Nurmawati, Ilma (2014) Penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas X MAN 3 Kota Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130118.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran Problem Based Learning merupakan inovasi dalam pembelajaran karena dalam PBL kemampuan berpikir siswa betul-betul dioptimalisasikan melalui proses kerja kelompok atau tim yang sistematis, sehingga siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikirnya secara berkesinambungan. Melalui model pembelajaran PBL diharapkan siswa dapat meningkatkan kecerdasan interpersonalnya, dimana kecerdasan ini sebagai kemampuan untuk berhubungan dengan orang-orang di lingkungan sekitar. Kecerdasan tersebut memungkinkan siswa untuk membangun hubungan dengan masyarakat.
Kurangnya kecerdasan interpersonal menjadi salah satu akar penyebab tingkah laku yang tidak diterima secara sosial. Orang-orang dengan kecerdasan interpersonal yang rendah cenderung tidak peka, tidak peduli, egois, dan menyinggung perasaan orang lain. Pada umumnya, sosiologi berkonsentrasi tidak hanya pada pemecahan masalah, tetapi kemunculan ilmu sosial ini dimaksudkan untuk membuat manusia sebagai makhluk rasional. Sosiologi juga membantu perkembangan dan mengatur proses pemahaman yang mendasar, baik terencana maupun spontan.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk memahami perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran dengan model Problem Based Learning dalam pembelajaran Sosiologi kelas X MAN 3 Kota Kediri. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 3 Kota Kediri, dengan objek penelitian siswa kelas X. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data digunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraian yang didasarkan pada penerapan proses pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran sosiologi dapat meningkatkan “kemampuan mengenali emosi, kecakapan sosial, pengelola hubungan, membangun kedekatan, dan kemampuan memberikan pengaruh”.
ABSTRACT
Problem Based Learning Teaching is an innovation in learning because the ability of students to think in PBL is being optimal through group activity process, so the students can improve their thinking capability continuously. PBL teaching model is expected to increase the ability of interpersonal intelligences students which this intelligence is as the ability for connect with people surroundings them. This intelligence is probably for students to construct their relation with society. The lack of interpersonal intelligence is become one of the cause bad behavior that can’t be accepted in society.
People with low interpersonal intelligences tend to be not sensitive, not caring, egoist and insult the others feeling. Commonly, sociology concentrates not only in problem solving but also to make people think more rational. Sociology also helps for developing and organizing the process of basic comprehension, it is planned or spontaneous as well.
The aim of this research is to comprehend the planning, actuating, and valuation of Problem Based Learning teaching model in Sociology lesson X class MAN 3 Kota Kediri. This research was taken place on MAN 3 Kota Kediri where the objects of the research were the students of X class. This research used qualitative approach with type of Class Action Research. The techniques of collecting the data were observation, interview and documentation. The data were analyzed by using descriptive qualitative method which it described based on the application of teaching implementation. The result of this research showed that the application of Problem Based Learning teaching model in Sociology lesson can increase “the ability for identifying emotion, social proficiency, managing relation, constructing closeness and the ability to give influences”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Problem Based Learning; Sosiologi; kecerdasan interpersonal; Problem Based Learning; Sociology; Interpersonal Intelligences | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 07 Mar 2023 09:55 | ||||||
Last Modified: | 07 Mar 2023 09:55 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47952 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |