Sholihah, Mar'atus (2014) Penerapan Metode Teams Games Tournament (TGT) dan Resitasi dalam meningkatkan motivasi belajar fungsi pajak dalam perekonomian nasional mata pelajaran ekonomi pada Siswa Kelas VIII C MTSN Lembeyan Magetan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130110.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
IPS merupakan mata pelajaran yang sangat penting karena berhubungan dengan kehidupan sehari-hari manusi baik yang masa lampau, masa sekarang maupun masa yang akan datang. Integrasi mata pelajaran IPS sangatlah kompeks antara lain mata pelajaran Ekonomi, Geografi, Sosiologi, Sejarah dan lain-llain. Pembelajaran Ekonomi seringkali dilaksanakan menggunakan metode Ceramah hal ini membuat siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran karena siswa cenderung sebagai pendengar dan pencatat sehingga penanaman pembelajaran sangat kurang, salah satunya yang terjadi di MTsN Lembeyan Magetan. Dengan fakta yang seperti itu maka diperlukan metode yang mampu mengaktifkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar, salah satunya dengan metode Teams games Tournament (TGT) dan Resitasi.
Manfaat penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan proses perencanaanpembelajaran metode TGT dan resitasi dalam meningkatkan Motivasi belajar fungsi pajak dalam perekonomian nasional mata pelajaran Ekonomi kelas VIII C MTsN Lembeyan Magetan; 2) Mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran metode TGT dan resitasi dalam meningkatkan Motivasi belajar fungsi pajak dalam perekonomian nasional mata pelajaran Ekonomi kelas VIII C MTsN Lembeyan Magetan; 3) Mendeskripsikan penilaian proses dan hasil belajar pembelajaran metode TGT dan resitasi dalam meningkatkan Motivasi belajar fungsi pajak dalam perekonomian nasional mata pelajaran Ekonomi kelas VIII C MTsN Lembeyan Magetan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat Motivasi pembelajaran dengan menggunakan model TGT dan Resitasi pada materi Pajak siswa MTsN Lembeyan Magetan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari- Maret dengan subjek penelitian berjumlah 30 siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C MTsN Lembeyan Magetan. Tekhnik pengumpulan data dilakukan melalui pree test dan post test, observasi, wawancara dan instrumen tes kemampuan kognitif.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran TGT dan Resitasi dapat meningkatkan Motivasi Belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil post test yang meningkat dari siklus I dan siklus II, dan juga tercapainya nilai seluruh siswa di atas kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat menerapkan model pembelajaran TGT dan Resitasi ini dalam belajar Ekonomi.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah terbukti dari adanyapeningkatan motivasi siswa yang dilihat dari peningkatan keaktifan siswa dan juga peningkatan hasil belajarnya.Untuk itu, saran yang disampaikan pada pelaksana pembelajaran agar dapatmenerapkan metode TGT dan Resitasi yang lebih bervariasi. Guna penelitian lebih lanjutdapat sebagai kajian untuk diadakannya penelitian tentang penerapan metodeTGT dan Resitasi terhadap variabel yang lain.
ABSTRACT
IPS is a subject that is very important because it relates to everyday life for human well past, the present and the future. Integration of social studies is complex among other subjects Economics, Geography, Sociology, History and others. Economic Studies Lectures are often implemented using this method makes students less active in learning activities because students tend to be a listener and note taker so planting is very less learning , one of which occurred in MTsNLembeyanMagetan. With the fact that such a method is needed that is able to activate students in learning activities, one of them with methods Teams Tournament games (TGT) and recitation.
The benefits of this research are: 1 ) Describe the process of planning learning and recitation TGT method to improve learning motivation tax function in the national economy class VIII subjects Economics MTsNLembeyanMagetan C ; 2 ) Describe the process of the implementation of learning and recitation TGT method to improve learning motivation tax function in the national economy class VIII subjects Economics MTsNLembeyanMagetan C ; 3 ) Describe the process of assessment and learning outcomes learning and recitation TGT method to improve learning motivation tax function in the national economy class VIII subjects Economics C MTsNLembeyanMagetan This study aims to determine the level of motivation of learning how to use the TGT model and recitation on student taxes matter MTsNLembeyanMagetan . This study was conducted in February-March with research subjects were 30 students.
This study used a qualitative approach to the type of Classroom Action Research (CAR) model of KurtLewin consisting of two cycles. Each cycle consists of 4 meetings. The subjects were students of class VIII C MTsNLembeyanMagetan. Techniques of data collection is done through pre-test and post-test, observation, interviews and cognitive ability test instruments.
The results obtained in this study is that the application of learning models TGT and recitation can improve students' motivation to learn. It is seen from the results of the post-test increased from the first cycle and second cycle, and also the achievement of all students in grades above the minimum completeness criteria (KKM). From the results of this study suggested that teachers can apply the learning model is the recitation of TGT and studied Economics.
Conclusion of this research is evident from an increase in student motivation is seen from the increase in student activity and improved learning outcomes. For that, suggestions submitted to the executive order to implement the learning and recitation TGT method is more varied. In order to further study the study for research based on the application of the method of recitation of the TGT and other variables.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Penerapan; Teams Games Tournament (TGT); Resitasi; Motivasi Belajar; Ekonomi; Application; Teams Games Tournament (TGT); recitation; learning motivation; Economics | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 07 Mar 2023 09:49 | ||||||
Last Modified: | 07 Mar 2023 09:49 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47941 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |