials in the last 7-8 hours making it less conducive and appear less active, and therefore the teacher must be creative in preparing a variety of strategies and methods of teaching and learning in order to learn more activity effective and efficient.
Learning Method is a method or approach to the learning process used by teachers when presenting or delivering course material. The better method of teaching, the more effective the achievement of goals. In this study is devoted to the subjects of Economics Economics as subjects in which there is a lot of material related to the daily activities of individuals and communities, especially in using limited resources.
The issues discussed in this study are: (1) How does the planning process with the application of the method of learning and problem based learning recitation on economic subjects in improving student learning activeness, (2) What is the process of learning with the application of the method of implementation of recitation and problem-based learning in economic subjects in improving student learning activeness, (3) How does the evaluation process of learning with the application of the method of recitation and problem-based learning on economic subjects in improving student learning activeness.
The method used in this study is the recitation and problem based learning because learning is one method that can train students to solve problems and find appropriate solutions, because economics is important in society, government, and international relations so that students are expected to be more active in learning activities.
This research was conducted at MAN 3 Kediri. The design of classroom action research (CAR). Research by the author is included descriptive qualitative research. While the data analysis is done by using the method of interview, observation and documentation. Test the validity of the data was done by using triangulation.
The results in this study are: first, the second planning cycle scripted and performed by designing the materials and methods of recitation and problem based learning. Second, in the process of implementation of research conducted jointly by teachers and researchers that saw an increase in the value of academic learning coupled with the enthusiasm of students in these subjects as well as students become more active as seen from the comparison of pre-test to the first and second cycles increased. On the pretest 71% lower activity while on cycle I fell into a 18:18%. Then in the second cycle of activity is 20%, good activity and excellent 53.33% 26.67%. So with two cycles shows that the method of recitation and problem based learning is effective to be applied in enhancing the learning activity of students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhroh, Ni’matuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Resitasi; Problem Based Learning; Keaktifan, Ekonomi; recitation; Problem Based Learning; Motivation and Economics | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 07 Mar 2023 09:55 | ||||||
Last Modified: | 07 Mar 2023 09:55 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47955 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |