Milatul, Mufidah (2014) Penerapan Metode Group Investigation berbasis Portofolio untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran sosiologi kelas XI A IPS Mandrasah Aliyah MA Miftahul Huda Kepanjen Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130109.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Sebagai mana diketahui bahwa metode mengajar merupakan sarana Interaksi guru dengan siswa dari dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan demikian, yang perlu diperhatikan adalah ketepatan metode mengajar yang dipilih dengan tujuan, jenis, dan sifat materi pelajaran dengan kemampuan guru dalam memahami dan melaksanakan metode tersebut. Adapun penyebab dari problematika yaitu rendahnya hasil belajar dan minimnya partisipasi siswa dalam kelas adalah metode pembelajaran yang masih bersifat klasik atau tradisional yakni dengan ceramah saja dikelas, kurangnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga hasil pembelajaran siswa tidak memenuhi kreteia ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditetapkan sekolah. Penelitian ini berujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Sosiologi melalu Group Investigation berbasis Portofolio dan apakah pembelajaran ini dapat meningkatkan Hasil Belajar di MA Miftahul Huda Kepanjen- Malang.
Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dikelas XI A IPS MA Miftahul Huda Kepanjen- Malang. Sumber data dalam penelitian ini berupa observasi lapangan selama proses pembelajaran berlangsung, hasil wawancara dengan kepala sekolah, guru mata pelajaran Sosiologi dan siswa kelas XI IPS A serta dokumentasi.
Berdasarkan hasil Penelitian, Proses pembelajaran Sosiologi dengan menggunakan metode Group Investigation berbasis portofolio adalah dengan mengelompokkan siswa menjadi 6 kelompok, melakukan voting permasalahan yang dijadikan bahan portofolio serta memberi mereka permasalahan untuk dicari jawabannya bersama temen kelompok. Setelah itu mereka di mintak untuk menyiapkan hasil kerja di masing- masing kelompok, serta mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas dan dievaluasi. Dan pembelajaran dengan menggunakan metode Group Investigation berbasis portofolio dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan Hasil Pre tes mulai 59.90%, silkus I yang meningkat mencapai 67.21%, dan pada siklus II meningkat juga menjadi 74.5% dan siklus III mengalami peningkatan menjadi 83.55% dari hasil nilai Siwa dapat dibuktikan bahwa penerapan Metode Group Investigation Bebasis Portofolio dapat meningkatkan hasil belajar padasiswa kelas XI IPS A MA Miftahul Huda Kepanjen- Malang.
ABSTRACT
This method of teaching as it is known that is a means of teacher interaction with students of the teaching and learning activities. Thus, to be considered is the appropriateness of teaching methods are chosen with the purpose, type, and nature of the subject matter with the teacher's ability to understand and implement the method. The cause of the problems is the low learning outcomes and the lack of participation of students in the class is still learning methods namely the classical or traditional classroom lecture course, the lack of enthusiasm in the students participating in learning so that the learning outcomes of students do not meet the minimum completeness criteria (KKM) which has been set school. This study aims to determine how the learning process through Group Investigation Sociology Portfolio-based learning and whether it can improve learning outcomes in Islamic Senior High School Miftahul Huda Kepanjen- Malang.
The Research is a classroom action research done in class XI A Social Sciences Islamic Senior High School Miftahul Huda Kepanjen- Malang. Sources of data in this research is a field observation during the learning process takes place, the results of interviews with principals, teachers of subjects in class XI student of Sociology and the Social Sciences A and documentation.
Study results Based on, Sociology learning process by using the Group Investigation method is based portfolios by grouping students into 6 groups, voting issues be used as a portfolio as well as give them problems to look for the answer with friends groups. After that they are asked to prepare the work in each group, and presented the results of their discussion to the class and evaluated. And learning using a portfolio-based Group Investigation method can improve student learning outcomes, it is indicated Pre-test results begin to 59.90%, the first cycle is increased to 67.21%, and the second cycle is also a 74.5% increase and the third cycle increased to 83.55% Shiva value results can be proved that the application of IT Based Portfolio Group Investigation method can improve learning outcomes in class XI student of Social Sciences Islamic Senior High School Miftahul Huda A Kepanjen- Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Group Investigation; Pelajaran Sosiologi; MA Miftahul Huda Kepanjen Malang; Learning Outcomes; Group Investigation method based portfolio | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 07 Mar 2023 09:48 | ||||||
Last Modified: | 07 Mar 2023 09:48 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47932 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |