Hadi, Gusman (2014) Peningkatan hasil belajar siswa dengan Metode Problem Solving pada materi permasalahan kependudukan di MTS Hidayatul Mubtadi’in Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130111.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Hakikat hasil belajar adalah perubahan tingkah laku individu yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hasil belajar yang dicapai siswa dipengaruhi oleh dua faktor utama yakni faktor dari dalam diri siswa itu dan faktor yang datang dari luar diri siswa atau faktor lingkungan. Faktor yang datang dari diri siswa terutama kemampuan yang dimilikinya. Faktor kemampuan siswa besar sekali pengaruhnya terhadap hasil belajar yang dicapai. Disamping faktor kemampuan yang dimiliki siswa, juga ada faktor lain, seperti motivasi belajar, minat dan perhatian, sikap dan kebiasaan belajar, ketekunan, sosial ekonomi, faktor fisik dan psikis.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendiskripsikan hasil belajar IPS siswa kelas VIII-C di MTs Hidayatul Mubtadi’in Malang melalui penerapan problem solving, (2) Mendapatkan bukti-bukti bahwa penerapan problem solving dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII-C di MTs Hidayatul Mubtadi’in Malang.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus dalam 6 kali pertemuan, dan disetiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik observasi atau pengamatan secara langsung untuk mengamati tindakan dengan menggunakan metode problem solving.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan metode problem solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi permasalahan kependudukan kelas VII-C di MTs Hidayatul Mubtadi’in Malang mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Hal tersebut dapat diketahui bahwa skor rata-rata nilai IPS Geografi setelah dilakukan tes di setiap akhir siklus mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 6,57, siklus II sebesar 7,57, dan siklus III sebesar 8,33.
ABSTRACT
The essence of learning outcome is a change on personals’ behavior involving cognitive, affective and psychometric aspects. Internal and external factors such as environments are significant factors to the students’ learning outcomes. The internal feature refers to the students’ abilities. This aspect strongly influences the students’ achievement. Motivation, interest, attention, behavior and learning habit, diligence, and social-economic, physical and psychological aspects are other elements, other than learners’ competence, leading to students’ learning outcomes.
This research aims to: (1) describe the students’ learning outcomes of social education sciences grade VIII-C at Islamic Junior High School, Hidayatul Mubtadi’in Malang through the application of problem solving method, (2) prove the applied method achieves the students’ learning outcomes where the research was undertaken.
To achieve the goals mentioned, qualitative approach was used in which the class action research was done three times in six meetings. It consists of two (2) meetings in each cycle. The researcher is the key instrument and direct observation was employed to obtain the data or to examine the given method.
The current research shows that the application of the problem solving method achieves the students’ learning outcomes on population problem materials grade VII-C in Islamic Junior High School, Hidayatul Mubtadi’in Malang in every cycle. It has been proven by the fact that the average test grades of social education sciences (Geography) at the end of the cycle achieve in which it comes to 6. 57 in the first cycle, 7, 57 in the second cycle and 8. 33 in the third cycle.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mansur, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Hasil Belajar; Kependudukan; Metode Problem Solving; learning outcomes; population; problem solving method | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 07 Mar 2023 09:49 | ||||||
Last Modified: | 07 Mar 2023 09:49 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47942 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |