Ratmilia, Enesa (2014) Penerapan metode Jigsaw dengan pemanfaatan Handout bermedia ICT untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Ips kelas multimedia MTSN Madiun. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130106.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Upaya untuk meningkatan motivasi belajar siswa guru diharap bisa memanfaatkan media yang ada. Dengan memanfaatkan media yang ada diharapkan bisa meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga siswa tidak merasa bosan dalam proses pembelajaran. Karena pada umumnya siswa didalam kelas selalu mengatakan “mengerti” kepada guru saat guru selesai menjelaskan, namun kenyataannya pada saat mengerjakan soal latihan ataupun kuis hasilnya kurang begitu memuaskan karena model pembelajaran yang di terapkan masih konvensional, guru disana belum memanfaatkan media yang sudah ada sehingga sebagian siswa terlihat tidak mendengarkan guru dan bicara dengan teman sebangkunya, ada siswa yang ,melamun sendiri, mengantuk, mencoret-coret bangku, menggambar, dan sebagainya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode jigsaw dengan pemanfaatan media ICT untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS kelas multimedia MTsN Madiun dan juga mendiskripsikan perbedaan tingkat motivasi belajar siswa laki-laki dan perempuan dengan diterapkannya metode jigsaw dengan pemanfaatan media ICT pada pelajaran IPS kelas multimedia MTsN Madiun.
Penelitian ini dilakukan di MTsN Madiun, dengan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus, dalam setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, dokumentasi dan pengukuran tingkat motivasi belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar antara siswa laki-laki dan perempuan pada siklus I menunjukkan 0,6025% pada siswa laki-laki dan 0,5475 pada siswa perempuan. Pada siklus II menunjukkan motivasi belajar siswa laki-laki 0,7975% dan siswa perempuan 0,7475%, dan pada siklus III ini terlihat motivasi belajar antara siswa laki-laki dan perempuan sama hal ini terbukti dimana motivasi belajar siswa laki-laki 0,9175% dan siswa perempuan 0,9175%.
ABSTRACT
Efforts to increase students' learning motivation can be expected teachers utilize existing media. By leveraging existing media is expected to increase students' motivation, so students do not feel bored in the learning process. Because in general the students in the classroom always say "understand" the teacher when the teacher finished explaining, but in fact when doing exercises or quiz results are less satisfactory because the model still apply learning in a conventional, yet there teachers utilize existing media so most students were not listening to the teacher and talk with friends sebangkunya, there are students who, himself daydreaming, drowsiness, bench doodling, drawing, and so on.
This study aims to describe the application of the Jigsaw method with the use of ICT media to increase student motivation in social studies class multimedia MTsN Madison and also describe the different levels of students' learning motivation of men and women with the implementation of the jigsaw method with the use of ICT media in social studies class multimedia MTsN Madison.
This research was conducted in MTsN Madison, the action research design. This research was carried out by three cycles, in each cycle there are four stages of action planning, action, observation and reflection. Data collection techniques used were: observation, documentation and measurement of the level of motivation to learn.
The results showed that the students' learning motivation between men and women in the first cycle showed 0.6025% on male students to female students and 0.5475. In the second cycle showed motivation to study male and female students 0.7975% 0.7475%, and the third cycle is seen between students' learning motivation of men and women alike it is evident where the motivation to study the male 0, 9175% and 0.9175% female students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yunus, Muh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Jigsaw; Media ICT; Motivasi; Jigsaw Method; Media ICT; Motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 07 Mar 2023 09:48 | ||||||
Last Modified: | 15 Jun 2023 14:44 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47928 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |