Prana, Galuh Raka (2014) Entrepreneurship learning based on curriculum 2013 in Vocation High School 1 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130116.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Negara Maju adalah Negara yang memiliki 2% penduduknya sebagai wirausaha. Indonesia masih sangat jauh dari kata maju dikarenakan jumlah wirausahanya masih sedikit. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah melalui pendidikan. Dengan harapan generasi muda memiliki wawasan baik teori maupun praktik tentang kewirausahan. Sehingga pembelajaran kewirausahaan adalah pembelajaran penting untuk kemajuan bangsa Indonesia. Pada Kurikulum 2013 telah ditetapkan bahwa mata pelajaran kewirausahaan sebagai mata pelajaran wajib bagi peserta didik. Hal tersebut didesign agar peserta didik mempelajari teori dan memiliki pengalaman melalui praktik.
Salah satu sekolah yang telah menerapkan pembelajaran tersebut adalah SMKN 1 Malang. Sekolah ini adalah salah satu sekolah favorit dan percontohan di Kota Malang. Peneliti melakukan penelitian dengan tujuan:(1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan kurikulum 2013 di SMKN 1 Malang, (2)mendeskripsikan faktor kendala pembelajaran kewirausahaan curriculum 2013 di SMKN 1 Malang, (3)mendeskripsikan cara mengatasi faktor kendala pada pembelajaran kewirausahaan curriculum 2013 di SMKN 1 Malang.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, obseravasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Teknik yang digunakan untuk memeriksa keabsahan data adalah triangulasi
Hasil Penelitian menunjukkan, (1) Perencanaan dilakukan 4 guru kewirausahaan membahas silabus, RPP. Pada pelaksanaannya Prakarya yang dilakukan adalah kerajinan dari kain perca, pengolahan makanan ringan dan jamu instan, budidaya tanaman hias dan sayur-sayuran, Kegiatan intinya siswa melakukan 5M yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Penilaiannya yaitu penilaian pengetahuan dengan tes tulis, penilaian keterampilan dengan tugas proyek sedangkan penilaian sikap dinilai dari sikap mandiri, disiplin dan tanggung jawab. KKM penilaian pengetahuan dan keterampilan B-, untuk penilaian sikap B (2)Faktor kendalanya adalah kurang sarana dan prasarana, pendanaan, motivasi siswa, skill guru, dan buku pedoman(3)Cara mengatasi faktor kendala memberikan tugas ke siswa untuk melakukan proses yang dilakukan di sekolah dan diluar sekolah Dana iuran dari siswa, guru terus belajar untuk lebih menguasai prakarya dengan sesama guru kewirausahaan dan guru lain. Guru memberikan motivasi dengan media elektronik, non elektronik serta memberika contoh wirausaha sukses, dan menggunakan sumber lain lebih banyak melalui media internet.
ABSTRACT
Progress country is country which have 2% of the population as entrepreneurship. Indonesia is still far from progress word. That is because less entrepreneurship. The ones of method to solve is use education. With hope the younger generation will have a better insight into the theory and practice of entrepreneurship. So, Entrepreneurship learning is important to make indonesia country more progress. On 2013 curriculum decide that entrepreneurship learning as obligation subject for student. That is design for student learn about theory and have experience from practice.
One of the schools that have implemented the learning is SMKN 1 Malang. It is of the favorites and exampling schools in Malang city. So purpose of this research are: (1) describe of entrepreneurship learning base on 2013 curriculum apply in SMKN 1 Malang, (2)describe the problem factors of entrepreneurship learning base on 2013 curriculum apply in SMKN 1 Malang and (3)describe the problem solve factor of entrepreneurship learning base on 2013 curriculum apply in SMKN 1 Malang.
To achieve the above objectives, the study used a qualitative approach with descriptive research conducted at SMKN 1 Malang. The key of instrument is the researcher's own, and data collection techniques used were interviews, observation, field note and documentation. Data were analyzed by means of data reduction, data presentation and conclusion.
Research results (1) The planning process by four entrepreneurship teachers for discusses syllabus and Lesson plans. With core activity There are handcraft utilities of patchwork, processing of food and instant herbs, ornamental plants and vegetables, use business center for buy and sell of goods. The core activity, student do 5M there are Observation, ask, collect of the data, association, communicate. There knowledge assessment use write test, for skill test use project task, and for attitude assessment are independent, discipline and responsibility witch assessment. B- for KKM knowledge and skill assessment, and B- for attitude assessment. (2)There problem factor are there is no fund from school and compass book, less Infrastructure, Motivation, teacher skill. (3) The solve factor are student use self fund, use other source, make strategy which student can do in and out school, give motivation with electronic, non electronic and businessmen figure. And teacher learn more to same entrepreneurship teacher and others.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Entrepreneurship Learning; Curriculum 2013; Entrepreneurship Learning; Curriculum 2013 | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 07 Mar 2023 09:55 | ||||||
Last Modified: | 07 Mar 2023 09:55 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47949 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |