Ghoziany, Asfarika Ainul (2014) Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 01 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130056.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Sumber belajar yang paling efektif digunakan dalamsekolah selain buku paket, guru itu perpustakaan sekolah, dimana perpustakaan sekolah itu dapat dijadikan tempat untuk belajar dan tempat dimana siswa berinteraksi langsung dengan buku.Banyak sekolah-sekolah yang beranggapan sumber belajar itu memerlukan biaya yang sangat mahal, padahal perpustakaan itu termasuk sumber belajar yang sangatlah berguna untuk belajar.SMA Negeri 1 Malang mampu menghasilkan lulusan-lulusan siswayang berprestasi sehingga mereka dapat masuk ke perguruan tinggi negeri yang sangat berkwalitas.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui pengaruh perpustakaan sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa, (2) Untuk mengetahui kendala-kendala dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan penedekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif yang menggunakanpendekatan deskriptif.Metode pengumpulan datanya menggunakan metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi.Data dianalisis dengan menggunakan tabel prosentase dan perhitungan SPSS dan analisis product moment.
Hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa (1) adapengaruh antarapemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar di SMA Negeri 1 Malangdengan tingkat yangcukup dengan korelasi product moment sebesar 0,628. Dari hasil tersebut menunjukkan ada pengaruh yang signifikan karena berada pada jarak panjang interval antara Antara 0,600 sd 0,800 yang berarti cukup. (2) faktor yang menjadi kendala dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar yaitu:(a) Faktor sarana dan prasarana yaitu rak buku yang ada diperpustakaan masih kurang jadi alangkah baiknya jika ditambah karena masih ada buku yang belum ditaruh didalam rak, (b) Faktor pembiayaan yaitu belum ada biaya tetap untuk meningkatkan kesejahteraan perpustakaan ini. Biasanya ada dan masuk itu dari alumni-alumni kelas tiga, mereka menyumbang beberapa buku dan uang untuk perpustakaan, (c) Koleksi buku perpustakaan disini sudah lengkap buku-buku paketnya akan tetapi Koleksi lain seperti buku-buku fiksi dan non fiksi yang tersedia di perpustakaan terbatas.
ABSTRACT
The most effective learning resources used in schools besides text books, and teachers is school library, where the school library can be a place to learn and students interact directly with the book. Many schools believe that learning resource cost sare very expensive, but actually library is very useful learning resources to learn. SMAN 1 Malang able to produceachieving graduatesso that theycanget into thequalified university.
The purpose of this research was to determine: (1) the effect of the library as a source of learning on student achievement, (2) the constraints in the utilization of school library.
To achieve the above objectives, this research used quantitative and qualitative approaches with descriptive approach. Method ofdata collection was using questionnaires, observations, interview sand documentation. Data were analyzed using SPSS table percentages, calculations and product moment analysis.
The results ofthe research that has been conducted, showing that (1) there isinfluence between using libraryas sourceof learningon student’s learning achievementat SMAN 1 Malang with a sufficient levelin product moment correlation of 0.628. From these results showedno significant effect becauseit beingin a long distance interval between 0,600 until 0,800 that have sufficient meaning. (2) the factor sthat constrain the use of school library as a learning resource, is: (a) factors infrastructure, existing bookshelves in the library is still lacking so it would be nice if it added for the book that has not been put into therack, (b) Factors financing, no fixed costto improve the welfare of the library. Usually they got in come from the alumnus of class three, they do nate some money for books and libraries, (c) collection of package eof books here has already complete butan other collection like books of fiction and non-fiction islimited in the library.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mubarok, Zulfi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pemanfaatan Perpustakaan; Prestasi Belajar; Utilization of Library; Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 07 Mar 2023 09:45 | ||||||
Last Modified: | 06 Jul 2023 14:08 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47922 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |